TANYA JAWAB SEPUTAR BISNIS KUE KERING

Ada teman bertanya : aku baru terjun ke bisnis kue, bagaimana membuat kue yg simple, praktis,

dan aku menjawab :

untuk pemula, coba bahan yg instan dulu mbak, aku juga kalo dapet pesenan dadakan suka pake yg instan, kenapa? kemungkinan gagal lebih kecil, karena pemula biasanya suka down gitu gagal, aku juga dulu gitu.

kemudian sang teman bertanya lagi : harga bahan kue naik, berapa prosentase kenaikan itu?

aku coba menjawab ;

untuk harga bahan kue, naik 20% saja kita sudah mesti itung lagi bahan2 untuk tentukan harga jual, kemarin yg sdh naik, gula bubuk biasanya 1 sachet berat 500 gr harga Rp.4.300 jadi 4.900, terigu 1 bal (25 kg) biasanya 151.000 jadi 159.000, juga harga produk instan, untuk browniess kukus yg tadinya 13.500 jadi 15.500

Sang teman bertanya kembali, berapa besar keuntungan kue kering?

Lalu aku menjawab kembali :

untuk kue kering aku sarankan buat standar yg menengah saja mbak, yg campuran margarine dan mentega, soalnya untungnya lebih banyak dibandingkan kita buat kuker yg murah, ini terjadi karena baik kuker murh ataupun mahal, biaya bahan bakar dan tenaga kerja sama saja, juga pemakaian beberapa bahan hanya beda sedikit. untuk kuker paling banyak untung nett yg kita dapat 40%, itu sudah bagus sekali, kuker agak riskan dibandingkan cake, kuker yg terbelah, atao agak gosong tdk bisa kita jual, juga mo dimodifikasi nggak bisa lain dengan cake.

aku biasanya pake 3 variasi harga, yg margarine 35.000, yg campuran margarine+mentega 45.000 dan yg mentega saja 60.000 kecuali ada pesanan khusus yg minta mentega wysman aku jual 70 ribu per toples ukuran 500 gr.

saran-saran, ini menurut aku loh ya?

sebaiknya dengan pembeli kita jujur saja, kalo di tanya mentega pake apa, kita bilang saja untuk yg harga 45.000 dan 60.000 pake ( misal aku pake holfman, Anchor ), kalo mereka tanya oo bukan wysman ya,kalo mau wysman bisa tapi harganya sekian karena harga wysman sekian.

Juga keju, aku nggak pake keju apel kecuali pesanan khusus juga, jadi pada saat pembeli menerima kuenya dia udah jelas  status si  kue, jadi nggak merasa diboongin.

Nah semoga tanya jawab ini berguna untuk teman-teman yg lain.

Posted on 7 Juli 2009, in Aneka Tips, Bisnis boga, Blogroll, Cake, Cerita-cerita, Keluarga, Kue Kering. Bookmark the permalink. 33 Komentar.

  1. “sebaiknya dengan pembeli kita jujur saja”
    greaat….we are “circle”
    bunda memang luar biasa…sungguh dengan senang hati membagi pengetahuannya
    great bunda ^_^ wish Allah always give the best for you bunda…Amin.

  2. mbak, makasih bagi bagi ilmunya. salam kenal.

  3. salam kenal mom…sangat menarik dan kayaknya enak-enak ya…( salut jg krn jujur dgn pelanggan )
    aku minat jd reseller nih.
    gmn syarat n ketentuannya ya…
    pasti utk lebaran ini jg…hehe

    thanks ya…

    • halo mbak nana, salam kenal, makasih banget udah luangkan waktu mampir ke blog aku, dan lebih seneng lagi mbak berkenan jadi reseller. Apa ya syaratnya, yg udah2 lebaran tahun lalu, aku berikan brosur, kemudian resellernya pesan dan minta kirim, yg dalam kota minimal 10 toples free delivery, yg luar kota sesuai tarif jasa pengantaran barang. pembayaran melalui transfer.

      salam

  4. assalamu’alaykum..
    salam kenal mba..makasih y..sdh bagi ilmu bisnisnya… utk next nya blh donk..sy tanya2 seputar bisnis kue nih…:-)

  5. mba makasih infonya bguna banget bagi pemula kaya aku heheh…skali lagi makasih..

  6. halo mba desi, salam kenal…
    mau tanya nich sama suhu kuker, hehe…klo beli terigu bogasari yg bal-an itu utk kuker perlu disangrai dulu gak yah?
    thx ya mba

    • halo mbak fitri salam kenal dan makasih sdh berkenan mampir, untuk trigu yg bal-an kalo aku dijemur saja, tapi jika mau disangrai boleh saja, penggunaaan mesti terigud alam keadaan dingin setelah di sangrai. salam

  7. hallo mbak, apa kbr?
    mo tanya, kuker itu bs tahan brp bln dengan rasa yg sama? ada tips biar tahan lama? mkasih ya..

    • halo mbak ruby kabar baik,s emoga mbak juga sehat selalu ya. untuk kue2 produk aku karena tanpa bahan pengawet, pemanis dalam keadaan tertutup rapat bis atahan 5/6 bulan, kalo buka tutup. buka tutup hanya bertahan 3-4 bulan saja mbak.
      Untuk kue tahan lama sebaiknya segera tutup toples setelah selesai di konsumsi, udara membuat kue lembab dan cepat berjamur. atau bisa disimpan di wadah yg kedap udara. salam

  8. ass mbak ..
    ak maw ny nich….klu buat kue kering itu supaya cepat cara_a gmn sich….klu buat jualan kan perlu cpt2 biar banyak n cpt slesai….tq…
    oya klu py resep baru bagi2 donk????blh doonk berbagi ketrampialan….ok tlg d jawab ke email ak ja ya???

  9. mas defidy saya mau nanya, knapa setiap buat kue selalu kue kering nya melebar?
    apa beda butter, rembuter dan milfet untuk kue kering?
    apa beda ovalet dengan tbm untuk kue basah?
    makasih atas jawabannya .

    • salam kenal gistin, aku wanita loh??????
      kue kering melebar disebabkan berbagai faktor : bisa karena terlalu banyak pemakaian bahan pengembang seperti baking powder, bisa karena kurang tepung terigu. sebaiknya benar-benar sesuai resep yang disarankan.

      beda butter apa roombutter, sebenarnya sama-sama mentega, tapi ada yg sudah diberi esen vanila sehingga lebih wangi ada yg original. Untuk pembuatan kastengel sebagiknya yg original saja, karena kurang enak jika kastengel wangi vanila. maaf mbak aku belum pernah menggunakan milfet.

      Ovalet dan TBM adaalh sama-sama bahan kimia untuk membantu supaya adonan pada saat dikocok lebih cepat mengembang dan mengental, dan hasil akhir tektur kue lebih halus. Pemakaian hanay beradarkan kebiasaan umumnya, seperti aku lebih suka memakain SP, tapi teman lebih suka memakain TBM. salam

  10. mbak salam kenal
    mbak bagaimana cara membuat kue panada yang enak karena saya binggung terlalu byk mcm resep yang ditawarkan sedangkan saya membutuhkan yg kegagalannya kecil karena ada pesan kue panada gitu he he he tks

  11. sy baru berbisnis kue kering,tapi kenapaa di situs ini tidak ada bahan, caranya membuat kue

    • mbak nurlaili, mohon kembali ke menu utama, sebelah kanan ada tulisan gerumpul kategori, nah silahkan di klik saja yg ada pilihan kue kering, setelah muncul pilihan silahkan mbak klik resep mana yg diinginkan misal :nastar keju, silahkan klik di anstar keju, bahan dan cara pembuatan sudah ada kan. silahkan mencoba. salam

  12. Sekarng sya lg belajar bisnis kue jajanan kecil tapi sekrang mau beajar bisnis keripik,bgmn caranya membuat kripik..???mhon bantuannya

    • mbak olivia, secara bisnis aku belum pernah buat keripik tapi secara cemilan ya suka juga, kalo aku perhatikan banyak cara membuat keripik tapi yang paling mudah dan hasilnya renyah :

      singkong, ubi dikupas hingga bersih tiriskan, setelah itu di potong tipis langsung digoreng dalam minyak banyak dan panas hingga kecoklatan, tiriskan, baru diberi bumbu.

      salam

  13. salam kenal ,sy elly ..da lama berbisnis kue kering tp hanya pd hari 2 tertentu saja, pd wkt lebaran n natal, gini loh mbak..sy mau tanya ..sekarang sy mau tekuni u penjualan rutin ..seti ap hari bgmm cara pemasaran yg tepat agar kuker sy terjual dgn baik.thx mbak

    • mbak elly, aku juga buat kue kering hanya waktu tertntu saja, karena sehari-harinya aku bisnis catering. mungkin ini bisa menjadi masukan juga, aku perhatikan toko kue yg termasuk besar dikota aku selalu menyediakan kue2 kering, waktu aku tanya apakah laku kalo bukan hari-hari besar. mereka bilang tetap laku walaupun tdk selaris hari2 besar.

      Dan aneka kue kering juga cemilan tingkat penjualan lebih tinggi jika di pasar tradisional karena pembeli sendiri merasa lebih suka belanja aneka cemilan itu dipasar, harga lebih murah dan mereka dapat membeli dalam jumlah sedikit, i ons pun diperbolehkan. Dengan begitu mungkin mbak bisa mulai tawarkan kue2 hasil karya mbak di pasar tradisional setempat. Untuk cara penjualan, disetiap tempat hampir sama, mereka memakai system titip jual, tunai biasanya jika door to door antar saudara atau teman.

      Bisa juga sekali-sekali tawarkan ke kantor, terkadang diperkantoran juga laku sekali kue kering atau camilan loh. selamat berbisnis ya. salam

  14. Pagi Mbak Desi..sy dach banyak bulak balik baca tulisan mbak ttg bisnis kue kering.. sy hobby banget nguplek di dapur kepingin sih nawarin produk kita ke temen temen tapi kadang ada temen yg bawel sampe bulak balik email email..akhirnya ngak jadi order..ada lagi sampe tanya tanya kenapa cape cape mau jualan segala..pokoknya kadang menyungnging ..yg mo sy tanyakan gimana ya mbak sy harus menjawab pertanyaan temen temen yg bawel dan suka menyingung.maaf OOT ya mbak terimakasih sebelumnya

    • halo mbak, makasih ya sdh sempatkan waktu mampir ke blog aku, beberapa tulisan aku mengenai bisnis di bidang makanan , mental merupakan urutan utama yg mesti kita siapkan. awal bisnis ini tidak hanya kesal bahkan aku sering nangis, dari yg ngomong aneh2, memaki-maki, sampai tidak mau bayar dgn alasan yg sepele.
      saran aku diamkan saja kalo kita lagi bad mood, kalo kita lagi santai jawab saja dengan sehalus mungkin. aku juga suka menerima order yg nggak jelas, harus hati-hati mbak, baca deh cerita aku tentang tukang kue hampir tertipu…di kategori cerita-cerita.

      jika ada yg memesan by email, minta mereka buat pesanan yg jelas, alamat yang jelas dan pembayaran dimuka dalam arti pesanan akan diantar jika pembayaran sudah masuk, kalo dia minta sebaliknya sebaiknya jangan diteruskan, pesanan melalui dunia maya dimana kita tdk kenal sang pemesan, sebagai penjual kita yang harus tegas, kalo mereka berniat baik biasanya malah langsung tanya no rekening koq mbak.

      jangan khawatir, rezeki sudah ada takarannya, tetep berusaha dan berdoa ya. salam

  15. alo mbak salam kenal…saya juga seperti teman2 yang lain yg ingin memulai bisnis kue.saat ini saya masi dalam tahap belajar dan banyak hal yang masi membuat saya binggung apalagi kalo bahan2 yang diperlukan nggak ada dan ingin mengantikan dengan bahan lain tapi nggak ngerti mesti ganti dengan bahan apa dan berapa takarannya.
    yang ingin saya tanyakan jika tidak punya susu cair apakah bisa diganti susu bubuk atau susu kental manis?bagaimana perbandingannya?pernah saya membaca resep yang menggunakan heavy cream,jika nggak punya bagaimana menyiasiatinya??jika isian nastar selai nya menggunakan selai botolan(pabrik)apakah bisa??karna selai pabrik teksturnya lebih berair gmn caranya biar bisa digunakan untuk isian kue kering nastar atau kering lainnya?? gimana yah cara menghitung harga jual kue dr bahan,produksi n tenga kerjanya??mohon jawabannya dan terima kasih mbak…

    • halo mbak yovi, sebenarnya sudah aku balas ternyata kirimnya nggak sukses, maaf sekali ya.
      aku coba jawab satu persatu ya mbak.

      1.untuk penggunaan susu cair, ini untuk membuat apa ya mbak? puding,cake atau kue kering. kalo untuk puding, bisa saja susu cair diganti susu bubuk dan susu kental manis, cuma pengolahan agak beda, untuk susu bubuk dan susu kental manis sdh tahap akhir saja masukkannya, perhatikan rasanya karena susu kental manis kan sdh manis,sebaiknya kurangi gula dalam takaran resep.

      jika untuk pembuatan cake, penggunaan cairan riskan dalam arti kalo tidak tepat cara menggunakannya bisa membuat cake bantat, kecuali cake yg dikukus umum menggunakan cairan.

      untuk menghitung harga jual kue juga tergantung kita mau pakai margin yang sepertti apa.
      kalo kita baru memulai baiknya cek harga pasar dulu untuk jenis kue yang akan dijual. Usahakan harta lebih murah dengan kwalitas yang sama supaya pasar tau dulu mbak. Umumnya pasar langsung meilirik produk baru yg harganya lebih murah dengan kwalitas sama walaupun selisihnya sedikit.

      hitung harga bahan ditambah biaya tenaga kerja, biaya bahan bakar, biaya penyusutan barang, umumnya 5% dari harga bahan. Juga ditambahkan biaya resiko maksudnya kalo gagal atau gosong.

      sebaiknya buat produk yang menengah saja karena biaya tenaga kerja, bahan bakar dan penyusutan barang tidak jauh beda dengan yg murah sehingga harga jual lebih untung yg menengah.
      boleh saja buat yang murah untuk pendamping sebagai penarik perhatian pembeli, namun katakan terus terang kalo kwalitas sesuai harga jadi pembeli tidak merasa dibohongi.

      semoga info diatas bisa bermanfaat ya mbak salam.

      jika untuk kue kering, umumnya menggunakan susu bubuk atau bisa juga susu kental manis, namuns ekali lagi untuk penggunaan susu kental manis diperhatikan kadar gula, kue kering agak sensitif dgn gula, jika berlebih bisa membuat tektur kue kering jadi keras.

      untuk heavy cream juga, mbak rencananya untuk membuat apa ya?

      untuk selai nanas, selai yang botolan boleh saja untuk isian nastar tapi tidakl bisa untuk nastar yang klasik ya mbak karena terlalu cair. nastar yang seperti biskuit selai o lay bisa,
      saat ini ada selai yg sudah jadi yg khusus untuk isian nastar, di toko bahan kue sdh ada mbak.

  16. aslm mbak,salam kenal buat mbak dari saya.to the point aja ya mbak….saya ingin sekali menekuni bidang usaha yang satu itu mengenai bisnis kue kering.soalnya dirumah pada hobby buat kue.kebetulan didaerah saya termasuk strategis,dekat sekali dengan komplek perkantoran,pabrik dan banyak perumahan.saya juga terispirasi dengan salah satu tabloid mengulas tentang wrausaha yang sukses dibisnis kue ini.yang ingin saya tanyakan kepada mbak,bagaimana saya harus memasarkan ketempat2 tersebut sementara saya tidak memiliki relasi atau teman ditempat itu yang bisa saya ajak kerjasaman untuk masuk ketempat2 tersebut,padahal prospeknya saya lihat besar sekali.mohon tip2 caranya mbak…apa saya harus memberi komisi dengn orang didalam atau bisa dengan cara lain.atas penjelasan dari mbak saya ucapakan terimakasih.semoga sukses selalu untuk mbak .ini email saya mbak: qelva354@yahoo.com…tks.iwan

  17. salam kenal kembali mas iwan , makasih sdh berkenan mampir di blog ini.

    aku coba jawab pertanyaan satu satu ya :
    saat aku mulai jualan kue kering, yg aku tawarkan adalah keluarga terdekat, tetangga dan teman-teman, mereka merupakan promosi yg baik.

    sekarang media internet luar biasa untuk promosi, coba beli buku tentang jualan on line…

    Untuk masuk ke swalayan besar biasanya mesti ada sertifikat halal dan depkes juga BPOM yg tertera pada kemasan toples.

    untuk masuk kantor kantor, coba melalui teman dulu, kalo aku sistemnya harga nett dari aku, misal : per toples 25 ribu nah yg jualan terserah mereka.

    penjual kue dan aneka makanan kering di pasar juga merupakan pasar yg bagus untuk kita titipkan aneka kue kering kita. salam

  18. salam kenal mom….
    aku minat juga jd reseller nih.
    minta dikirim alamat dan no hp nya mom….

    makasih ya…

  19. Halo Mbak salam kenal ya…Aku Ibu Dwi. Saya mau tanya kenapa ya nastar yang saya buat sering sekali berjamur padahal saya sudah sangat memperhatikan sekali pada waktu pembakaran kue. Begitu kue matang langsung saya letakkan di rak kawat dan saya tunggu sampai kue benar2 dingin sebelum di masukkan kedalam stoples yang sudah saya kasih silica gel, setelah itu saya selotip serapat mungkin. Tapi kenapa ya umur kuenya hanya 2 minggu dan setelah itu kue menjadi berjamur. Tolong segera direply ya mbak soalnya aku dah gak ngerti lagi harus berbuat apa supaya kue ku tahan lama walaupun gak pake pengawet.

  20. Salam kenal mbak. Saya mau nanya, apakah sama emulsifier dengan roombuter ?

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 385 pengikut lainnya.

