Bisnis-Catering Rumahan

Memulai bisnis Catering Rumahan

Memulai usaha catering rumahan sebaiknya dalam jumlah yg kecil dulu, misal untuk 10 rumah. Memasak dalan jumlah besar akan lain sekali cara pengerjaannya dengan jumlah kecil seperti untuk keluarga sendiri. Karena untuk bisnis catering rumahan kita setiap saat mesti membuat perhitungan biaya bahan pokok, biaya bahan bakar, biaya tenaga kerja, biaya penyusutan peralatan dan biaya tak terduga jika bahan pokok mengalami kerusakan. Terlebih saat ini harga bahan pokok dan pendukung tidak stabil.

Membuat variasi menu juga merupakan faktor penentu dalam catering rumahan, dan faktor kesabaran masuk dalam urutan berikutnya. Terkadang ada pelanggan minta menu khusus seperti kalo sup jangan pakai buncis atau kalo telur balado telurnya jangan digoreng lagi setelah direbus, atau sambal jangan terlalu pedas.

Ini sekelumit pengalaman aku dalam catering rumahan sebelum menginjak ke catering untuk berbagai event.

tahu isi

tahu isi

Untuk harga catering saat ini mungkin bisa dimulai dgn Rp.35.000,- /hari , makanan diantar jam 11.30 siang ( lain daerah akan lain harga bahan pokok dan pendukung, jadi bisa disesuaikan dgn situasi dan kondisi).

Survey harga catering di tempat lain sekitar tempat kita tinggal juga sangat bagus untuk menentukan harga catering kita, usahakan harga yg kita tawarkan lebih sedikit murah atau harga sama namun porsi lebih besar.

sambal masak

sambal masak

Sebagai pemain baru promosi merupakan hal penting. Bisa buat spanduk didepan rumah atau sebarkan brosur sederhana, dapat dititipkan ke tukang koran, tukang sayur, tukang roti atau tempat foto kopi yg ada di sekitar rumah kita. Atau saat arisan atau pengajian bisa kita berikan brosur tersebut. Juga kalo di dekat rumah ada sekolah, bisa kerjasama dgn pihak sekolah untuk catering anak2 bahkan guru2 juga bisa titipkan brosur untuk orang tua murid melalui guru2.

Yuk kita mulai berhitung.

ayam goreng

ayam goreng

Misalkan menu hari 1:

Nasi putih,  ayam goreng saus mentega, Sup sayuran, tahu isi, kerupuk, sambal

Bahan yg diperlukan :

  • 500 gr beras kwalitas sedang ( Rp.2.300)
  • ½ kg ayam potong 6 ( biaya +/- Rp.13.000,)
  • Bahan sup Rp.4.000,-
  • 7 buah tahu putih ( biaya +/- Rp.2000,-)
  • Toge & wortel utk isi tahu putih ( biaya +/- Rp.600,-)
  • Kerupuk ( biaya Rp.2.000,-)
  • Sambal ( biaya Rp.1.000,-)
  • Biaya bumbu dan minyak goreng (Rp.4.000,-)

Total Biaya : Rp.29.000,- ( perhitungan biaya tertinggi)

Jika kita belanja dalam jumlah banyak , total biaya yg dikeluarkan bisa lebih hemat 30%  jadi kira2 Rp.21.000,-

Perkiraan 1 bulan

  • Biaya bahan pokok Rp.21.000,- x 30 hari = Rp.630.000,- x 10 = Rp.6.300.000,-
  • Pemasukan : Rp.35.000,- x 30 hari = Rp.1.050.000,- x 10 = Rp.10.500.000,-

Harga Pemasukan tersebut belum dipotong biaya bahan bakar, biaya tenaga kerja, biaya penyusutan barang dan biaya tak terduga. Kurang lebih kita bisa mendapat keuntungan Rp.2.000.000,-/bulan selain biaya makan untuk rumah umumnya sudah tercover dari hasil masakan kita untuk catering.

Seperti ayam, umumnya kepala dan ceker tidak diberikan ke pelanggan dan bisa dimanfaatkan untuk rumah. Begitu juga kepala ikan, kepala udang, kaldunya bisa kita manfaatkan untuk dibuat kaldu sup untuk rumah.

Menjawab pertanyaan teman aku ( Mbak Atik)  yg memulai bisnis catering rumahan dgn 2 anak yg masih kecil, paling tidak memperkerjakan 2 orang pembantu, bisa yg pulang hari,  kerja dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Untuk pengantaran catering yg dekat bisa minta tolong pembantu, namun yg jauh aku biasanya sewa ojek dgn system embayaran bulanan, jauh lebih mulai dibandingkan sekali antar.

Untuk belanja bahan 2 catering jika tempat penyimpanan memadai bisa belanja 3hari sekali, namun jika tdk bisa memanfaatkan jasa tukang sayur dgn cara beli /pesan bahan yg kita butuhkan dalam jumlah kiloan, jika kita potong ongkos transport ke pasang dan jajan kita dipasar selisih harga dgn belanja di tukang sayur tdk terlalu jauh.

Umumnya tukang sayur juga memberikan harga beda jika kita bilang untuk catering dan menjadikan dia salah satu langganan kita. Sebaiknya kita mengetahui harga dipasar jadi bisa nego dgn tukang sayur. Misal, harga wortel di pasar Rp.4.000,-/kilo kalo sdh diecer dan dimasukkan plastik oleh tukang sayur harga per kilo mencapai Rp.7.000,- tapi jika kita langsung beli 1 kilo bisa mendapat harga Rp.5.000,- selisih Rp.1.000,- dgn kita beli dipasar, tapi kalo kita hitung transport dan biasanya ibu2 suka jajan dipasar akan sama saja bahkan terkadang jatuhnya lebih mahal belum lagi tenaga yg dikeluarkan.

Tips :

Rebus ayam hingga setengah matang, angkat ayam ungkep lagi dgn bumbu hingga lembut. Nah kaldu rebusan ayam tadi untuk sup.

Mudahan-mudahan sekelumit pengalaman di tas bisa bermanfaat. Salam dan semangat.

About these ads

Posted on 7 Januari 2009, in Aneka Soup, Aneka Tips, Bisnis boga, Blogroll, Cerita-cerita, Keluarga, Komunitas, Makanan Tradisional, Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 47 Komentar.

  1. wah ini dia nih rencana saya pengen bisnis katering kebetulan saya suka makan heheee….
    bu kunjungi blog saya dunk saya lagi ikutan lomba blogger di speedy kasih komentar ya….

  2. makasi ya mbak…atas bantuan mbak, berarti saya harus pake 2 pembantu ya mbak, tambah 1 lagi yang nginep…biar bsa bantu masak juga bantu2 untuk nganter yang deket2….sekali lagi makasi mbak desi…..jangan bosen ya klo aq sering2 konsul…..

  3. Siiip…
    Info yang sangat bermanfaat…

    siapa tahu suatu saat membutuhkannya…
    Thanks mba…

  4. mbak…postingan ini sangat membantu lohhh….aku makin cinta ma blog mu mbak…sangat bermanfaat.dirimu begitu baik mau membagi ilmu…sangking banyaknya ilmu yang dibagi disini aku sampai bingung mo yang mana dulu di coba…makasih ya mbak…….

  5. halo mbak mia, gimana kabar kue ultah 2 tingkatnya, fotonya belum ketemu euy, aku coba cari foto2 dari tempat yg lain ya, paling tidak ada gambaran mau buatnya. salam

  6. hihihi…belom mbak…aku tunggu ya….japri aja deh mbak fotonya…makasih banyak lo…..

  7. Assalaamu’alaykum wr wb

    mb, mau nanya, menawarkan untuk paket nikah di rumah ndak? kalo ada umi mau tahu ya…bagus kalau ada deskripsi lengkapnya. Bisa dikirim via mail. Trims

    wassalaamu’alaykum wr wb

  8. waalaikumu’salam wrwb
    Alhamdulillah mulai tahun 2008 sy sdh bisa menerima paket pernikahan baik dirumah maupun digedung, dan sifatnya fleksibel ummi, jadi tidak terlalu mematok harga, namun dapat mengelola dana yg dipunyai oleh pemesan. saya kirim brosur ke email ummi ya.terima kasih. salam

  9. hai mbak def, wah.. senang banget saya ketemu web mbak. pengen banget bs usaha catering. tp saat ini saya masih kuli kantoran euy..

  10. Assalaamu’alaykum wr wb

    salam kenal Mba Def,
    saya baru 3 bulan terakhir ini mencoba menyiapkan makan siang untuk rekan2 saya.
    sekarang sudah 50 porsi dimulai dari hanya 3 porsi. saya bawa sekalian berangkat ke kantor. wah artikelnya pas banget nih dengan kondisi saya saat ini, belajar katering. dari pengalaman Mba berapa lama waktu dari mulai belajar katering sampai terima order katering pernikahan,
    terus ada pengalaman yang tidak menyenangkan gak selama ini dan bagaimana mengatasinya

    wassalaamu’alaykum wr wb

  11. Assa. wr. wb.
    salam kenla mba…
    usaha cateringku pertama kali diawali dari tante aku yang meminta masakin untuk acara pernikahan anaknya, ternyata setelah itu aku ketagihan hingga skg sudah 2 thn berjalan melayani catering khusus utk acara2 rumahan, nah skg aku mau coba utk daily catering rumahan dan kantor tapi aku masih binggung menyusun menu yg tidk membosankan dan cara pembayaran yg efektif dan tidak mandek yg sering dialami catering utk karywan, wassalamualikum wr wb

  12. embk makasih yaaa…sekarang aku udh dpt ilmu dr mbk,dr dl aku pengen usaha buka katering cuma g berani untuk mencoba.
    tapi sekarang setelah saya membaca,bg mana caranya bisnis katering wah.. skrng kembali pede dech mbk…
    trim’s yah…

  13. halo mbak sufenty, Alhamdulillah jika mb termotivasi dr cerita aku, iya mbak nanti kita akan terus dapat ilmu dr setiap pesanan yg kita terima, sedikit apapun pesanan itu layani saja, itung2 kita belajar dibayar oleh orang lain kan. tetap semangat dan insa Allah aku siap membatu semampu aku ya. salam

  14. Hallo mba saya tertarik untuk memulai bisnis catering rumahan sebelumnya saya kerja di kantoran tetapi setelah punya anak yg masih kecil apalagi ditambah saya sekarang lagi hamil anak kedua saya bermaksud untuk membuka usaha ini, selain bisa menambah penghasilan juga anak masih bisa saya awasi, untuk itu mohon saran langkah awal apa yang harus saya lakukan untuk memulai usaha ini.Terima kasih ditunggu sarannya

  15. Halo mba salam kenal..sy lg coba bisnis terima pesanan kue ultah dirumah. Kasi tips dong mba..

  16. Mbak Def,
    aku baru aja menyusun menu u/ mulai belajar buat catering rumahan n seneng bgt dpt ilmu dari Mbak yg udah pengalaman n tips ttg kaldu ayam dari ayam ungkepmu. Thanks ya Mbak..

    • halo mbak evie, maju terus pantang mundurrr, bisnis catering membuttuhkan mental sekeras baja, hati seluas samudra, apapun komentar orang…libasss aja mbak, yg penting kita lihat prosesntase keberhasilan daripada kegagalan….kalo mau dirunut kering sudah air mata ini di omelin pembeli, semaksimal apapun kita usaha mesti aja ada yg komplain, tapi tanggapi denagn dingin saja mbak, tanpa emosi semakin kita emosi semkain kacau kerjaan kita….begitu yg aku rasakan. sukses selalu yaaa

  17. mbak infonya boleh dicoba nih, kebetulan memang lg kepingin buka catering u/ anak kos, ada info tambahan gak ya….

    • halo mbak yani, salam kenal dan makasih udah berkenan mampir ya??? infonya apa ya:bersabar hati, tetep tegas, dan hati2 denagn masalah pembayaran. salam

  18. saya mau pesan kueh kering kalo dikirim ke kalimantan timur paling sedikit berapa Toples dan Berapa hari sampai nya ya

    • Ibu Hajah Hamdanah, sekiranya berkenan senangs ekali saya dapat memberikan pelayanan kepada ibu untuk kirim kue kering namun kendala ada di pengiriman, untuk kue kering packing khusus dan terkadang harga ongkos kirim hampir 60% dari harga kue kering…jika ibu setuju dengan biaya packing akan saya usahan mengirim kue ke ibu. salam

  19. Wah.. bisa di tiru nih..

    Resep2 makanan ringanya..

    Salam Kenal

  20. bak sy sebenarnya sdh prnh bisnis catering rumahan lumayan sih cmn skrng lg berhenti pasalnya wkt itu ngrs anak msk kuliah.jd skrng msh berhenti cmn ada rncn mo buka cape disamping distro.enaknya apa yang hrs sy sajikan ya mb.sy minta pendapat nya mb ?

  21. ass mba…,

    thanks lho infonya, saya baru mau punya rencana buka catering, tp masih bingung nih, kira2 apa aja ya yg harus saya persiapkan, saya sih rencananya mau join sama temen, tp kira2 gmana ya perhitunganya, biar sama2 enak.

    thanks lho mba untuk jawabanya….

    • waalaikum salam,
      mbak emi, aku selama ini belum pernah join yam karena memang bisnis aku masih small dan masih bisa aku handle sendiri.
      Dari yang sudah sudah aku dengar, join itu mesti sangat jelas semuanya, dari segi gabungan modal, pembagian keuntungan dsb harus transparan, reportnya mungkin menyatukan ide mbak, saran aku sich di coba jalankan sendiri dulu saja, karena kita bisa mengaturnya sesuai keinginan kita, mengembangkan secara maksimal ide2 kita, juga masalah kelanjutan usaha, kalo belum berhasil ya kita sendiri yg menanggungnya namun jika join akan ada rasa tdk enak satu sama lain bahkan bisa-bisa saling menyalahkan..ini yang sering terjadi…belajar sambil jalan saja mbak jadi minimalis resiko juga
      mungkin itu yang sementara bisa aku sarankan ya. salam

  22. mba, aku mau minta saran nihh, aku baru aja mau memulai usaha catering. sebaiknya langkah awal seperti apa yang aku ambil. thx

    • Salam kenal Mbak Putri

      Saya ibu Eka,saya juga baru saja memulai usaha katering untuk yayasan pendidikan..dan baru mulai saya sdh dapat pesanan lbh kuran 150 porsi perhari,lumayan capek mbak.tp menyenangkan krn saya memang suka memasak..krn qta sama2 baru,bgmn klo qta saling share ilmu dan pengalaman..? contact saya di novy_eva@yahoo.com

  23. wah keren tuh mbak…..
    pkoknya asyik buAnget dEch mbak….

  24. Terimakasih infonya, memberikan masukan untuk pemula seperti saya, mudah-mudahan bisa mengikuti jejak kesuksesan bu Defidi..

  25. terimakasih banyak informasinya…..mudah-mudahan allah memberikan kemudahan dalam usaha ibu…doakan ya bu..usaha juga lancar

  26. Ass Mba Defi,
    Saya sudah lama tertarik untuk berbisnis catering rumahan, mohon saran dan idenya apa yg harus saya persiapkan dan dengna modal berapa saya hrs mulai?
    Terimakasih atas perhatian dan bantuannya,

    Wassalam, w w

    Lailatul

  27. Mbak Defidi, salam kenal. Saya Herlin dari Malang
    Sebelumnya terima kasih atas pengalamannya yg bermanfaat bagi kami. saya baru 1 bulan ini memulai usaha catering harian, melayani temen2 kantor. awalnya saya hanya menghitung bahan pokok saja, sekarang saya dpt masukan kalo bahan bakar, tenaga kerja, penyusutan alat juga harus diitung. saya sudah survey harga catering di sekitar wilayah, saya ambil harga lebih murah, tapi sepertinya, terlalu murah sehingga sedikit salah perhitungan apalagi harga bahan pokok naik. rencana bulan ini harga mau saya naikkan. ada saran dari mbak Defidi…
    Terima kasih.

  28. Pagi mbak,

    Desember 2010 saya mulai usaha catering, awlnya dari pesanan tetangga sekitar untuk catering harian harga Rp. 15.000,-. 1 lauk dan 1 sayur, porsi untuk anak. Tp responnya kurang badus, akhirnya saya coba masukin nasi bok untuk makan siang karyawan. gimana caranya biar dapat orderan rutin setiap hari…

  29. assalamualaikum.

    mba, trims banget nich share ilmunya.
    alhamdulillah 2 bulan ini saya baru belajar jalanin bisnis rumahan. sebelumnya usaha saya diawali dari terima pesenan u/ makan siang temen2 kantor suami.

    trimakasih banget mba untuk masukan soal itung2itungannya.

    wassalam

  30. mbak saya baru dapat tawaran untuk catering anak2 sekolah TK dan SD, karena aku belum pernah berkutat di dunia catering jadi agak bingung, manalagi aku mau punya momongan lagi,gimana ya mbak, padahal aku kepengen ambil tawaran itu.

  31. Assalamu’alaikum Mbak Defidi,
    Info nya bermanfaat, kebetulan saya rencana pingin memulai usaha catering, memanfaatkan dapur rumah kontrakan yg cukup luas, tp masih bingung dengan posisi saya yg juga bekerja di kantor. Kira2 bisa ndak mbak catering bisa jalan & kerja juga jalan?
    Terimakasih kalau mbak udah meluangkan waktu menjawab :)
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  32. Assalammualaikum bu Defidi
    setelah saya baca artikel ibu sangat bermanfaat bagi saya dan menjadi motivasi saya untuk memanfatkan peluang bulan ramadhan dan idul fitri ini untuk mencoba usaha kue kering, bu bisa bantu saya kirimkan resep kue keringnya terimakasih sekali atas bantuan ibu

  33. ass,,,,,,,,,,,,,mbk salam kenal yaw.nie aku memulai usaha catering rumahan kecil2 an dulu,,,,,,,

  34. assalam mba….bisa dijelaskan dari modal awal yg hrs dipsiapkn utk bisnis ini brp-an…soalx sy pemula…tolong dibahas rinciannya…

  35. indahnya….. waktu kalau kita bisa memanfaatkan dengan hal yg bermanfaat dan menguntungkan, tq…. infonya memotivasiku untuk berwirausaha.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 385 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: