Bahan Makanan yg diperbolehkan & yg hrs dihindarkan oleh penderita hipertensi

Lihat pustaka buku dirumah, ambil buku tentang Hidangan sehat untuk penderita hipertensi by Tuti Soenardi dan Susirah Soetardjo, dalam salah satu artikel dalam buku itu terdapat daftar bahan makanan yg diperbolehkan dan yang harus dihindari, aku coba kutipkan untuk teman-teman smoga bermanfaat.

Sumber hidrat arang

  • Diperbolehkan : Nasi, kentang, bihun, suun, tepung beras, terigu, maizena, hunkwee, ubi dan singkong
  • Dihindarkan : biskuit, crackers, cornflakes, cereal, keripik:kentang, jagung dll, sup instan dan macam2 kue kering.

Sumber Protein hewani

  • diperbolehkan : daging, ayam, ikan, telur, susu : 1gelas sehari
  • dihindarkan : sosis,  daging asap, ham, bacon, kornet, sarden, ikan asin, ikan pindang, ikan asap, keju, otak, ginjal, telur asin, abon, ebi.

Protein nabati

  • diperbolehkan : tahu, tempe, kacang hijau, kacang kedelai, kacang tolo, kacang tanah, kacang kapri, dan kacang lain yg segar.
  • dihindarkan : keju kacang tanah, kacang asin, tauco, tahu asin

Lemak

  • diperbolehkan : Santan encer, minyak, mentega tanpa garam
  • dihindarkan : salad dressing, mentega, margarine, lemak hewan

Sayuran :

  • diperbolehkan : semua sayuran segar
  • dihindarkan : sayuran yg diawet, sawi asin, acar, asinan, sayuran dalam kaleng

Buah-buahan :

  • diperbolehkan :semua buah-buahan segar
  • dihindarkan : buah yg diawet menggunakan zat pengawet, buah kering, buah kaleng

Bumbu :

  • diperbolehkan : semua bumbu dapur
  • dihindarkan : garam dapur, MSG, kecap, saus tomat botol, saus cabai, maggi, pengempuk daging, terasi,  soda kue, petis, saus tiram.

Minuman :

  • diperbolehkan : teh, kopi encer
  • dihindarkan : cokelat, cafein, alkohol
Posted on 13 November 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 26 Komentar.

  1. Koq daging + kopi boleh ya? Bkn’a bkin naik darah?
    Trus kcang”an jg bkn’a bkin naik darah ya?
    Mohon penjelasan’a.
    Thx.

  2. mbak syifa, waktu mama masuk rumah sakit karena hipertnsi ada menu daging, saat aku tanyakan diperbolehkan tapi dalam jumlah yg sedikit dan daging yg dikonsumsi khusus, daging yg tidak berlemak.

    untuk kopi yag dierbolehkan kopi encer, begitu info yang aku baca.

    salam dan terima kasih sudha berkenan mampir ya. salam

  3. nenekku pny penyakit hipertensi dan diabetes…
    ternyata makanannya saling bertolak belakang ya?
    jd bingung hrs ngasih makanan apa??

  4. mohammad mansyur

    istri saya berumur 46 th baru pulang dari RSU karena hipertensi yang saya tanyakan mengapa menstruasi tidak berhenti sudah 10 hari ini mohon balasan

    • maaf pak, saran saya bisa periksakan ke dokter ahli kandungan, teman pernah mengalami hal yang sama ternyata ada kista. Desi Hartanto defidi.web.id – defidi.wordpress.com FB: tinyurl.com/defidi

  5. Assalamu’alaikum…..mbak desi..
    saya mau tanya alamat lengkapnya dimana….?

  6. mksdnya alamat mbak……

  7. makasih banget mbak, tulisan mu banyak membantu aku yg hypertensi dan sedang mencoba pola hidup sehat seperti anjuran dokter. di tunggu lho info selanjutnya…

  8. Tq infonya ya mbak.

  9. Saya heran, kepala pusing, terhuyung-huyung, tidak bisa tidur, dan perut mual serta kembung terus2an. Saya coba minum obat di pasaran umum, ternyata tidak ada perubahan. Sampai akhirnya saya terperanjat ketika periksa dan diberitahu dokter kalo saya kena hipertensi stadium 1 (99/150). Mengapa tiba-tiba begitu, padahal dulu saya pernah terkena tekanan darah rendah kira-kira 8 tahun yang lalu. Perlu diinformasikan saya sekarang berumur 41 th (Laki-laki). Sekarang saya diberi obat ATENOLOL 50 mg. Kira-kira apa yang harus saya lakukan, bisa tau tidak saya kembali seperti semula? …. Mohon bantuannya. Terima kasih.

  10. mbk saya jg hertensi, umur saya 34th, pernah 190/125 selama 1 bln, jd turun 170/120, dan saya rutin minum obat bisa turun 120/90, sekarang 150/90 kepala masih sering pusing dan leher terasa berat. mohon bantuan ibu . saya pinginnya normal . terima kasih.

  11. Iriani H Ariyadi

    Suamiku darah tinggi 160/100, dia gemuk, umur 48 tahun gara2 darah tinggi sampe gak pernah jadi cabut gigi, tp pernah kami kedokter umum dia normal, mhn pertolongannnya gimana mengatasinya mbak, saat ini hanya makan yg sehat2 aja mlm hanya minum juice blimbing dan sayuran, thanks

  12. maaf mbak mau tanya kl hipertensi bisa berpengaruh ke mata ga?…soalnnya suka sakit matanya kl gi kambuh hipertensinya.makasih

  13. Assalamualaikum mbak, makasih mbak tulisannya membantu saya yg sedang hypertensi .

  14. makasih ya tas info’x, soal’x ibu saya penderita hepertensi kemaren sampe 210, saya pasti akn mncoba saran nya mbak.

  15. ini bener apa tidak, saya takut malah memperparah.

  16. mlm mba sy akan coba saran mba, moga berhasil insyaAllah.

  17. assalamualaikum ,
    mau tanya untuk sumber protein hewani “daging” , mengapa diperbolehkan ?
    lalu jika boleh “dalam jumlah sedikit” , ukuran sedikit itu sendiri seberapa yaah ?

    mohon jawabannya :)

    terima kasih ..

  18. Minuman cokelat kok dihindari, sy pernah baca kalo cokelat jg bs menurunkan tekanan darah tinggi. mohon jawabannya.

  19. Mksih y mbak tas infonya

  20. assalamualaiqum mba, ma”f ni mw tnya, yang d sebut kopi encer itu apa sich?

  21. mbak klo buah timun apa bisa untuk mengurangi hipertensi?????

  22. assalamu’alaikum,, mbak desi,,, tadi di artikel kenapa coklat termasuk makanan yang harus dihindari mbak?

  23. assalamu’alaikum,, mbak desi,,, tadi di artikel kenapa coklat termasuk makanan yang harus dihindari mbak? terima kasih

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 386 pengikut lainnya.

