Kue kering kelapa pandan

Kue Kering Kelapa Pandan

Kue Kering Kelapa Pandan

Nah setelah bermain dengan wafer ato si roti es, kali ini kita bermain dengan kelapa kering yook.

Zaman dahulu kala untuk buat kue kelapa ini amat sangat malas, gimana nggak, bisa 1 jam bolak balik si kelapa parut di atas wajan sampai kelapa kering.

Nah sekarang nggak perlu susah payah gitu, kelapa kering sudah tersedia, jadi tarikkkkkkkk jabrikkkkkkkkkk yook kita buat kue kering kelapa, nah biasanya kelapa tuh nggak bisa jauh-jauh dari pandan mungkin emang dah soulmate kali ya.

Rasa kelapa yang gurih berpadu dengan glazur gula dan coklat pandan dan ditemani secangkir green tea hangat, cukup sudah membuat sore hari ini jadi semangat untuk menyongsong malam (malam masih banyak PR kan, anak-anak menunggu untuk didampingi belajar dan bermain hingga mengantar mereka tidur)

Ini dia resepnya, dicoba ya? boleh aja untuk variasi jualan kue kering berdampingan dengan kue kering wafer tadi.

Bahan -bahan

  • 50 gr margarine + 125 gr butter
  • 100 gr tepung gula
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • 20 gr susu bubuk full cream
  • 100 gr kelapa kering siap pakai
  • 25 gr maizena
  • 200 gr tepung terigu protein sedang atau rendah

Toping

  • ½ butir putih telur ukuran kecil
  • 125 gr tepung gula
  • 30 gr coklat( pilih rasa pandan dgn warna hiaju) lelehkan + ½ sdt pasta pandan
  • 1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat Kue kering

  • Kocok margarine, butter, tepung gula dan vanili sampai semua bahan tercampur rata.
  • Masukkan telur aduk rata.
  • Masukkan secara bertahap campuran tepung terigu,susu dan maizena ke dalam adonan, aduk menggunanakan sendok kayu, lakukan hingga tepung habis.
  • Masukkan kelapa kering, aduk rata
  • Jika adonan terasa lembek belum dapat dicetak bagus jangan tambahkan terigu.Masukkan adonan ke dalam lemari pendingin. Setelah cukup keras, cetak adonan dengan cetakan bulan sabit.
  • Panggang dengan suhu 160 derajat hingga kue matang, dinginkan.

Cara membuat toping

  • Campur putih telur dan gula halus secara bertahap hingga rata.
  • Masukkan jeruk nipis aduk rata, masukkan coklat leleh rasa pandan aduk rata.

Penyelesaian

  • Masukkan bahan toping ke dalam plastik segitiga, potong kecil ujungnya. Hias mengikuti garis bentuk bulan sabit hingga memenuhi seluruh permukaan kue. Panggang kembali 5 menit . Dinginkan.
About these ads

Posted on 22 Agustus 2008, in Bisnis boga, Keluarga, Kue Kering, Makanan Tradisional and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 17 Komentar.

  1. Mba nanya ya…
    Kelapa kering belinya dimana ya? supermarket ato TBK?

    Tampilan di monitorku kok ada sandinya ya?…
    bener ga?

  2. ummurifqi, kelapa kering di swalayan ada aku biasa pakai merk kara tapi sekarang yg tanpa merk pun banyak , toko bahan kue juga ada.
    oh ya tampilan di monitor emang ada sandinya, sedang aku perbaiki. terima kasih. salam

  3. apa kabar nya mbak des..
    mbak kayak nya d bukittinggi g ada tuh jual kelapa kering yg instan..klo kelapa kering nya d bikin sendiri,dengan cara d sangrai dulu y mbak…
    salam mbak des,smoga sukses sllu..

  4. halo mbak icha, wah mesti bilang ke kara tuh untuk kelapa keringnya bisa disebar ke seluruh Indonesia. Kalo Di bogor banyak mbak, bahkan dipasar tradisional aja sudah ada.
    Boleh aja mbak kelapa keringnya bikin sendiri tapi hasil jadinya nggak seputih kelapa kering instan yg aku pakai ya, tapi rasa tetap sama lah. Ayo mbak di coba ya. salam

  5. Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com

    http://kuliner.infogue.com/kue_kering_kelapa_pandan

  6. mbak Desi… ijin copy resepnya ya.. pengen nyobain kukis ini.
    smoga amal ibadahnya di bulan Ramadhan ini dapat balasan yg berlipat ganda.
    makasih mbak Desi… :)

  7. halo mbak shinta, silahkan mabak dengan senang hati. selamat mencoba, halo2 aku ya hasilnya. salam.

  8. hi Mbak..kebetulan memang lagi nyari2 resep buat bikin kue kering yang manis,bahan2nya gampang nggak susah nyarinya,rasanya pasti enak yaa,abis kalo bikin kue asin keju suka diledek anak2 aku katanya mama lupa masukin gula he…he…he,kalo deket aku mau deh pesen buat Lebaran,sayang jauh yaa….

  9. dicoba ya mbak, apalagi butter-nya jerman wuih pasti tambah leker ya mbak, waktu teman suami dr jerman pulang ke indo aku dibawain keju, wah enaknya walaupun cuma sedikit dimasukkan ke adonan kue kering rasanya dah mak nyuss banget loh.
    iya mbak kalo dikirim ke sana mahal ongkosnya dari kuenya ya hehehehe. salam untuk keluarga ya mbak, kalo pulang ke indo halo2 ya mbak. salam

  10. asslmkm,mbak aq udh coba resep ini,hasilnya enak n pas rasanya.tapi kuenya gak dicetak bulan sabit,cuma bulat aja.hehehehe gak ada cetakannya.makasih buat resepnya.

  11. mbk rumah kamu manaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa???????????????????????/

  12. Mmm patut dicoba nich resepx.. Thx

  13. Kemarin udah di coba resepnya mbak…..hasilnya ueeenak banget jagoanku muji semua sampe ada yg nyelutuk, lbh enak dr pd yg dijual di hypermarche disini mbak. Thanks resepnya.mbak…

    • alhamdulillah, wahhh senang sekali dengarnya, masakan ibu bagi anak adalah segalanya, salam untuk anaknya ya

      Desi Hartanto defidi.web.id – defidi.wordpress.com FB: tinyurl.com/defidi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 386 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: