Kue kering wafer fantasi

Kue kering wafer fantasi

Kue kering wafer fantasi

Halo teman seperjuangan di dunia maya, kemarin jalan2 ke swalayan beli bekal untuk anak2ku ke sekolah. Umumnya anak2 suka wafer, akhirnya belilah aneka wafer berbagai merk, aku sendiri waktu kecil bilang wafer adalah roti es hahaha inget itu jadi lucu sendiri, entah darimana asalnya nama itu, didaerah aku bilangnya gitu, saat itu si roti es menjadi primadona di kaleng biskuit merk Kong ghuan (kayaknya salah nulis deh).

Nah aku suka wafer dari merk itu sampai saat ini menurut aku sich rasanya masih orisinil kayak dahulu kala dan potongannya besar2, heheh secara yg makan jumbo jadi cari kue yg jumbo juga.

Sampai rumah sambil makan si roti es ini terbersit buat kuker dengan roti es ini, rasanya tidak terlalu sulit dan aku sudah sering lihat di jual dipasar. Alhasil jadilah sore itu buat kuker wafer, karena wafernya jumbo jadi malah enak setelah di balut adonan kue kering langsung dipotong2, di oven dan dihiasi aneka warna gula, ehm bisa untuk jualan juga loh.

Bahan-bahan

  • 150 gr mentega
  • 50 gr tepung gula
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • Wafer vanilla/coklat
  • 25 gr maizena
  • 200 gr tepung terigu protein sedang atau rendah

Cara membuat Kue kering

  • Kocok butter, tepung gula, vanili sampai semua bahan tercampur rata.
  • Masukkan telur aduk rata.
  • Masukkan secara bertahap campuran tepung terigu,susu dan maizena ke dalam adonan, aduk menggunakan sendok kayu, lakukan hingga tepung habis.
  • Giling tipis adonan ½ cm, letakkan wafer, lipat adonan hingga menutupi seluruh wafer.Jika memakai wafer ukuran besar, potong wafer menjadi 5 bagian berbentuk empat persegi panjang.
  • Panggang dengan suhu 160 derajat hingga matang dan berwarna kecoklatan. dinginkan

Toping :

  • ½ butir putih telur ukuran kecil
  • 125 gr tepung gula
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 50 gr white chocholate
  • Pewarna merah, ungu dan pasta coklat

Cara membuat toping

  • Campur putih telur dan gula halus secara bertahap hingga rata.
  • Masukkan air jeruk nipis aduk rata.
  • Masukkan white chocolate, aduk rata

Penyelesaian

  • Bagi menjadi 3 bagian, masing-masing bagian beri pewarna, merah, ungu dan coklat.
  • Masukkan toping ke dalam plastik segitiga, potong kecil ujungnya. Hias sesuai selera.
  • Panggang kembali 5 menit dengan suhu rendah.
About these ads

Posted on 20 Agustus 2008, in Bisnis boga, Kue Kering and tagged , , , . Bookmark the permalink. 27 Komentar.

  1. pertamax
    aduh mbak aq jadi ingin bikin kuker juga, tapi di rumah baruku gak ada oven. dulu rumah dinas suamiku ada kompor listriknya, jadi enak sekali kalo bikin2 kue. masih beres2 nih mbak di rumah kreditan. hehehe.

  2. Kreatif sekali….

    Nanti saya coba ya…

  3. halo mbak wuri, apa kabar mbak, beli oven yg kaleng yg kecil aja mbak ato sekarang banyak oven listrik yg skala rumah tangga, mungil tapi cukup koq untuk buat kue, aku kalo demo kue ato u cooking class juga pake yg mungil itu. mesti dicoba loh, ehm enak deh krenyes2 gitu loh mbak. salam

  4. ass, apa kabar ummu, moga baik aja ya. ayo ummu dicoba ya, aku tunggu loh halo-halo hasilnya. salam

  5. Ada-adaaa aja ibu satu ini..
    sepertinya ngak pernah mati ide yaa,..?
    maju terus dengan kreasi-2 barunya,..buuu…

  6. halo mbak emma, kemana aja mbak, wah kangen nich.
    makasih supportnya mbak, salam untuk keluarga

  7. mbak2 dan ibu2 yg saya hormati, selain mencoba resep buka puasa tentu kita tidak lupa dengan jadwal ramadhan kan.. ^^,…untuk jadwal ramadhan seluruh indonesia bisa donlot di sini

    trims! happy cooking!

  8. mbak, wafernya pake merek apa yah? kan g bisa smua jenis wafer (kt org).
    makasi…

  9. Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com

    http://kuliner.infogue.com/kue_kering_wafer_fantasi

  10. halo mbak arina, salam kenal dan makasih ya dah berkenan mampir. Menurut aku wafer apa aja bisa mbak, semakin pakai wafer yang bagus rasa kukernya semakin enak. bisa pakai wafer yang sdh potongan kecil jadi nggak mesti potomg memotong lagi. Dicoba ya mbak arina, dan halo-halo aku ya hasilnya. salam

  11. apa kabar mbak des…
    duh kuker wafer nya mbak des ini menarik hati ntuk mencoba nya.oya mbak,untuk pewarna yg bagus apa y mbak? kmrn ica ada beli pewarna merah,ungu gt mbak kt penjualnya ini bagus klo kebanyakan pun kita kasih g pahit kt nya mbak.ica juga lupa merk nya,tp klo g salah merk nya star..apa ada pewarna yg merk nya star y mbak? tp setelah d coba bikin kuker nya,pahitnya tinggal d lidah mbak? kasih saran dong mbak…pewarna mana yg bagus d gunakan buat bikin kuker…makasi y mbak des..sukses slalu mbak des…

  12. duhhh jadi terlupakan…maaf lahir batin y mbak des,slamat menjalan kan ibadah puasa y mbak..salam…

  13. ass mbak desi…aku udah baca artikel mbak di majalah ALIA……dan aku akan mencoba resepe2 mu yg mmm yummy
    aku tuh ketimggalan jaman deh,ngaku suka bikin kue tp baru tau td pas belanja bahan2 kuker klo…ternyata coklat ada juga yg essense….hehehee,jadinya aku ga perlu lagi deh pake pewarna2 lg…

  14. halo mbak icha, duh punten euy baru balas, pertama selamat menunaikan ibadah puasa ya mbak, ke dua aku biasa pakai merk diva, untuk pasta coklat pake wilton, tapi sekarang jarang pakai pewarna untuk coklat karena sdh ada rainbow dari mercolate yg mana masing2 warna coklat sesuai dgn rasanya, dah gitu manisnya juga sesuai jadi kalo buat praline langsung lelehkan dan cetak, jadi deh.

  15. halo mbak citra pa kabar, sehat selalu ya mbak. duh makasih ya sdh berkenan baca artikel aku di majalah “Alia”, silakan di coba halo2 hasilnya ya mbak.
    he he he iya mbak, sekarang kita nggak susah2 lagi mewarnai coklat, dulu kalo salah aja pilih bahan pewarna untuk coklat yg ada menggumpal. salam

  16. mbak icha, punten euy baru bisa balas, pertama selamat menunaikan ibadah puasa aya, maaf lahir dan batin.
    kedua, tentang merk ya, aku biasa pakai merk diva, untuk coklat pasta pakai merk wilton.
    untuk coklat aneka warna karena sekarang sdh banyak coklat yg berwarna jd jarang pakai pewarna lagi, aku biasa pakai merk mercolate yg rainbownya oke banget warnanya oke rasanya oke, jadi kalo mau buat raline kangsung lelehkan cetak, selesai deh.

  17. aduuuuh….
    bener2 jadi pengen coba ni..
    ntar lebaran aq coba deh…
    Makac yaa, rezepnya

  18. Mbak,aku pengen tanya neh tentang resep mbak. Kan di cara membuat kukernya ada ditls masukan terigu,susu dan maizena…etc,sementara d bhn gak tetera susu. Yg aku mau tanya,susunya apa,brapa byk?
    Trus,di toping: white coklatnya d tim dulu ndak? Trus pewarna coklatnya, pake pasta,esense ataw pewarna? Maksh. Aku pengen coba nech buat jajanan anak. Makasih.

  19. halo ,bak lia, beneran dicoba ya, bisa tuk jualan juga loh. aku tunggu hasilnya .salam

  20. halo mbak pita salam kenal dan makacih dah mampir disini.
    hehehe susu nggak aku masukkan ya, tambahkan susu 50 gram mbak, krna kuker ini emang agak banyak susunya jadi seperti cookiesnya dari monde ituloh.
    untuk susu aku pake yg full cream boleh dari merk apa aja, yg aku pake sich dancow. bener mbak setelah kita buat campuran putih telur+ tepung gula tadi baru dimasukkan white chocolate.
    silakan coba ya mbak, salam untuk anak2.

  21. Makasih mbak. Akan aku coba. Selamat hari raya idul fitri ya mbak.

  22. halo mbak pita, dah coba belum? aku juga mengucapkan selamat hari raya idul fitri, mohon maaf kiranya ada perkataan atau sikapku yg kurang berkenan. salam

  23. aslm mb, salam kenal dr sy.liat foto respnya, jd pingin nyoba buat..tp mash bingung nih mb, itu putih telur sama gulanya cuma diaduk aj sama sndok? ato ngaduknya pake mixer alias dikocok? trims bgt bwt jawabannya. oy,mumpung msh syawl, met hari raya idul fitri, mhn maaf lahir batin

  24. halo mbak rindu, iya mbak diaduk biasa saja pakai sendok biasa, masukkan tepung gulanya sedikit demi sedikit ya, setelah habis baru beri perasan air jeruk nipis bukan lemon loh ya. sama-sama mbak, saya juga mengucapkan selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin. salam

  25. aslm mbak, trim y m tuk jwbannya.g sabar mw coba nih. oy m, stlh th artikel mbak dimuat d mjlh alia, lgsung sy hunting majlh itu. pdhl skrg kan dah okt, tp alhmdllh akhirnya dpt jg.pas baca resep2nya juga ga sabar pingin coba.cz dilihat dr bahan, pasti hasilnya lezzzzat..tp kyknya ada yg ga pas.oki sy mastiin nih. gpp y mbak..? 1. di resp coklt cappucino,cara membuatnya kalo dibayangkan hasilnya spt gambar kue dobel coklt. 2. di kue kacang keju lemon, cara membuat kue kering kok sama spt kue double strawberry? satu lagi, mbak kan dah pengalaman belanja bahan-bahan, untuk butter yg dipake apa sudah ada jaminan halalnya mbak. bagi dong mbak info halalnya..sukses terus buat mbak. tq

  26. mba tau ga, kalo pasta coklat merek wilton ada alkoholnya ga yah/sudah halal belum ya, terimakasih.

  27. mb<sy emang ada niat buat kuker pke wafer..stlh bc resep mba<jd makin semangat deh…tp mw tanya, itu yg buat topingny kan pke white coklat jg trus dioven lg..apa ga leleh ntr coklatnya mb?
    trus pas bungkus waferny pke adonan kueny hrs nutupin wafer smuanya ya..klo dilipet aj,bagian sampingnya ga ketutup mb ya….

    maap y mb,bnyak tanya…pemula bgt nih..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 385 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: