Membuat mayones

Sumber : Seni masak femina- Primarasa Indonesia no.18

Selain membeli jadi di pasar swalayan, mayones bisa juga dibuat sendiri.

Siapkan 2 kuning telur, 250 ml minyak nabati( minyak zaitun, salad oil atau minyak goreng yg tidak berbau), dan 1 sdt cuka masak. Kocok kuning telur dengan garpu hingga agak putih, masukkan minyak nabati sedikit demi sedikit ( setiap kali menuang 1/2 sdt) sambil terus dikocok. Setelah kental dan terbentuk emulsi, masukkan cuka masak sekaligud, aduk. Tambahkan minyak sedikit demi sedikit sambil terus di kocok, sampai minyak habis.

Jika suka, ke dalam saus bisa pula ditambahkan 1 sdt seledri cincang

Posted on 5 Januari 2008, in Aneka Tips, Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 41 Komentar.

  1. Wah.. ini yang saya cari, kalo beli mahal :-)
    Buat maem burger
    terima kasih bu resepnya :-)

  2. halo mbak, silahkan dicoba. Saya sdh mencobanya tapi saya tambahkan saus tomat jadi warnanya agak kemerahan, jika ingin agak pedas tambahkan saus sambal, dicampur dengan buah-buahan ato sayur u salad seru rasanya. salam

  3. ketinggalan, jika ragu menggunakan telur kuning yg mentah khawatir maraknya issue flu burung bahwa telur sebaiknya dimasak dulu, bisa pakai kuning telur rebus yg dihaluskan dan putihnya dimasukkan plastik di rebus/kukus potong2 kecil bisa untuk campuran salad. salam

  4. mbak, kalo pake kuning telur yang direbus, caranya sama juga ya? hasilnya sama ndak dengan yang biasa kita beli?
    saya pernah coba bikin pake kuning telur mentah tapi kok gagal ya? kenapa ya, mbak?
    mohon bantuannya…
    thanks ya, mbak.

  5. mbak saya pingin buat resep mayo dengan rasa bluberry /strawbery…. bisa bantu ya mabak, makasih bantuan nya

  6. makasih resepnya,klo bisa resep mayo dengan rasa bluberry /strawbery…. lebih byk rasanya…maturnuwun

  7. halo mbak azizah, aku pernah coba mayo dikombinasi dgn juice strobery, kayaknya mesti ditambah sedikit gula deh jadi nggak terlalu asam.

    Kalo rasa bluberry belum pernah, temen2 kalo ada yg baca postingan ini dan mengetahui cara membuat mayo rasa blueberry, tolong info dunk. makasih

  8. hay ..Dess..dah lama niiyh aku ‘ga mampiirr..
    koleksi resep kue makin banyak aja..yaa..
    resep di atas aku copast ..

    salam rindu bwat mama..& kel
    bogor hujan teruss..?

  9. halo mbak emma, silahkan mbak. salam rindu juga dari kami semua.

  10. mbak, aku dikasih resep bikin mayo kok pake susu, aku sih lom nyoba bisa ga sih mbak? terus kl cuka aku gabti jeruk nipis bisa ya? aku tunggu jawabannya ya, resepnya aku posting

    * Susu 300 ml
    * Tepung maizena 30 gr
    * Mustard 1 sdm
    * Kuning telur 1 butir
    * Margarin 100 gr
    * Air jeruk nipis 3 sdm
    * Penyedap rasa 1 sdt
    * Merica 1/2 sdt
    * Garam sedikit

    Cara membuat Mayonaise:
    * Rebus susu, campur tepung maizena sambil diaduk, setelah kental masukkan kuning telur, aduk, angkat lalu dinginkan.
    * Setelah dingin, masukkan margarin, mustard, air jeruk nipis, penyedap rasa, merica, dan garam.
    * Mixer halus, lalu diangkat.

  11. kapan hari aku liat di bukan empat mata, rudi choirudin bikin mayones otomatis, ada yang tau gak? aku kelewatan nontonnya…
    kayaknya simple banget deh, semua tinggal diblender gitu aja…gak perlu dikit2 mix nya

  12. llhhhaa Ituuu….saya jg lupa bwt catet,resp rudi semalem…. kok pake roti tawar jg,,,
    yang jelas pake simpel,ga pake ribeeeeeettt..
    hehe tolong yg tau,diposting yaaa..

  13. terima kasih resep ini menginspirasi saya yang baru belajar masak

  14. halo wayik, duh maaf ya baru aku balas, selamat masak

  15. mayones yang sudah jadi ada gak ya?

  16. halo mas uha, lah mas kalo yg jadi mah banyak tapi muahal, nah kita2 secara pedagang cari yg murah jadi masih bisa jualan di tengah krisis global ini. salam

  17. Mba makasih ya resepnya,aku suka banget sama burger yg banyak mayonesnya,aku mau bikin sendiri di rumah. Tadinya aku mau tanya sama yang jual burger,tp aku malu. Makasih sekali lagi.. Aku mau coba bikin sendiri.

  18. berbagi rejeki ni..ikutan survey online dikasi dolar..daftar langsung dikasi 6$..ini linknya..

    http://www.AWSurveys.com/HomeMain.cfm?RefID=yunadil

  19. Buat simple mayo
    bahan
    *roti tawar,buang kulitnya
    *margarin
    *cuka/jeruk nipis
    *susu kental manis

    cara masak
    rebus roti tawar dgn air secukupnya,campurkan margarin,angkat dan saring,kemudian blender sembari campur cuka/air jeruk secukupnya,jika ingin lbh gurih dapat di campur susu kental manis secukupnya,slamat mencoba:-)

  20. tenks ya mba buat resep nya!

  21. Mayonise buat masak apa ya mbak?

  22. wah..aq belum coba. resepnya banyak banget. aq jadi bingung nih

  23. mba…saya mau tanya,
    cuka masaknya berapa ml?
    setelah dicampur dan diaduk rata apakah tidak dimasak / rebus terlebih dahulu?
    mengaduknya menggunakan mixer atau manual?
    terimakasih…

    • mbak, cuka masaknya coba sedikit dulu, soale selera beda-beda ya. kalo aq biasanya nggak dimasak lagi, kalo jumlah sedikit langsung diaduk saja, kalo buat dalam jumlah banyak bisa pakai mixer supaya rata, setelah itu hasilnya langsung di campurkan dengan bahan2 sayur atau buahnya. salam

      Desi Hartanto defidi.web.id – defidi.wordpress.com FB:  tinyurl.com/defidi

  24. laki2 boleh gak ya belajar masak.
    maaf mbak saya suka makan burger
    jadi kepengen buat and sekalian coba2 usaha burger.
    ketaknya asik deh…. bisa makan gratis and cari duit sendiri..
    hihihihi….. mohon petunjuknya dong
    untuk cara penyajian burger ang mayonesnya yang muantap gitu….. thank ya sebelumnya……

  25. Mkch yaaa…
    ni berguna bgt bwt aq…
    thx,,, :)

  26. thx, mo langsung nyoba nih, ntar aq kabari hasilnya mba,,,,

  27. mbak, kalo mayones buatan sendiri tuh bisa tahan brp lama? dan kalo disimpan dikulkas bisa tahan brp lama?

  28. salat yg enak tergantung mayonais nya

  29. Mantab itw , ternyata tak sulit buatnya,

  30. Mantab itw , ternyata tak sulit buatnya,
    gmna buat ,mayones kelas unggul, ada tambha app ja,

  31. Tq infonya, Ď“ĆŤ pakai telur rebus gmn tuh caranya?

  32. ini tahan berapa hari y mbak ?
    trus tips agar bisa awet gimana

  33. nanti coba sy praktek, low ada resep yg lain boleh kirim dong ke emailku,Terimakasih .Salam Sukses

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 385 pengikut lainnya.

