Menu makan siang praktis dan sehat

menu sehatCuaca yang tidak bersahabat , pagi hujan, siang panas, sore hujan kembali, membuat kita rentan terhadap penyakit, yang paling sering terserang radang tenggorokan, selain obat makanan pun harus dijaga supaya cepat pulih, yang biasanya disarankan dokter untuk tidak minum minuman dingin dan goreng-gorengan, aku coba tampilkan menu yang biasanya aku buat jika dirumah sedang terserang radang tenggorokan.

Ikan bakar yg dibungkus daun dengan bumbu minimalis, dipadu dengan sayur bening bayam, wortel dan oyong yg katanya bagus untuk penderita sinusitis, dengan bumbu ditambahkan temu kunci yang sifatnya dingin, baik untuk yg sedang batuk dan panas dalam, dan terakhir dimakan bersama nasi yg dimasak bersama agar-agar yang berserat tinggi.

Semoga menu ini bisa bermanfaat.

Selamat mencoba.

Ikan bakar bungkus daunIkan bakar bungkus daun

Bahan yang diperlukan:

  1. Ikan bawal/kakap 1 ekor ukuran 400 gr
  2. Daun secukupnya
  3. Garam secukupnya.

Bumbu halus

  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Kunyit 1 ruas jari
  • Daun salam 5 lembar
  • Air jeruk nipis 1sdm

Cara membuat :

  1. Cuci bersih ikan, potong menjadi 3 bagian, lumuri air jeruk nipis biarkan 5 menit.
  2. Campur ikan dengan bumbu halus, bungkus dengan daun.
  3. Panggang hingga ikan matang. Sajikan hangat.

sayur beningSayur bening

Bahan-bahan

  • Bayam 1 ikat
  • Oyong 2 buah
  • Wortel 2 buah
  • Temu kunci 2 buah
  • Daun salam 5 lembar
  • Garam 1/2 sdm
  • Gula pasir 1 sdm
  • Air 700 ml

Bumbu iris :

  • Bawang merah
  • Bawang putih

Cara membuat :

  1. Bersihkan bayam, sisihkan. Bersihkan oyong potong –potong , sisihkan. Bersihkan wortel potong kecil, sisihkan.
  2. Didihkan air, masukkan wortel dan bumbu iris, daun salam, temu kunci, masak hingga setengah matang.
  3. Masukkan oyong, rebus sebentar. Masukkan bayam, garam dan gula, masak hingga bayam layu dan cukup matang. Sajikan dingin

nasi agar-agarNasi agar-agar

Bahan :

  • Beras ½ liter
  • Agar-agar putih ½ bungkus
  • Air secukupnya (tergantung jenis beras)

Cara membuat :

  1. Cuci bersih beras, sisihkan
  2. Didihkan air, masukkan beras dan agar-agar, masak dengan api sedang hingga air habis dan beras menjadi setengah matang, dinginkan.
  3. Siapkan dandang, masukkan beras yang sudah diaron, kukus hingga matang.
  4. Jika memasak memakai rice cooker, masak seperti biasa ( campur beras, air dan agar-agar) .
About these ads

Posted on 23 Desember 2007, in Makanan Tradisional, Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 64 Komentar.

  1. Wah kliatannya Lezat… :)

  2. iiiihhhhh…..lapeeerr…..
    tambah sambel doonk.. krupuk jgn lupa…

    waahh… program diet ku brantakan…..

  3. hmmm pasti lezat………mbak apakah nasinya waktu dimasuk campur agar2x apa ga mengeras seperti agar2x entarnya…….tapi dari hasil dari foto diatasnya sepertinya nasinya tetep gurih ga lengket /mengeras ya?…….

  4. halo hanster, senang dapat kunjungan dari kamu, maaf ya baru balas, beberapa hari ini ke Sumedang liburan dengan anak-anak di sana, seru abiz, tunggu cerita dari sumedang ya. salam

    Halo mbak emma, he he he iya mbak lebih sip pakai sambal tapi berhubung lagi radang tenggorokan ga berani makan cabe dulu. salam untuk semua ya?

    Halo mbak maruko, pa kabar? makasih sudah berkunjung lagi. Iya mbak nggak mengeras koq, jadi pulen dan lembut, cocok untuk yg lagi radang tenggorokan, tapi untuk yg sehat juga bagus koq. dicoba in ya. salam

  5. Resep yang bermanfaat. Saya biasanya kalo radang tenggorokan ga berani makan makanan yang mengandung minyak. Tapi saya favorite ma tempe bu, gimana ya mengolahnya tanpa digoreng ?

  6. halo mbak olive, sama mbak saya juga suka tempe, bisa dibuat tempe kukus bungkus daun. Tempe dihancurkan, campur cincangan daging ayam dan jamur merang, daun bawang, beri bumbu minimalis saja, bawang merah dan bawang putih dirajang halus, tambahkan garam tanpa bumbu penyedap, aduk rata, tambahkan telur untuk menyatukan bahan, bungkus dengan daun seperti buat botok, kukus hingga matang. Rasa gurih tempe bercampur kaldu ayam, dan wangi khas jamur merah dengan daun bawang cukup enak disantap dengan nasi hangat. mudah-mudahan bisa membantu. salam

  7. mba defidi, itu daunnya daun apa sih? ga musti pake daun pisang ya? atau itu cuma garnis? saya tuh ga pernah masak pepes-pepesan, tapi suka makannya …. hehehe ….

  8. halo mbak icha, untuk membungkus pakai daun pisang, tapi bumbu ditambahkan daun salam, yg ada di foto daun salam segar untuk garnis aja, lebih enak dan wangi jika dibungkus daun kunyit tapi tdk semua orang terutama anak2 suka dengan wangi daun kunyit.
    he he he dari suka biasanya jadi pingin buat loh, ayo coba buat bumbunya minimalis sekali mbak, coba ya. salam

  9. Mbak def….

    aku baru tahu kalau nasi bisa dimasak dengan agar-agar..kapan -kapan nyoba ah….rasanya gimana.:)

    O,ya mbak..kalau mau masang beberapa foto di header blogspot bagaimana ya…

    makasih lho…

  10. Du…………..
    jadi lapar ni…
    Bagi donk…..

  11. Resep-resep makanan sehat yang lain nya donk. ayah saya mengidap kolesterol , gak boleh makan makanan yang berlemak dan mengandung minyak serta daging, kasihan saya karena tiap hari beliau hanya makan semua yang direbus ditambah garam saja, karena menu yang tidak banyak.terimakasih

  12. halo mbak nema, aku coba buatkan pindang ikan dan bubur sayur havermout ya, keduanya aku rasa tdk masalah dgn kolesterol, karena mama aku juga ada kolesterol, dirumah jarang sekali konsumsi daging, hampir setiap hari ikan. sabar ya mbak dalam 2 hari aku posting deh, aku cari ikan patinnya dulu sekalian masakin mama. salam

  13. Uenak……………….

  14. Slam knal,
    mau nanya nich, menu mkan siang yg baik i2 yg kyak gmana sich?
    Tolong donk skalian dgn cara membuatnya. Trims

  15. makacih ats menu makanan sehatnya,mudaha-mudahan berguna bagi aq

  16. kalo berasnya 1 liter…. berarti agar2nya 1 bungkus jg?

  17. Mbak, temu kunci itu apa sih? Yang mana ya Mbak? Yang sering buat sayur bening itu? Punya foto bentuknya?

    • salam kenal mas dono dan terima kasih sudah bersedia mampir ke bllog aku, ehm mendengar namanya mas sepertinya dari jawa, biasanya untuk orang jawa temu kunci sangat familiar, karena bening diberi temu kunci adalah beningnya orang jawa, menggambarkannya seperti apa ya, agak lain dengan rempah biasa, tidak seperti jahe atau kunyit, noasanya tukang sayur aku bawa koq, besok aku beli dan aku foto deh. salam

  18. pengen tau cara bikin tahu sumedang, gimana caranya mbak.

  19. Mbak yu….kalok mau bikin ayam goreng yang bisa KREMES gimana sih..kalok di presto dlm waktu lama..itu dagingnya apa gak nyunyut…solusi and tips nya to mbak yu

  20. kunjungan siang…..
    boleh tuh resepnya….
    bisa buat suguhan arisan…ato klo aku pas ngadain acra ori..
    kamsia ya idenya…

  21. emhh mantapz surantapZ!!
    cock bgdz…jdi makin selera ni makan…
    tq

  22. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…………. enakkkkkkkkkk bedddddddddddddddd

  23. wouuuuu…….. enak bget necc

  24. wah lezatnya ziiippppppp………………

  25. Ass, mbak defidi…salam kenal yah…seneng deh mampir ke blog mbak…sekarang saya lagi memulai usaha katering di rumah, menu sehat dari mbak penuh inspirasi :)

  26. wah menu sehat terutama untuk makan siang.. apa lagi jika kita sedang diet

  27. iiiiiiiiiiiiiiiiiiiih jadi lapr

  28. Temu kunci kayak apa mba bentukx

  29. Enaaaakkk:D
    Masuk ke sini juga ya biar dpt diskon

  30. Salam kenal mbak….
    makasih ya resepnya, selain simple cara membuatnya juga mudah mengerjakanya,

  31. sederhana tapiii lezaattt mbak

  32. sederhana tapi lezaatt mbak

  33. emmm , sajian nya enak

  34. wah ini menu cocok buat sy yg lagi diet

  35. q mau bisnis makanan sehat tapi nd ada menu

  36. wahh menu andalan saya nie.. jadi laperr

  37. Wah…,menu makanan yang lezat dan bergizi,perlu dicoba nie…,salam kenal ya…,^_^v

  38. masakan bagus ya……

  39. mbak respnya bisa ditambah lago gak??
    salam kenal,,,

  40. mbak resepnya bisa di tambah lagi gak??
    salam kenal,,,

    uups sorry salah ketik,,,

  41. menunya simple,sehat dan enak

  42. Hi there i am kavin, its my first occasion to commenting anywhere,
    when i read this post i thought i could also create
    comment due to this sensible post.

  43. Please let me know if you’re looking for a author for your site. You have some really good articles and I think I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d really like to write
    some content for your blog in exchange for a link
    back to mine. Please send me an email if interested. Regards!

  44. makan pagi sehat…. semangat seharian….

  45. jual spare part karet jakarta… bisa pesan cetakan dan cetak karet , monting , oil seal , impeller , dsb. PT.Nikball ruber

  1. Ping-balik: Menu makan siang praktis dan sehat « SSI Community

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 386 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: