Lapis Legit Susu

Lapis Legit SusuIngat Lapis Legit Susu, ingat Almarhum Ayah, beliau paling suka kue ini, makanya mama setiap lebaran selalu membuatnya, resep ini sudah dimodifikasi dari resep yang mama punya, resep mama memakai kuning telur ayam kampung atau kuning telur bebek, rasanya memang wah banget, ya sangat manis, sangat gurih, sangat milk abiz, umumnya dipotong kecil2 waktu di suguhkan ke tamu di dampingi teh tawar panas, ehm pingin lebaran lagi.

Emang sedikit berkeringat melapisinya, tapi demi kembali ke masa lalu, lebaran2 yg penuh makna di daerah dengan segudang sajian diatas meja, ga apa2 lah , mau mencoba? silahkah.

Bahan yang diperlukan :

  • 25 butir telur ayam
  • 250 gr gula pasir
  • 250 gr mentega
  • 1/2 kaleng susu kental manis full cream
  • 1 sdt penuh bubuk lapis legit
  • 200 gr tepung terigu protein sedang/rendah

Cara membuat :

  • kocok telur dan gula ,hingga gula larut,dan adonan mengental
  • Masukan tepung terigu, aduk rata
  • Masukkan susu kental manis + bubuk lapis legit, aduk rata
  • Masukkan mentega yg sudah dicairkan, aduk rata
  • Panaskan oven, api atas hingga 170 derajat celcius.
  • Siapkan loyang uk.20×20,lapisi kertas roti
  • Masukkan adonan 150/200 cc ke dalam loyang, oven hingga kekuningan
  • keluarkan loyang,tekan2 dengan spatula adonan yg sudah masak, olesi dengan mentega, tuang kembali adonan mentah,oven hingga kekuningan.
  • lakukan hal seperti diatas hingga adonan habis.
  • oven kembali 5 menit dengan api atas bawah, dengan suhu 150 derajat celcius.
  • dinginkan kue yang telah masak.
  • Karena kue tersebut banyak mengandung susu,sebaiknya  kue yg belum dikonsumsi dimasukkan ke dalam lemari pendingin, apabila akan disajikan kembali,dinginkan di suhu ruang terlebih dahulu.
Posted on 22 Oktober 2007, in Cake. Bookmark the permalink. 50 Komentar.

  1. Satu komen!
    L A P A R ! !

  2. aww. halo mb rizma, tq dah buka bloq aq. begitu baca komentarnya aq langsung klik blog mb loh, he he he atuh dicoba resepnya.
    wah ternyata suka k gibran ya, aq jg suka tuh karya2 dia, yg tentang elang jg bagus. salam

  3. mba…resepnya boleh aku copy ya…tks.

  4. aww. terima kasih mb siti sdh sempatkan waktu mampir ke blog aq, silahkan mbak. Selamat mencoba, salam

  5. boleh juga nih, entar saya minta istri saya bikin kue nih, gimana sih rasanya. Salam kenal.

  6. waduh…..klo blm punya istri….saya minta buatin sama siapa ya?

    :D

  7. @Pak sundoro

    kalau belum punya istri ya suruh buatin Ibunya aja…

    kalau Ibunya nggak mau, ya pasang iklan..siapa yg mau bikinin spesial buat dirimu…he..he..

  8. aww. makasih mas daniar sdh sempatkan waktu buka blog aq. silahkan dicoba mas resepnya, wah rasanya kalo menurut aq yg enak tapi selera kan berbeda ya, sangat manis,sangat gurih sangat milk banget, tapi seperti iklan momogi, begitu dimakan mau lagi, mau lagi, mau lagi. salam untuk istri ya?

  9. aww. salam kenal mas sundoro, tq dah sempatkan waktu buka bloq sy. wah utk penjual kue seperti sy itu pertanyaan yg sy tunggu loh, gimana kalo sy yg buat kemudian sy kirim nah tinggal mas yg kirim balik melalui transfer atau cash & carry, gitu loh. setuju kan mbak maisara?

  10. enaksssss, telurnya 25 ya mbak , gubraksssss

  11. aww. alo mb erna, iya telurnya banyak, malah resep aslinya 40 telur ayam kampung en kuningnya aja loh, gubrakssss abiz kan, rasanya ehhhhhhhhh enakkkkkkkkkkk abiz. salam

  12. Mbak, kuenya enak banget tuh……
    kalau mau mesen gimana caranya mbak?
    trus harganya berapa ya…?

  13. lam kenal ya,mbak…..kalo lapis enakan pake telur ayam apa telur bebek ya?dan minta ijin copy paste ya mbak…..dan begitu liat lapisnya emang langsung jadi mupeng …muka pengin bikin……dan akhir lapisnya apa seperti lembek dan berminyak2x gitu mbak……karna saya punya pengalaman yg kagak pernah telupakan….

  14. halo maruko lam kenal juga ya, makasih dah luangkan waktu tuk buka blog aq. kalo aku sich pake telur apa aja enak, tapi karena kuning telur bebek itu lebih besar dan resep aslinya emang pake kuning telur semua makanya pada pake telur bebek, kan di daerah harga telur ayam kampung dan bebek selisih dikit banget, pake telur bebek jd lebih murah ya,

    hasil akhir ga lembek, tapi emang agak berminyak, makanya terigunya aku lebihkan dari resep asli, kalo resep asli berminyak .
    selamat mencoba ya, halo halo ke aku kalo dah jadi, kita bisa share lagi. salam

  15. halo mbak cerry, tq banget ya dah buka bloq aq, mau pesan boleh mbak, boleh banget, tapi mbak tinggal dimana ya? jika di luar kota aku mesti packing untuk luar kota berhubung kue lapisnya banyak mengandung susu en tdk pake bahan pengawet, jadi tidak tahan lama.
    Harganya Rp.150.000 utk uk 20×20, dan Rp.200.000,- untuk ukuran 24×24.
    Cara pemesanan ; bisa cash en carry kalo wilayah bogor, di luar bogor bisa transfer biayanya, kue dikirim mbak. tq. salam

  16. wah kayaknya enak banget nih mbak. tapi sayang ovenku kecil… jd ga bisa nyobain bikin deh…

  17. aww. pa kabar mb ira, moga sehat selalu ya, wah jangan sedih gitu dong, dulu aku kecil malah masaknya pake arang loh, open lecil ga masalh mbak, secukupnya loyang masuk open aja, buat setengah resep aja , walaupun hasilnya agak kecil tapi tetep cukup untuk serumah loh. dicoba buat ya, salam.

  18. aww. halo mbak ira, aku tunggu kue lapisnya ya. salam u keluarga

  19. mb, sumpah aq ngiler bgt, lapis legit kue favoritq. Aq suka masak n bwt kue mknya anak2q badannya bongsor semua, syg skrg g sempat lg krn senin-jumat kerja sabtu kuliah lg, minggu ?… cp d…..

    Tp membuka blog ini, aq jd tergoda u masak2 lg.
    Semoga aja minggu ini aq g maless, ntar klo berhasil ta kabarin yach..

  20. aww. he he he, wah pasti anak2 seneng mamanya suka masak ya, bener loh mbak anak2 itu bahagia kalo makan masakan mamanya walapun yg simple aja, bakwan goreng atau pisang goreng aja dah buat mereka seneng. kalo pesenan kue aku lagi banyak terkadang aku beli masakan jadi, nah mreka protes yg asinlah yg pedes lah, aku tau mereka ga suka makanan yg aku beli, akhirnya aku buat telur dadar kasih wortel parut , sosis dan keju udah deh lahap makannnya, selamat mencoba ya mbak, halo2 hasilnya.
    Oh ya tinggal dimana mbak? sabtu besok aku demo di Mall Bekasi temanya makanan sehat untuk anak2 . salam

  21. mb u bikin lapis legiy yg dipake cuma kunig telurnya aja ya atau sama putih nya jga….terus kalo bumbu lapis legit itu ada d toko kue ya n tulisanya bumbu lapis legit gitu mb?jawab ya mb soal nya aku maucoba nih…..

  22. satu lagi mb…aku liat di setiap lapisan ada garis coklatnya,itu d kasih apa ya mb….apa nanti kalo sdh jadi lapis legit membentuk lapisan coklat sendiri/gimana mb?…

  23. mbak eka, aku pake campur telurnya sesuai resep ya, kalo mau yg klasik sekali, resep mama memang kuning telur semua, bener yg ada di toko kue yg tulisannnya lapis legit. halo2 aku ya kalo dah jadi. salam

    iya mbak eka, kita membakarnya pakai api atas, jadi lapisan coklat muncul karena bagian atas yg matang kecoklatan, silahkan dicoba ya. salam

  24. hai mb def….aku lg bt bgt…aku bikin lapis legit ternyata gatot….1.bantet.2.gak manis.3.bau amis.4.warna putih kaya gak mateng yg bagian bawah.5.waktu memanggang yg bagian atas pasti mengembang……padahal aku udah pake bahan yg sesuai resep…KENAPA YA MB?yg mau saya tanya bubuk lapis legit itu beda2 ya mb?aku beli d pasar yg udah pelastikan itu lo…menteganya pake apa mb?wismen/blueben…telurnya aku pake sesuai resep lo mb….waktu pengocokan sampe kental kan mb?jd males bikin lagi

  25. halo mb eka, pertama makasih untuk ucapan ultah alta, salam dari alta & qila

    ke dua, ketawa dulu ya (he he he he he he), baut lapis legit emang butuh kesabaran.
    bantet, emang lapis legit banyak telur seperti cake bantet mb?
    Gak manis ya, ya tambahin lagi gula ato susunya ya?
    bau amis? utk menghilangkan amis itu maka diberi bubuk lapis legit, yg agak banyak aja kalo memang ga begitu suka dengan amisnya telur.
    warna putih bagian bawah, setelah melapis semua bahan, memang mesti di panggang lagi dengan api bawah supaya bagian bawah matang benar.
    waktu memanggang dengan api atas bagian atas mengembang, emang bener mbak, makanya setiap kali melapis mengembang, tekan2 dengan bagian bawah gelasm diberi mentega baru beri adonan lagi.

    mb, umumnya bubuk lapis legit sama ya? tempatnya botol platik seperti tempat baking powder atas namanya: bumbu spekuk.

    yg aku buat pake mentega anchor, tapi pake mentega merk apa saja ato margarine ok aja beda rasa so pasti, lebih enak pakai mentega dibandingkan margarine.

    waktu mengocok tidak perlu sampai kental seperti membuat cake, cukup mengembang dan kental biasa saja.
    ayo dong mbak, buat 1/2 resep dulu deh dengan loyang yg lebih kecil, jangan ngambek gitu dong.

    yup, coba lagi ya, aku tunggu kabarnya, salam

  26. kalo habis lebaran, sering banyak sisa putih telur dari pembuatan kue lapis. Tapi saya bingung gimana memanfaatkannya. Untuk lidah kucing aja, diperlukan hanya sedikit. Punya resep dari putih telur ga?
    Terima kasih :-)

  27. halo mbak olive, silahkan klik kategori cake, aku buat brownies putih telur, silahkan mencoba ya mbak. salam

  28. saya dah nyoba buat brownis putih telur dari resep sini :-) tapi cakenya sepertinya agak rapuh, apa memang gitu atau saya kali yang terlalu kering masaknya ya :-)

  29. halo mbak olive, tektur-nya rapuh ya? biasanya tdk terlalu rapuh mbak, tapi padat, open pada suhu 170 derajat celcius dengan api bawah, setelah setengah matang (terlihat mengembang dan bagian atas sdh tdk basah) hidupkan api atas, coba ditusuk bagian tengah, jika adonan tdk menempel di tusukan berarti cake sdh matang, jika terlalu lama kemungkinan tektur rapuh dan kering, tapi banyak juga yang menyukai tektur rapuh dan kering. dicoba lagi ya mbak, salam

  30. hai mba, salam kenal.. kemana nih kalau mau beli atau pesan kue-nya?

  31. halo mbak koionet, bisa langsung ke email aku mbak defidi@gmail.com
    aku tunggu ya. salam

  32. assalamu’alaikum mba,salam kenal,mo tanya nih,gula pasirnya pake yang kasar ya atau yg dah hls,trus cara mencairkan mentaga yang benar gmn ya?thank you.

  33. halo mbak def, salam kenal dulu ya… saya pernah coba bikin lapis legit kok bawahnya gosong ya mbak, padahal sdh pakai kertas kue, apa krn ovennya merk hook yg bahannya tipis atau krn apa ya ?
    Kalau rasanya sich sudah ok.
    Tolong ya mbak, tks atas jawabannya…

  34. halo mbak isye, khusus tuk lapis legit mesti pake api atas mbak sampai adonan selesai di lapis baru panggang lagi 10 menit pakai api atas bawah untuk mengeringkannya, jadi matang sempurna dan tdk lembek, kalo oven yg gak ada api atas bawah, bagian bawah/rak paling bawah beri loyang yg berisi air ato pasir jadi panas api nggak langsung kena adonan. adonan lapis legit karena terigu dalam jumlah sedikit sementara susu dan gula banyak, untuk gosong akan lebih mudah.
    coba lagi ya mbak. salam

  35. tks mbak def atas saran dan tipsnya, insyaallah nanti dicoba lagi dan hasilnya seperti apa nanti mbak def akan saya kabari.
    dah…sampai ketemu lagi.

  36. halo mbak isye, aku tunggu ya, semoga sesuai harapan. salam

  37. Hallo Mbak,dach nien link blognya.makasih yaa mbak..btw sy belum pernah tau rasa lapis legit susu ini..mau pesen gmn caranya??..sy di jakarta mbak,Tq

  38. halo mbak nien, duh seneng banget jika bersedia mo pesan lapis legit susu. Biasanya kalo ada pesanan di jakarta aku titip suami yg kantornya di Thamrin depan Sari Pan Pasifik Hotel, nanti pemesan yang ambil di sana. Aku tunggu ya pesanannya. email aku defidi@gmail.com

  39. halowww mbak nien, resep legitnya kelihatannya enak banget…..tapi rumit yah buatnya???

    • halo mbak, pada dasarnya pembuatan adonan tidak rumit koq, cuma pada saat melapisnya saja mesti sedikit telaten, di coba saja mbak, semoga berkenan., salam

  40. mbak makasih resepnya ya. saya(wong yogya) tinggal di pontianak yang kalo lebaran banyak sekali model lapis. awalnya saya cuman bisa pesen ke tetangga. tapi sekarang…..

    • salam kenal mbak enak, maaf aku baru balas, mau coba silahkan mbak, walaupun hasil pertama mungkin kurnag maksimal, tapi percaya deh keluarga akan lebih senang dengan masakan mamanya. salam

  41. SALAM KENAL , WAW MBAK INI NAMANYA KUE MAKSUBA DI, PALEMBANG SUDAH JADI KUE IDOLA SEJAK ZAMAN NENEK- NENEK DULU TQ FOR ALL

    • halo mbak, hehehe aku kan asli orang palembang tepatnya ayah dari pagar alam dan mama dari baturaja… Desi Hartanto defidi.wordpress.com FB: tinyurl.com/defidi

  42. Untuk lapis legit, apa memang mentega udah di cairkan yang di pake ? apa nggak bantet nantinya ?

  43. mbak..aku umul dari padang..aku suka banget masak.. sesekali aku terima pesanan juga..khususnya kari kambing untuk aqiqah n pesta.. lihat resepnya mbak aku jadi ngiler n pengen coba..makasih n salam kenal ya..

  44. Salam kenal mba def,,, sy sangat tertarik dgn kue,,, kepingin cb,,, blh ya sy copy resepnya,,tp mba sebelumnya sy mau nanya,,apa buat lapis legit itu hrs memakai oven listrik,,, sy hanya punya oven yg klasik dimana ad 3 lapisan di dlm ovennya itu dan jika mau panggang kue nya harus di hdp kan kompor hock yg pake minyak tanah itu dan kemudian ovennya di simpan diatas kompor tersebut.apa bs pake oven itu? Kl bs adonan nya itu ditaruhkan di lapisan mana,,, karena di oven tersebut ad 3 tmp,,,terimakasih

  45. Salam kenal Mbak, telur yg digunakan kuningnya saja ? 25 butir itu kira2 brp gram Mbak?
    Makasih.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 385 pengikut lainnya.

