Kaastengels

KaastengelsMau coba Kaastengels? Ini ada resep sederhana yang bisa dicoba.

Bahan yang diperlukan:

  • Tepung terigu protein rendah 550 gr
  • Margarine 250 gr
  • Mentega 300 gr
  • Susu bubuk full cream 50 gr
  • Kuning telur ayam 3 butir
  • Keju cheddar parut 200 gr
  • Olesan dan taburan
  • Kuning telur, kocok lepas 2 butir
  • Keju cheddar, parut 100 gr

Cara membuat:

  1. Kocok margarine, mentega, garam dan dengan mixer spit rendah hingga rata.
  2. Masukkan telur satu per satu, kocok perlahan hingga rata.
  3. Masukkan keju parut, aduk rata dengan spatula atau sendok kayu
  4. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk secara bertahap, hingga seluruh tepung habis dan tercampur rata.
  5. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik dan diamkan 15 menit sebelum adonan di cetak.

Penyelesaian:

  1. Giling adonan dengan ketebalan 1 cm, cetak dengan cetakan kaastengel (model 1)
  2. Giling adonan dengan ketebalan 75 mm, cetak dengan cetakan bulat kecil (model 2)
  3. Giling adonan dengan ketebalan 75 mm, potong dengan ukuran 2 x 3 cm (model 3)
  4. Masukkan adonan ke dalam kantung plastik segitiga, gunting ujungnya dengan diameter 1 cm. Buat adonan bentuk panjang +/- 15 cm, potong-potong sepanjang 3 atau 4 cm.
  5. Atur semua bentuk kaastengel seperti diatas ( sesuai selera) ke dalam loyang, oles dengan kuning telur dan beri taburan keju.
  6. Panggang dengan suhu 170 hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  7. Keluarkan segera kuker yang telah matang dalam keadaan panas pindahkan ke rak pendingin, setelah dingin segera masukkan ke dalam toples.

Tips :

  1. Usahakan mengaduk adonan mempergunakan spatula atau sendok kayu, apabila harus menggunakan tangan, di usahakan mengaduk secukupnya saja, karena suhu panas ditangan dapat membuat adonan matang dan lemak meleleh, sehingga hasil kuker akan keras dan tidak gurih.
  2. Adonan di diamkan dulu 15 menit supaya bahan tercampur sempurna sehingga mudah membentuknya.

Selamat mencoba ya…

Posted on 5 September 2007, in Kue Kering. Bookmark the permalink. 35 Komentar.

  1. Halo Mihael, tq sudah buka blog saya?
    komentar anda membuat saya langsung tersenyum begitu membuka blog. Lapar! saya berharap dengan kata-kata lapar anda jadi berniat membeli produk saya. salam

  2. mbak, pake keju cheddar rasanya tetep enak kan ??

  3. halo mbak erna, tq dah buka blog aku.

    iya mbak, cukup pake keju cheddar aja, aku juga pake keju cheddar koq, oh ya kraf keluarkan keju edam dengan harga sangat terjangkau loh, aku sudah coba pakai, ok untuk segala macam kue kering. salam

  4. mbak, tq for reply, kraft keluarin edam ??, beli dimana nih ?? wass erna

  5. Ass.wr.wb..

    Hi mba, seneng deh baca2 resep mba. trus pertanyaan2 dari rekan2 dan jawaban2 dari mba berguna banget buat saya. itung2 kursus gratis hehehe..kebetulan saya lagi cari resep buat kaastengel. soalnya resep saya yg lama bosen , mba…
    ada lagi resep kuker yang berbahan dasar keju selain kaastengel ga mba? soalnya saya suka banget sama yang namanya “keju” hehehe…
    trus satu lagi kalo boleh, sya minta resep kuker (yang dicetak pake sendok aja ) yang topingnya tu macam2 kayak pake corn flakes,kismis,mete,ceri kering dll.
    maaf ya mba, terlalu banyak request nih saya.
    terima kasih banyak ya mba, ilmu-nya…
    ayo maju terus mba…kan qta2 juga jadi kebagian ilmu-nya.

    Wassalam

  6. Halo mbak, maaf berat, bukan kraft yg keluarkan tapi dari cheesy.

    kalo di bogor beberapa tempat yang jual bahan kue sudah sediakan cheesy yg edam, kemasan warna merah dengan tulisan rasa keju edam.
    harga di bogor Rp.12.000 per 200 gr. sayangnya belum ada yg langsung 2 kg jadi mesti beli berpak2 ( soale beli kiloan dengan yg kotak kecil lumayan selisih harganya).
    Kalo di bogor aku beli di toko bahan kue Yoek.
    Mbak erna tinggal dimana? salam

  7. makasih mbak, kalo chessy ada mbak yang langsung 2 kg, or mbak hubungi langsung salesnya aja, btw pake butternya apa mbak ??, secara wysman harganya gak kuku….., wass, erna

  8. alo, o ya chessy yg edam sudah keluar yg langsung 2kg? waktu aku tanya yoek belum ada? ada referensi sales chessy ga? mau dong kalo ada no telp-nya.
    Aku pake anchor, kan sekarang dah ada yg langsung campuran, butter ama margarine, aku rasa kalo di jakarta toko bahan kue yg besar seperti titan yg di fatmawati,mira yg di hasyim ashari (tanah abang) ada deh. Untuk margarine juga ada yang sudah beraroma susu dan vanila jadi kita ga usah pake susu en vanili lagi, kalo ga salah namanya margarita. Aku dah coba, rasanya ok.

    Tapi terkadang ada pembeli yg minta pakai wysman semua, ya aku buatkan, asal berani harganya aja he he he he. salam

  9. halo mbak nira, tq banget dah buka blog aku.
    mbak, semua resep yg aku tampilkan bisa mbak beri tambahan keju, hasilnya enak banget,

    untuk kuker yg disendokin, pake resep nastar aku aja mbak, kurangi terigunya 50 gr,jika mau di beri buah kering boleh, masukkan saja campuran sukade warna merah & hijau + kismis +manisan jeruk kira2 100 gr, kalo mau di beri keju boleh, parutkan keju 100 gr ke adonan sebelum di beri terigu ya supaya lebih tercampur rata.

    Atau adonan nastar tadi di campur dengan 100 gr dark chocolate dari colata atau tulip (dilelehkan dulu ya), dan 50 gr coklat chip , ini juga di sendok untuk cetakannnya. nah setelah matang , dinginkan dulu terus diberi topping white coklat yg di lelehkan, masukkan ke dalam plastik segitiga, beri lubang sedikit saja buat garis zig zag diatas kue coklat tadi, hasilnya cantik loh.

    oke mbak nira, selamat mencoba. salam

  10. tar ya mbak des, aku coba cariin chessy itu satu prusahaan sama corman, btw mbak kalo bikin kukis dalemnya suka agak basah apa karena diulenin pake tangan ya ??, jadi pake bakermix yang keluaran anchor mbak ??,
    wass erna

  11. halo mb, kukis dalemnya agak susah ada beberapa kemungkinan deh:
    1. kukis terlalu besar
    2. api oven terlalu besar sehingga kukis dari luar tampak sudah matang tetapi di dalamnya belum, aku biasa pake panas 150 derajat aja u kukis, u cake pake 180 derajat.
    sepertinya kalo karena di adoni dengan tangan nggak ya, yang aku tahu kalo kukis diadoni pake tangan cukup lama, hasil kukis akan keras karena suhu tangan mempengaruhi adonan.

    o ya bener, aku pake bakermix yang anchor, a blueband + wysman, untuk yg kukis murah aku pake margarine alibaba, a menara a amanda. yang kukis menengah aku pake mother choice, simas a palbm.

    td aku buka web mb loh, wah ternyata dah buka kursus ya, kapan2 kita kumpul2 yok latihan bareng.

    Penawaran ini berlaku untuk semua rekan loh sekalian silaturahim. wass

  12. aduhhh seneng banget mbak Desi, iya Insya Allah kapan-kapan ketemuan ya……..,

  13. halo mbak ,thx bgt ya udah kasi aku ide2 buat kuker yang pake cetakan sendok. baru tau, ternyata dari satu resep bisa jadi beberapa resep ya, wahhh…jadi pgn cepet2 bikin kue-nya nih :)
    sekali lagi thx bgt ya mba…

    Wassalam

  14. halo mbak nira, iya ayo cepat2 dicoba ya, halo halo hasilnya ya. salam

  15. halo mbak erna, sudah mulai produksi untuk pesanan dong. selamat kerja ya. abis lebaran kopdar kita realisasikan ya? salam

  16. mbdef klo mau pesen kue mba d mana ya…aku dr bge ja nih

  17. Mbak Def…

    aku pernah nyoba kastengels tapi resep orang lain, hasilnya kastangelnya kalau di pegang rapuh banget, ambyar. Trus kenapa ya olesan kuningtelurnya setelah kue matang kadang lepas sendiri?

  18. halo ek, aku di Vila Bogor Indah, dari talang bisa dari POMAD lebih dekat.

  19. mb def aku bikin kastengel rasanya sih kata suami ku udh ok bgt….tapi terlalu empuk jd gampang hancur gitu…mb gimana ya biar kuker gak gampang hancur gak?aku ngocok menteganya sebentar bgt takut jd nya mbeleber gitu mb…apa karna terlalu cepet ya pada saat ngocok menteganya?tq ya mb…

  20. halo mbak eka, kastengel memang rapuh sekali karena tdk ada gula yg dimasukkan sebagai campuran, supaya tdk terlalu rapuh coba tambahkan 50gr tepung terigu dan diamkan adonan 20 menit sebelum dibentuk. coba lagi ya mbak, salam

  21. mb def kalo untuk manggang kuker terutama kastengel brp derajat n brp menit ya yg pas….?aq soalnya pake open listrik…pake api atas/bawah dulu ya?aku ko kalo manggang gak pernah pas ya..kadang kegosongan kadang masih agak putih gak pernah pas deh pokonya!!!!tq ya mb sori nanya melulu…

  22. halo mb eka, wah temenku yg satu ini pantang nyerah euy, seneng banget liatnya ayo mbak eka maju terus kita taklukan kastengel ya? duh ga papa nanya terus , aq seneng koq. untuk kuker aku biasa pake 150 derajat c, untuk open listrik pake api atas bawah langsung boleh loyang ditaruh dibagian tengah ya, kalo pake api bawah aja loyang diletakkan dibagin bawah setelah kelihatan bagian bawah sudah coklat, pindahkan ke bagian atas, kalo aq lagi pake open listrik biasanya pake api atas bawah,
    coba lagi ya, salam

  23. assalamu’alaikum
    mbak, klo resep yg campuran mentega dan margarin itu diganti margarin semua rasanya jadi gimana mbak?
    Ada yg bilang klo loyang dioles margarin jd cepet gosong kuenya, solusinya gmn?
    Aku baca koment2 di “sajian lebaran”, hampir sejam, salut deh dengan kesabaran hati mbak menanggapi “ocehan” orang kurang adab gt

  24. assa;amu’alaikum wrwb.salam kenal ummufaris senang ummu berkenan mampir ke blog aku, aku coba jawab satu-satu ya?
    resep diatas boleh pakai margarine semua, biay lebih ekonomis tapi rasa memang lebih enak kalo pake butter, untuk mendekati rasa butternya susu bubuk agak ditambahkan saja.
    Loyang dioles margarine biasanya kalo aku buat lidah kucing supaya tidak lengket, tapi untuk kastengel dan yg lain aku tdk pernah mengoles pakai margarine/mentega bahkan aku alas dengan kertas roti, terutama kaastengel pada saat dipanggang justru akan mengeluarkan lemak yg banyak seperti minyak dan berbusa, nah sebaiknya tunggu sampai busa hilang baru kue diangkat biasanya kue sudah dalam keadaan matang dan kering.
    terima kasih ummu atas supportnya, terkadang ada kalanya nggak kuat juga ummu menahannya he he he .
    doakan aku bisa kuat terus ya ummu, namanya berjuang pasti ada kendalanya ya? salam

  25. Nanya lagi ya mbak
    Kalo adonan kuker itu bisa tahan berapa jam nggak dioven ya mbak?
    Mau coba bikin, tapi takutnya tiba2 anakku yg 9bulan ini bangun&gak bisa disambi, jadi terpaksa dipending dulu ngovennya kan?baiknya disimpan di kolkas ato tempat terbuka?
    Oh ya, untuk tambahan susu bubuknya mengurangi jumlah terigu ato tdk?
    Untuk masing2 resep bisa jadi brp gram mbak?
    Makasih, maaf merepotkan.

  26. halo ummu maaf baru dijawab baru kelar selesaikan pesanan snack box untuk besok.
    untuk di udara terbuka 1 malam masih ok aja koq, pernah aku buat adonan malam berhubung sdh sangat ngantuk tak tertahan akhirnya baru besok dikerjakan. dan untuk dilemari pendingin aku masukkan ke tempat tertutup selama 3 hari baru aku olah masih ok juga. setelah dikeluarkan dari kulkas diamkan dulu hingga suhu ruang dan adonan bisa dibentuk kembali.
    saran aku jika membuat adonan sebaiknya satu resep aja dulu.
    ya ummu tambahan susu bubuk sama dengan coklat bubuk, terigu dikurangi.
    untuk resep aku diatas bisa menjadi 3 toples untuk toples ukuran 500 gr, tapi untuk kastengel yg bentuk klasik 2 toples lebih dikit deh soalnya susunan kan rapat sekali ya, kalo bentuknya seperti gambar aku diatas tdk terlalu rapat.
    begitu ya ummu, selamat membuat kue dan sukses selalu ya, salam juga untuk si kecil

  27. Mba, aku dah nyobain resepnya. Enak … makasih utk sharing resepnya ya…

  28. apa kabar bunda alliza, alhandulillah bun jika resep berkenan , salam tuk keluarga,

  29. ass, mbak boleh dong aku copy paste resep ya? makasi sebelumnya. oya margarine ama mentega selain dari bhn yang beda… ciri2 lain apa ya? klo di supermarket ada gak mbak? klo mentega saja hasilnya gimana mbak? makasi..wassalam

  30. ass. wr wb mbak desi mau tnya niih
    kl resep di atas pake margarine smua pake brapa y mbak?
    trus supaya matang nya pas di panggang nya berapa lama y??
    makasii mbak
    wassalam.

  31. asswrwb, mbak Desi mau tanya, kl tepung terigunya diganti maizena 75 gr, apa kastengelnya jd rapuh bgt?.., maksudku spy lbh renyah jd aku ganti maizena itu, trm kasih…sukses selalu…Amin.

  32. asswrwb, mbak Desi kl terigunya aku ganti maizena 75 gr kira2 hsl akhirnya gmn?rapuh bangetkah?trima kasih….

  33. Makasih resepnya, tadi pagi setelah makan sahur, saya coba buat, dan panggangan pertama, gosong..hehehe.. krn oven tangkring, dan udah lama ga dipake, jd perlu penyesuaian, tp loyang2 berikutnya, sukses sih, cuma belum ngerasain krn puasa, semoga enak ya.. btw, butternya yg dipake unsalted apa salted ya? krn bingung, jdnya saya campur

  34. Wah kayaknya enak banget ya
    Pengen deh nyoba

    Salam
    Soes Merdeka Bakery
    Menjual Snack Box di Bali

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 386 pengikut lainnya.

