Cake Ketan Hitam

Cake Ketan HitamKalo lagi buat kue ini, ingat 2 prajurit dan sang komandan di rumah, juga sang nenek, begitu keluar dari kukusan nggak berapa lama pasti dah abis deh kuenya. Apalagi si kecil Qila, walaupun makannya dicuil-cuil tapi sepotong besar juga abis. Cake ketan hitam ini buatnya mudah loh karena nggak mesti ditimbang dulu bahan-bahannya, cukup pake gelas belimbing sebagai ukuran, Qila saja sudah mulai mahir membuatnya. Setiap kali bahan mulai disiapkan dia langsung mendekat dan mulai deh celotehnya. Ibu mau buat kue ketan hitam ya? Qila yang siapin bahannya ya.

Dengan gesit dia lari ke lemari kaca tempat gelas belimbing disimpan, tidak berapa lama dia sudah mulai memasukkan gula ke gelas kemudian disisihkan, masukkan lagi tepung ketan hitam dan terigu disisihkan, kemudian dia berlari ketempat telur dan dia mulai dengan pertanyaan-pertanyaan, telurnya enam kan bu, dipecahkan semua kan? Tidak dipisah putih dan kuningnya kan, soalnya Qila belum bisa pisahkannnya, terus dimasukkan ke mixer ya bu? Oh ya yang kuning-kuningnya mana ya bu? Maksud dia SP (itu loh bahan pengembang dan pelembut kue), dan yang sering membuat seisi rumah tertawa dia suka makan sisa adonan yang masih tertinggal di bowl, dengan malu-malu dia ambil sendok atau spatula, dia kumpulkan adonan di bagian pinggir bowl trus dia makan deh, kalo dilirik sang komandan dia senyum-senyum malu.

Oke kita mulai aja ya buat cakenya…

Resep 1

Bahan yang dibutuhkan :

  • Telur: 6 butir
  • Gula pasir: 1 gelas belimbing
  • Tepung ketan hitam: 1 ½ gelas belimbing (jangan dipadatkan)
  • Tepung terigu protein rendah: 1 gelas belimbing ( jangan dipadatkan)
  • Susu full cream: ½ gelas belimbing ( jangan dipadatkan)
  • SP: 1 sdt
  • Vanili: 1 bungkus kecil
  • Minyak sayur: ½ gelas belimbing

Resep 2 :

  • bahan yang lain sama, pemakaian tepung saja, semua memakai tepung ketan hitam 2.5 gelas belimbing, tapi pengukusan menjadi lebih lama +/- 50 menit.

Cara membuat:

  • Kocok telur, gula pasir dan SP sampai mengembang dan kental
  • Campur tepung ketan hitam, terigu, susu dan vanili, masukkan secara bertahap ke adonan telur, aduk rata dengan spatula, bisa juga dengan mixer spit rendah.
  • Masukkan minyak sayur, aduk rata.
  • Masukkan setengah adonan ke dalam Loyang bulat diameter 18 yang telah dipanaskan di dalam kukusan (alasi Loyang dengan plastik). Kukus selama 10 menit.
  • Masukkan sisa adonan, kukus hingga matang. ( kurang lebih 40 menit dengan api sedang).

Penyelesaian :

  1. Angkat cake yang telah matang, keluarkan dari cetakan. Dalam keadaan masih hangat olesi bagian atas cake dengan selai blueberry kemudian taburi keju parut.
  2. Angkat cake yang telah matang, keluarkan dari cetakan, dinginkan. Panaskan 200 gr white cokelat hingga meleleh, campur dengan 50 Gr selai bluberry kemudian siramkan ke bagian atas cake hingga tertutup , dinginkan. Rasa manis dari cake bercampur dengan selai bluberry yang agak asam dan white cokelat yang manis gurih membuat rasa cake ini unik.
  3. Dapat didekorasi seperti black forest lho.

Kalo ada yang berminat pesan juga boleh, harga tergantung besarnya kue dan dekorasi yang diinginkan, kalo klasik aja tanpa dekorasi dengan ukuran loyang bulat diameter 18 aku jual Rp. 40.000,- per Loyang , Loyang bulat diameter 20 aku jual Rp. 55.000,- per loyang.

About these ads

Posted on 24 Januari 2007, in Cake. Bookmark the permalink. 158 Komentar.

  1. wa..enak niy..sama gak sih mbak cake ketan hitam ini dengan bolu kukus ketan ketan hitam?
    trims ya resepnya, ntar aku coba ya, tapi disini susah lho dapetin tepung ketan hitamnya..kalo beras ketan hitam ada, bisa gak dipake, trus numbuk sendiri? trims ya mbak atas jawabannya..

  2. hallo rara makasih dah buka blog aku ya? oh iya kalo kesulitan cari tepung ketan hitam, bisa buat sendiri seperti kita buat tepung beras aja, ketan hitamnya direndam dulu kira-kira 1 jam deh terus ditumbuk sampai halus, dah gitu dijemur sampe kering, baru diayak supaya dapat tepung ketan yang halus.Rara tinggal dimana? kalo aku di bogor tepung ketan hitam banyak ada di Pasar anyar, juga ada di swalayan grand, juga ditoko bahan kue yoek. oke selamat mencoba ya, ntar kabari aku hasilnya. salam

  3. haloo mbak aku tinggal di Gorontalo tepatnya di kabupaten pohuwato..ngikut tugas suami disini,tadinya aku di jakarta udah 3 bulan lho disini..wuih..jauh bangget khan. iya udah 3 hari ini aku suruh asistenku numbuk beras ketan hitamnya,,ampe seisi rumah berantakan karena serpihan2 berasnya, tapi dibela2in demi mencoba resep dari mbak, abiez penasaran banget sih..resepnya kayanya gampang karena ada takarannya pake gelas, maklum aku kan gak punya timbangan, jadi pengennya cara2 yang mudah dan praktis aja, ohya mbak aku gak punya gelas belimbing (hiks) boleh gak pake gelas biasa aja??
    truz alasi loyang dengan plastik, plastiknya plastik apa ya mbak..kalo plastik bukannya nanti takut meleleh kena loyangnya yang panas truz kalo gak diolesi plastik gmana mbak apa nanti kuenya lengket dan susah dikeluarin dari loyangnya?(maklum baru pemula bikin kue jadinya cerewet, maaf ya mbak..)^v^ soalnya suamiku bulan depan ultah, jadi pengen kasih surprise buatin kue ketan hitam ini buat dia..thanks ya mbak, salam sama Qila..

  4. ha,ha,ha salut euy dengan usaha kerasnya, wah kalo dekat aku dateng ke rumah mbak rara, praktek bareng deh.
    aku jawab atu-atu pertanyaan mbak rara ya?
    gelas belimbing setara sama gelas minum biasa atau aqua gelas juga boleh, kalo pake aqua gelas agak penuhan ya isinya.
    Plastik apa aja mbak, kalo dikukus ga akan meleleh kecuali kena api langsung atau oven, pake plastik bekas beli gula yg 1kg jg bisa.Bener sekali, plastik gunanya supaya pada saat kue dikeluarkan dari loyang mudah.
    oh ya, untuk kue ultah suami, aku beri tambahan ya? kalo dipasar mbak rara ketemu yang namanya mentega putih kalo ga ada margarine biasa juga bolehlah, beli aja 1/4 kg terus campur dengan susu kental manis 1/2 kaleng, dimixer sampe lembut. nah campuran itu bisa dioles di seluruh permukaan kue, terus beli coklat blok apa aja deh boleh silver queen atau cadburry ,yg plain ya (maksudnya ga ada isinya kacang atau buah) dipotong tipis tempel deh di bagian samping kue,untuk bagian permukaan bisa diparutkan keju atau coklat, dah gitu sisa butter cream tadi masukkan plastik/masukkan kertas buat seperti contong kacang, gunting ujungnya, buat bulatan melingkar searah jarum jam, buat 5 atau 6 bulatan terus taruh manisan cery diatasnya ( dibuat seperti black forest ) kalo ceri ga ada anggur yang merah juga bisa, atau jeruk dikupas juga boleh, kuenya tambah cantik deh. aku doakan dari jauh moga berhasil ya. Salam kembali dari qila. Oh ya aku punya saudara juga digorontalo, suami adikku orang tuanya dikota gorontalo, alamatnya aku ga hapal nanti aku tanya adikkku ya. Jika memungkinkan bisa mampir2 , wah kue2 buatan mereka enak-enak banget, kan bisa minta resep he he he.
    Besok aku mau ikut lomba hias kue tart di giant bogor, sudah ikut 2 x alhamdulilah dapat juara satu , besok ikut yg ke-3 x, doakan menang juga ya?.
    Mbak rara, resep2 yang ada di blog aku bisa dicoba semua, untuk cake jika tdk ada timbangan bisa pake ukuran gelas dan sendok makan.
    Untuk tepung satu gelas itu setara 100 gr
    untuk gula 1 gelas setara 150 gr.
    Untuk mentega/margarine, dicairkan dulu baru dimasukkan ke gelas, 1/2 gelas margarine cair setara 100 ml. Selamat mencoba yang mbak.
    Salam untuk suami.Oh ya, suami tugas dimana?
    Suami aku kerja di BPPT jadi peneliti, sebagai peneliti selalu melanglang buana ke daerah2, next time dia ke gorontalo aku titipkan tepung ketan hitam untuk mbak rara ya? ok deh ampe sini dulu ya.

  5. makasih banyak ya mbak..duh seneng deh langsung dijawab semua pertanyaan ku ( ^v^ ), aku tinggal di kabupaten pohuwato mbak..dari kota gorontalonya sekitar 3,5 jam..hiks jauh bangget khan..suamiku PNS yang ditugaskan di KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) Dept.Keuangan di kota Marisa, Pohuwato.dia ulang tahun tanggal 16 juni nanti, tapi tepung ketan hitamnya udah aku suruh giling sama asistenku dari minggu2 kemarin lho..kira2 tuh tepung ketan masih bagus gak ya mbak?
    aku nyimpannya di kantong plastik trus diikat sama karet..hihihi abis gak ada yang jual disini mbak, jadi nanti kalo aku sukses praktek buat cake ketan hitamnya dan pengen buat lagi, ya mesti numbuk lagi..hehehe (berjuang trus pantang menyerah oy, demi mendapatkan ke yang enak !!!!) soalnya disini jarang ada kue2 yang enak gitu mbak, mo beli kue semacam tart, black forest dll juga gak ada yang jual, paling kue2 sederhana aja)
    ohya mbak, aku sekarang buka katering lho di tempat kerja suami, untuk teman2 sekantornya lumayan lah untuk mengisi waktu dan menyalurkan hobi memasak lagian juga bisa mempraktekkan resep2 yang didapat dari para milis, hehuhehe
    ohya aku doakan deh semoga mbak menang juara 1 lomba hias kue tart di giant bogor,kan ntar bisa bagi2 resepnya sama aku hehehhe
    mmm..suami mbak kapan tugas ke gorontalo? salam untuk suami ya mbak..semoga mbak makin sukses dan usaha kuenya semakin maju (amien)

  6. ohya mbak maaf ketinggalan niy, aku mo tanya;
    1.harus pakai tepung terigu protein rendah ya mbak? kalo tepung terigunya dari tepung terigu biasa aja yang dijual di warung2 gitu gmana mbak? apa berpengaruh terhadap hasil kue nya? soalnya disini adanya tepung terigu kiloan yang diplastikin dan dijual di warung2 atau pasar2..
    2. dirumah aku belum punya mixer, adanya spatula bisa kan mbak buat ngocok bahan2nya pake spatula aja?
    3. trus minyak sayur nya itu pake minyak goreng ya mbak? kalo pake mentega gimana mbak? hihihi komplit bgt ya pertanyaannya, abis takut gagal bikin kue nya niy mbak.. ^u^ trims ya mbak defidi atas jawabannya..

  7. halo ra, maaf ya baru balas, 3 hari begadang selesaikan pesanan catering. O ya aku juga memberikan pelayanan catering dengan nama aquna catering. wah suami kita ultah dibulan yang sama ya, biasanya aku buat tumpengan,
    Ra, tepung ketan hitamnya di sangrai aja supaya lebih tahan lama, juga kalo mau buat kue kering sebaiknya tepung terigu atau sagu disangrai juga, kuenya jadi tahan lama.

    untuk tepung terigu boleh2 saja pakai yang dijual kiloan, umumnya itu terigu protein sedang. Atau pakai tepung ketan hitam semua lebih enak koq cuma agak lebih lama mengukusnya, kira2 tambahkan 10 atau 15 menit deh waktu mengukusnya. Aku kombinasi pakai tepung terigu untuk meminimalkan biaya supaya harga jual tidak terlalu mahal, soalnya tepung ketan hitam agak mahal he he he.

    Untuk mengocok kalo tdk ada mixer pakai kocokan kawat aja( yang bentuknya spiral)kayaknya di pasar2 tradisional banyak deh jualannnya, umunya dijual ditoko perabotan.

    iya ra, minyak sayur pake minyak goreng aja tapi jangan yang bekas goreng ikan yaaaaaaa he he he, sebaiknya jangan mentega deh.

    ra, kalo di tempat rara belum ada yang jual tart, itu peluang bagus loh untuk bisnis, rara mulai aja buat tart yang sederhana, bisa pake resep lapis surabaya yang ada di blog aku atau nanti aku kasih resep black forest yang ekonomis jadi bisa jual dengan harga yang terjangkau. Kalo bahan aku rasa digorontalo ada, sebentar lagi mau puasa loh saat yang bagus jualan kue kering, diblog aku ada beberapa resep kue kering untuk jualan, rencana akan aku lengkapi resep kue keringnya soalnya para pembaca milis aku banyak yang dah marah2 minta resepnya hik hik hik. ok ra ampe sini dulu ya, salam

  8. wah..makasih banyak ya mbak atas saran2 dan penjelasannya..kalo nama cateringku ya diambil dari nama aku rara’s catering hehuhehe..kecil2an siy mbak paling cuma 13 orang untuk temen2 suami yang pada lagi dinas disini, soalnya istri mereka kebanyakan pada gak ikut kesini dikarenakan anak2nya udah pada gede, sedangkan aku baru merit jadi belum dikaruniakan anak, doain ya mbak segera mendapatkan momongan (jadi curhat niy)kalo mbak defi sendiri kelahiran tahun berapa dan putra nya ada berapa banyak? qila anak pertama ya..

    ohya mbak punya gak resep2 kue yang dikukus selain cake ketan hitam ini, soalnya aku belum punya oven, maklum baru 4 bulan disini..he..he..he.
    ok deh ampe sini dulu ya mbak, trims banget niy..
    salam

  9. mbaaak desiii…aku dah coba buat cake ketan hitamnya..hasilnya…
    GATOT alias gagal total..hiks..hiks..hiks..tadi aku iseng2 gak sabar nunggu buatnya pas ultah suami jadi bahan yang ada dikulkas aja seperti telur cuma ada 4 biji aku pake, so kuenya jadi bantet dan gak lembut..tapi semua bahan komplit kok kecuali telur yang kurang 2 itu, aku ngukurnya pake gelas Aqua. kok hasil kue nya sedikit ya dan bantet gitu mbak..alias keras gak lembut..

    lagian penampilannya gak sebagus cake ketan hitam yang mbak buat, kelihatannya lembut, mulus dan berwarna hitam.. kalo punyaku warnanya keabua2an aja gak hitam legam,apa karena dicampur dengan tepung terigu, bukan tepung ketan hitam semuanya? lagian rasa ketan hitamnya kurang berasa, berasanya tepung doang..(tapi perbandingannya, aku ngikut resep mbak desi, tepung ketan hitam 1 1/2 gelas, tepung terigu 1 gelas )

    aku dah nyoba yang disaranin sama mbak desi, kalo sebelum dimasak ketan hitamnya disangrai dulu, biar nanti kuenya awet, tapi kok hasil sangrainya malah bikin tepung ketan hitamnya menggumpal, grunjel2 gitu..

    trus aku mo tanya, tadi itu aku pake susu bubuk dancow yang full cream, bisa kan mbak? susunya susu bubuk yang gak ditambahkan pake air kan?

    wah untung aku nyoba prakteknya sekarang, kalo pas ultah suami..bisa jadi mallu banget..mau buat surprise, malah aku dibikin terkejut oleh hasil si cake ketan itam ini..heuhehehe
    mohon sarannya ya mbak, biar nanti pas ultah suami aku buat kuenya sukses dan enak seperti yang dibuat oleh mbak desi.
    trims.

  10. nyambung lagi ya mbak..tiba2 aku jadi keinget, hasil kuenya yang bantat itu karena apa ya mbak, apa karena mengocok bahan2 nya cuma pake spatula aja, gak pake mixer? sehingga mungkin bahan2nya tidak tercampur dengan rata..

    aku jadi pengen beli mixer niy, ohya mbak desi dirumah mixernya merk apa dan harganya berapa? aku pengen beli niy yang murah meriah aja, untuk basic buat kue..
    trims

  11. mbak desi..kemana aja? lagi nunggu jawabannya niy..lagi sibuk ya.. ^v^

  12. mbak desi..kemana aja? lagi nunggu saran2nya niy..lagi sibuk ya.. ^v^

  13. halo ra, sorry banget lagi kerjain pesanan luch box 3 hari berturut2 ga sempat buka blog. jangan patah semangat,jadi tukang kue kayak kayak peneliti mesti uji coba terus, aku juga masih sering gagal koq ra, apalagi kalo lagi bad mod bagusnya ga masuk dapur, hasil masakan ga maksimal loh.aku coba bantu ya ra.
    untuk bahan coba deh telurnya sesuai resep.
    waktu disangrai tepung menggumpal, mungkin tepung kurang kering, di coba yang tidak disangrai. Soalnya tepung yang aku pakai yang biasa aku beli di toko kue kering dan halus.
    ra, spatula adalah sendok untuk mengaduk adonan kue, ada yang dari plastik ada yang dari karet, jadi untuk mengocok telur rasanya kurang sesuai karena telur tidak dapat mengembang sempurna, kalo ada rencana beli mixer lebih baik, beli saja yang biasa, merk philip atau miyako . Aku punya merk akebono, harganya +/-500 ribu, kalo miyako +/- 200an deh.
    Ra, aku coba kirim tepung ketan hitam dari bogor ya, pake pos kilat khusus mudah2an sampe dalam waktu 3 hari jadi masih keburu untuk ultah suami.
    untuk resep kue kering aku usahakan secepatnya ada di blog, soale menjelang akhir tahun ajaran agak penuh order catering dan kue untuk acara perpisahan disekolah 2.
    jangan sedih ya ra, coba resep yg lain dulu juga boleh sambil nunggu tepung kiriman aku.
    ok ra, salam dari jauh.

  14. ok deh makasih banyak ya mbak, sedikit banyak udah menghibur hehe, tapi kalo dikirim rasanya gak keburu deh mbak aku takut aja nyampenya lebih dari 3 hari soalnya kemaren ibuku ngirim barang dari jakarta pake TIKI yang kilat paling cepet 5 hari, tapi kalo mo buat kuenya setelah ultah suami siy bisa tapi gak surprise lagi hehe..ohya mbak mo tanya kalo tepung ketan hitam yang 1 kilo itu harganya berapa ya, siapa tau ntar kalo mo bikin kue ketan hitam ini lain waktu,
    ini alamatku mbak aku tinggal di depan kantornya suami jd alamat kantor suami aja ya,
    a/n Nanang Arifin; di KPPN Marisa, Jl.Trans Sulawesi No 290. Marisa Kabupaten Pohuwato, Gorontalo 96266
    contact aku di: 0852 16505923
    ok deh trims ya mbak..salam untuk suami, qila&altair.

  15. halo mbak, semoga resep-resepnya semakin gres dan komplit ya, sukses terus!!

  16. aku lagi baru blejar bikin kue nih. trus aku liat resep untuk buak cake ketan hitam.untuk bahan2 yang diperlukan kebanyakan dapat dimengerti en mudah diperoleh. tapi aku mau tanya untuk bahan vanilli di resepnya di bilang pake vanili 1 bungkus, kalo di takar dalam ukuran gram jadi brapa gram ya??
    trus untuk minyak sayur maksudnya minyak apa ya??(tolong jelaskan).apa perbedaannya dengan minyak goreng??

  17. aku lagi baru blajar bikin kue nih. trus aku liat resep untuk buak cake ketan hitam.untuk bahan2 yang diperlukan kebanyakan dapat dimengerti en mudah diperoleh.
    tapi aku mau tanya untuk bahan vanilli di resepnya di bilang pake vanili 1 bungkus, kalo di takar dalam ukuran gram jadi brapa gram ya??
    trus untuk minyak sayur maksudnya minyak apa ya??(tolong jelaskan).
    apa perbedaannya dengan minyak goreng??thank u ya..

  18. halo mbak puspa, terima kasih dah buka blog aku ya.
    untuk vanili 1 bungkus maksudnya 1 bungkus kecil yg kertas itu loh mbak, atau jika beli vanili yang dibotol plastik cukup 1/2 sdt saja.
    bener mbak, minyak sayur sama dengan minyak goreng. selamat mencoba.

  19. Salam kenal ya, mbak… Udah lama aku pengen banget bisa bikin cake ketan hitam. Mbak, resepnya mbak ini kalo buat dipanggang bisa nggak(pake cetakan biasa)? trus tipsnya gimana mbak supaya berhasil? sebab yang aku pernah coba siffon cake ketan hitam tapi hasilnya jauh dari memuaskan (mungkin karena dulu bikin sendiri tepungnya jadi agak basah gitu). tapi sekarang aku dah dapat tepung ketan hitam yang dah siap pakai, makanya pengen banget nyoba resepnya mbak, kayanya enak banget… please dijawab ya, mbak. aku pengen nyoba sabtu besok nih, mumpung libur.makasih sebelumnya, mbak.

  20. halo mbak evi, tq dah buka blog aku. di panggang bisa mbak, minyak di ganti dengan mentega atau margarine yang dicairkan, cairkan dulu baru di masukkan di gelas ya supaya mudah ukur takarannnya,
    tapi menurut aku lebih enak di kukus karena tekstur ketan beda dengan tepung terigu ya.
    Di modifikasi juga boleh, setelah di keluarkan dari kukusan, dinginkan kemudian oleskan selai blue berry/strawberry dan parutan keju diatasnya jadi tambah oke loh rasanya, manisnya cake ketan hitam,di padu gurihnya keju, enakkkkkkkkkkkkk loh.
    salam

  21. Thanks ya, mbak atas sarannya. Ntar kalo aku dah jadi bikin, insya Allah aku kabari deh hasilnya. Mudah2an sih berhasil.

  22. Halo mba Desi Selamat Pagi
    Salam kenal buat Mba.
    Mba Desi, sabtu depan suami aku ultah. Selama beberapa hari ini, aku tuh pusing banget pengen kasih apa yah yang spesial. Mungkin kalau di beli toko banyak dapetnya. Tapi, aku pengen buat sesuatu yang dari tangan aku sendiri. Yah, mungkin suami akan terkejut. Aku ini gak pernah bikin cake. Aku biasanya beli aja. Yah sekalian kejutan buat suamiku kalau aku yang buat cake.

    Mba Desi, aku pengen nanya SP itu apa sih??Aku bingung nyarinya.Nyari di pasar, pada gak ngerti. Aku tinggal di Makassar Mba, ada gak nama lainnya SP.

    Makasih sebelumnya mba

  23. Mbak Yasmin..bukan mbak desi nih..(sibuk kali)

    sp itu sejenis emulsifier mbak…nama lainnya Ovalet, sp28(betul gak ya) dsb.
    CMIIW

  24. hallo mbak yasmin, satu lagi teman dari makasar ya?

    Hallo mbak mai, makasih atas jawabannya.

    Benar mbak yasmin, SP itu salah satu nama bahan untuk pengembang dan pelembut kue
    Kalo dulu untuk membuat cake di buttuhkan banyak kuning telur supaya kue lembut, nah sekarang dengan telur yg sedikit bisa didapatkan kue yang lembut dengan dibantu bahan pengembang dan pelembut kue salah satunya SP ( nama di dunia boga emulsifier).

    Macam- macam namanya mbak, coba tanya di toko bahan kue atau di pasar tradisional yg jual aneka kebutuhan pokok,biasanya ada yg sudah di kemas dalam kemasan mangkuk kecil ( TMB, SP, Ovalet), bentuknya pdat berwarna kuning seperti margarine tapi agak sedikit lengket, ada juga yg jual per ons.
    Atau pasar swalayan, mini market, juga biasanya jual.

    Selamat mencoba, salam

  25. AWW,
    salam kenal, mbak.
    alhmdulillah secara ga sengaja nemu blognya. aku jd pengen nyoba keliatannya yami buanget. aku tinggal di sentul, mo nanya kalo di bogor toko bahan2 kue yang lengkap tapi murah, hehe, dimana ya? satu lagi, kalo boleh aku pengen minta resep cake pisang dong, mbak. suamiku suka banget, tp yg jual jarang. makasih ya mbak. nanti kalo aku punya blog, boleh ya blognya aku link…hehehe..banyak maunya ya…skali lagi..makasih..

  26. aww. halo mb intan, tq sudah buka blog aku ya. dekat dong ya di sentul, aku sering ke arah sentul loh, beberapa kali mengantar pesanan kue ultah, juga ke hypermart dan ke panjang jiwo yg letaknya di depan gumati. wah tempatnya cukup bagus, anak2 bisa berenang juga ada flying fox dan kita bisa mancing.

    di bogor toko bahan kue yang lengkap banyak mbak.
    Grand swalayan & ngesti yg di jl.suryakencana, juga ngesti yg di baranangsiang.
    Toko yoek, di belakang Hotel salak.
    Aneka loyang dan Expo di pasar anyar.

    Mbak di tampilan aku ada resep roll cake kan? nah resep itu bisa dipakai untuk cake pisang, tambahkan 150 gr pisang ambon yg di haluskan, 1 sdt bumbu spekuk, dan 75 gr terigu.

    Hasilnya cake pisang dengan tekstur yg lembut tapi padat.
    Jika menginginkan cake pisang dengan tekstur agak berongga, lakukan pengocokan seperti biasa.
    Gula pasir, telur dan SP di kock hingga mengembang dan kental, masukkan terigu yg telah dicampur (susu bubuk dan bumbu spekuk) dan pisang yg telah dihaluskan secara bergantian, aduk rata.
    terakhir masukkan margarine/mentega yg telah di lelehkan.
    Oven dengan suhu 170 derajat celcius hingga matang.

    Mau link blog aku, silahkan saja mbak. terima kasih loh . salam

  27. aww mb…
    aku dah nyobain resep ini loh.. enak…tapi kok ga sehitam foto mbak desi? yg di foto itu pake ketan hitam semua ato dicampur terigu? gelas belimbing setara dengan brapa ml ya mbak? thanks…

  28. halo mbak ira, sehat selalu ya.
    Yg di Foto aku pake tepung ketan hitam semua, tepung ketan hitamnya buat ato beli yg sdh jadi di toko bahan kue mbak?

    Biasanya aku campur terigu jika ada yg memesan minta harga yg lebih murah, karena saat ini harga tepung ketan hitam masih lumayan tinggi ya?

    mbak, 1 gelas belimbing setara 100-125 gr, umumnya kalo terigu 100 gr, tapi kalo tepung ketan hitam agak lebih berat ya sekitar 125 gr lah.

    ayo dicoba buat lagi ya mbak, salam

  29. makasih doanya mbak..
    tp ketan htmnya beli di yoeks. iya nih… insya Alloh pengen bikin lagi. emang enak ya mbak kalo dikasih bluberry n keju… thnks resep2nya ya mbak…
    oya mbak.. udah pernah bikin martabak manis belum? punya resep yang enak?

  30. aww. halo mbak ira pa kabar, moga sehat selalu ya.

    bener aku beli tpng kh di yoek atau di grand kalo lagi ke arah surken.

    untuk martabak pernah beberapa kali pingin nyobain tapi belum beli cetakannnya, terus nyoba yg mini koq seperti bukan martabak ya kata anakku seperti crepes he he he he

    Insa Allah dikumpulan resep aku sepertinya ada deh, aku cari dulu ya, kalo dah ketemu aku kirim. salam

  31. mb kalo ngak pake terigu perbandingannya gimana?…klo d resep mb di atas kan tepung ketan 11/2 n tepung terigu 1 gelas belimbing…nah klo pake tepung ketan semua tepung terigu di ganti 1 gelas tepung ketan hitam gitu ya mb?…

  32. halo mbak eka, pa kabar? sehat selalu ya.
    bener mbak, tepung terigu uh satu gelas ganti aman tepung ketan satu gelas juga, cuma mengukusnya jadi lebih lama ya. bagusnya masukkan setengah adonan dulu ke loyang, kukus 15 menit baru masukkan sisa adonan . selamat mencoba ya. salam

  33. mb def aku udah coba resep ketan item nya…n udah sesuai resep yg mb kasih..tapi ko rasanya kayak pasir2 gitu gak enak deh n ko gak ngembang ya?…memeng aku gak pake SP tp pake beking powder,makanya jd beda ya mb? abis aku lupa beli SP nya sih…..rasanya ko aneh gitu ya berasa kaya tepung beras belom mateng…..padahal aku ngukusnya udah lama banget lo mb hampir 2 jam gitu deh….kenapa ya mb?……

  34. padahal aku ud beli tepung ketan hitam banyak lg mb….so yakin pasti bisa….kalo ud gagal gitu jd males lg deh…

  35. aww. haloooooooooooo mbak eka, wah jangan ngambek gitu dong, katanya mau jadi pedagang kue mesti sabar mbak, kalo mbak eka-nya ngambek kuenya jadi ngambek juga tambah ga mau ngembang loh.

    coba pake SP deh soalnya sifat SP ama BP beda mbak, BP untuk mengembang saja kalo SP selain mengembang juga membuat tekstur kue jadi lembut.

    Coba lagi ya sesuai resep, mbak tati di bali dan beberapa temen lainnya dah berhasil loh.
    selamat mencoba semoga sesuai harapan. salam

  36. assalamu’alaikum. bu def. saya ngak sengaja menemukan blog ini. nyari resep cake ketan hitam. pas bangat seperti yang aku mau.

    izin bu def, nyalin resepnya yah. semoga aja cake buatanku berhasil nich. mau nyoba dulu.

  37. aww. salam kenal mbak esi, silahkan mbak resepnya di coba, halo halo kalo dah jadi ya? salam

  38. asslmkm.
    sulit di lukiskan rasanya setelah kuenya sempurna. senang, bahagia. rasanya juga enak. terngiang-ngiang deh rasa enaknya.

    aku bisa banyak mengerti karena dari orang yang duluan subbmit comment di sini. terimakasih ya semuanya. terutama sama ibu defini. yang begitu baik membagi ilmu dan pengalamannya.

    satu lagi pengalaman, kuenya lebih enak lagi kalau dimakan rame-rame dan langsung habis. kalau sudah lewat 4 hari rasanya kok beda ya bu defi, dan kalau abis dimakan ada rasa asam di lidah itu karena apa ya? kupikir2 lagi apa karena sp nya ku masukkan semua (ukuran cup smal). dan akhir-akhir ini perutku maagnya emang lagi kumat. jadi makan itu perutku juga rada bertingkah. mungkin ibu ada jawabannya.

    apa karena ketannya memang ngak bisa buat orang maag? kalau aku ganti tepung beras bagaimana ya? wah pertanyaannya banyak bangat merepotin ibu. terima kasih banyak sebelumnya ya. wassalm

  39. apa kabar mbak esi, senang sekali mendengar berita tentang kuenya, untuk pertanyaan mbak, aku coba jawab satu persatu ya?

    Untuk jangka waktu yang lama, sampai 4 hari sebaiknya cake dimasukkan ke lemari pendingin saja bu, pada saat ingin dimakan, dikukus saja kembali.

    Habis dimakan menimbulkan rasa asam maksudnya pada saat kue baru dimasak atau kue yg sdh 4 hari mbak? kalo kue yg sdh 4 hari kemungkinan asam bisa saja, karena cake mengandung susu kan?

    Untuk jenis ketan mungkin saja tidak begitu baik untuk penderita maag yg lagi kumat ya, banyak yg bilang ketan tajam, mudah-mudahan bukan karena cake nya ya mbak, aku juga ada maag dan akhir2 ini jarang kumat dengan pola makan yg teratur dan konsumsi beberapa herbal, kalo khawatir minum temulawak menambah napsu makan, bisa dengan temu mangga atau pernah aku baca di buku kesehatan dgn konsumsi labu kuning ( waluh) ambil yg kecil saja, tanpa dipotong rebus dengan gula jawa kemudian labu di konsumsi, mudah-mudahan maag jarang kambuh lagi.

    Untuk penggunaan sp, memang sebaiknya sesuai resep ya mbak, terlalu banyak juga kurang baik.

    Untuk di ganti tepung beras, aku belum pernah coba, tapi jika ingin dicoba silahkan saja mbak, mudah-mudahan malah dapat resep baru ya? hasilnya halo halo aku ya mbak? salam

  40. mba, maaf br bs say thx skrg, pdhl bikin kuenya dr sblm lebaran, dan udah bikin berkali2, udah bikin buat arisan n kirim2 k org…hehe…semua pd suka..n terheran2…kok bs aq bikin kue..hehe..jdnya pengen bikin terus kalo bnyk yg muji…hwakakak…makasih banget y mbak…

  41. halo mbak intan, wah senenggggggggggg banget denger ceritanya, ayo mbak dibuat bisnis kecil-kecilan, buat sample kecil-kecil aja, kirim ke kantor suami atau kantor teman2, ato satu loyang bagi empat, masukkan kemasan kotak ukuran kecil, beri selain blueberry taburi keju, jadi tampak mukanya cantik waktu dilihat pembeli, insa Allah pada pesan berikutnya deh. Marketing aku di kantor suami , office girlnya loh, wah jualannya pintar, aku beri komisi 15 sd 20%, jadi kita ga mesti bolak-balik ke kantor2, cukup mereka saja yg confirm ke kita, kan mereka juga sdh ber Hp semua jadi komunikasi ga ada kendala. Seneng loh mbak bisa jualan, bukan uangnya saja tapi kepuasan batin bahwa kita produktif. salam dan selamat berkreasi.

  42. terimakasih tip makanan sehat buat maag. nanti aku cari labu kuningnya, tapi kayaknya lagi jarang ada sekarang.
    emang nich aku rada kurang nafsu makan. udah gitu makannya ngak teratur. kadang kalo udah capek bangat sama pekerjaan makannya udah malas. kalo makan juga menunya tidak bersahabat buat maag. kalo masak bingung gitu mau masak apa menunya itu-itu melulu. pengennya yang alami. bukan goreng-gorengan. makanya aku antisipasi dengan ngemil kue.

    aku makasih bangat ada resep yang simpel kayak gini and rasanya enak. aku udah nyoba resep dari tepung beras lalu aku kasih warna pasta rasa pandan. enak juga. kemudian setelah habis aku coba lagi rasa kopi. enak juga buat konsumsi sendiri, bagi yang mau jualan bentuknya kurang menarik kali ya, mungkin ibu punya cara biar topingnya tidak seperti jalan yang belum diaspal. karena bergelombang kayak bukit barisan.

    sekarang mau nyoba kue tar and maducilnya resep ibu defi. nanti kalo udah jadi aku kabarin lagi ya. salam erat persahabatan.

  43. halo mbak, makasih tadi sudah telpon ke aq. maaf ya kalo melalui blog ini jawabannya agak lama.

    Nah senang loh aku dengernya, dengan inofatif sendiri jadi punya resep sendiri kan? mula2 untuk konsumsi sendiri itu udah ok banget yg penting usahanya itu loh. tinggal penampilan karena mau di jual, mungkin ini bisa membantu.

    tutup kukusan mesti dilapisi kain jika bentuknya tidak kerucut, supaya air tidak menetes ke kue.
    coba mengukus sebagian-sebagian maksudnya, panaskan loyang dalam kukusan, setelah panas masukkan sepertiga bagian adonan, kukus hingga cukup keras, masukkan lagi 1/3 adonan, kukus lagi, terakhir masukkan semua adonan, kukus hingga matang, mudah-mudahan hasilnya rata ya?
    mengukus sebaiknya dengan api yg cukup besar ya mbak.

    Oh ya, yg mbak tanyakan tadi mengenai cake wortel, jika sesuai resep mudah-mudahan langunya wortel tidak terasa, apalagi jika pakai wortel yg import, selain tampilan lebih menarik juga tidak se-langu wortel biasa. Untuk madu bisa pakai madurasa yg rasa jeruk, akan lebih mengurangi langu-nya wortel.

    Mbak esi lebih suka kue yg dikukus ya?
    silahkan dicoba lagi ya mbak, halo-halo aku hasilnya. salam

  44. Des,.. apa sih penyebab dari kue yang kalau dah jadi, suka keriput + bergelombang permukaan atasnya..? Tks..

  45. halo mbak..
    lg ngidem kue ketan item, buka2 internet eeh..dapet resep enak niiy..maklum br lulus and nganggur,suka makan tapi gak bakat masak hihi
    mbaak..
    aq dah nyoba buat, tapi hasilny bantet huhu.. aq pikir siy krn kurang lama kocok telurny. kira2 brp lama ya smp mengembang? pake kecepatan sedang atw kecil? klo susuny harus full cream ya? soalnya kmrn aq pake instan. pemula niy mba byk nanya hehe makasih yaaa

  46. Halo mbak rani, pa kabar, tq dah mampir ke blog aq ya. he he he kalo buat kue bakat ga hanya satu2nya modl mbak, yg penting sering2 nyoba pasti cept pintar.
    Mbak, mengocoknya pake spit yg paling cepat ( kecepatan tinggi), untuk waktu antara satu mixer dgn mixer lain berbeda mbak, yg bisa dijadikan patokan jika adonan sdh cukup kental adalah pada saat adonan dijtuhkan ( ambil satu sdm adonan) agak lama jatuhnya. Untuk susu ga masalah yg instan mbak. di coba lagi ya. salam

    untuk mbak emma, kue jika sdh jadi suka keriput ada berbagai sebab mbak, :
    Terllu lama mengocok juga kurang baik
    Kurang terigu juga bisa
    Terlalu banyak bahan pengembang juga bisa.
    Coba buat sesuai resep, oven dipanaskan terlebih dahulu, jika memakain oven yg ada ukuran suhunya sebaiknya pakai 170 derajat saja mbak, jika pakai oven biasa apinya sedang saja, dan sebaiknya jangan terlalu sering dibuka ovennya ya. Insa Allah aku main ke depok kita buat kue sama2 ya mbak. salam

  47. halo mbak aliah, salam kenal juga . Cobain resepnya ya. salam hangat

  48. mba siang saya mau tanya dong resep roti dari tepung ketan hitam,dan kalo ada penjelasan tepung ketan hitamnya juga makasih banyak mba

  49. mas charles, maaf ya saya belum pernah membuat roti dari tepung ketan hitam, karena saya pikir sifat tepungnya beda, untuk roti biasanya disarankan pakai tepung terigu protein tinggi.
    Mungkin mas bisa cari info di detikfood, saya lihat yg mengisi rubriknya salah satu pakar roti bp. Haryanto Makmoer atau bisa cari di blognya mas Budi Sutomo, salah satu pakar kuliner juga.
    terima kasih

  50. Hallo mbak, salam kenal yach
    Aku mo nanya mbak, kalo beras ketan yang habis ditumbuk itu gak dijemur lagi gimana? jadi langsung kita gunakan aja untuk bikin kue. Apa ngaruh ya ama kuenya?
    Thx ya mbak.

  51. halo mbak rani salam kenal, sebelumnya maaf loh aq belum pernah coba beras ketan yg ditumbuk dan langsung digunakan, selama ini aq buat tepung ketan hitamnya sdh jadi tepung yg halus dan kering dan itupun tdk buat , beli yg sdh jadi tepung.
    menurut aku sepertinya mesti dijemur dulu ya mbak, salam

  52. mampir, salam kenal. blognya ok bgt.

  53. halo mas budi, wah suatu kehormatan dikunjungi oleh salah satu pakar kuliner euy, aq tadi ke gramed baru aja beli buku karangan mas budi, sempat baca sebagian di gramed, menarik banget isinya, banyak info2 kuliner dan bisnis yang bagus, makanya langsung aku ambil dan kaburrrrr ke kasir.

  54. mba, mau tanya ^_^ kalo mau pake tepung ketan hitam semuanya berarti 2 1/2 gelas belimbing ya ukurannya? trus ngukusnya di lamakan juga ya, klo untuk ngukus yg pertama kan 10 menit, jadi kira2 di tambah berapa menit lagi ya mba utk kukusan yg pertama dan kedua…

  55. hehhehe…makasiiih ya mba sebelumnya ^_^

  56. halo mb rniesta, bener mbak, tepung jadi 2,5 gelas, ngukusnya agak lamaan, pakai api sedang aja mbak, tesnya pake cara kuno aja, tusukan pake lidi aja kalo dah nggak lengket di lidi berarti sudah matang. salam

  57. ^_^ thks ya mba..

  58. hhehe…mo nanya lagi ni mba, kan banyak resep yg serupa tp ga pakai susu melainkan pake santan, enakan mana si mba? ^_^ makasiii bnyak ni mba..

  59. hai rniesta, menurut aq kalo pake susu bubuk nilai kegagalan lebih kecil karena sifatnya kan padat dan tingkat gurihnya susu full cream sdh standar, sementara santan beda2 tingkat kekentalannya dan sifatnya cair, terkadang menggunakan benda cair dalam adonan cake jika tidak tepat cara menggunakannya bisa membuat adonan turun. Kalo mau coba aku sarankan sich coba pakai santan instan aja dulu ya. Tapi kalo mau coba dua-duanya lebih oke jadi bisa pilih sebaiknya suka yg mana. salam

  60. bener mba, turun ga ngembang bgt alias biasa aja pake santen karanya :D. abis internet di rumah lg hang jadi blm liat jawaban mba ini :D, thks ya mba. Jadi terlalu padat ya mba hehehe… tapi enak aja katanya. Nti coba yg pake susu. klo yg di panggang resepnya mba gimana? :)

  61. Assalamu’alaikum. salam kenal.
    Mba. aq tertarik sama resep cake ketan hitamnya. Kebetulan nemu blog ini.
    Masalahku hampir sama ama rara, susah dapetin tepung ketan hitamnya. Aq mo tanya, kalo dari beras ketan hitam, diblender bisa gak?suamiku gak suka susu, bisa diilangin gak? ato diganti santan aja? Kan ada yang modelnya bubuk, gak cair?SP bisa diganti ovalet, gak?
    Sory byk tanya. Makasih sebelumnya.

  62. halo dhona, tq ya dah mampir.
    kalo diblender berarti pakai air ya, aku belum pernah coba dgn cara ini.
    tapi kalo mbak punya blender khusus yg bisa untuk membuat tepung ketan atau tepung beras, aku rasa bisa, hasilnya tdk jauh dari yg sdh siap pakai di toko bahan kue.
    Kalo mau pakai yg santan bubuk silakan saja mbak, tapi aroma yg ditimbulkan juga rasa gurih yg muncul akan beda dgn susu bubuk full cream.
    SP bisa diganti ovalet. selamat mencoba ya, halo halo aku hasilnya mbak dhona. salam

  63. o, gitu ya.Iya, kan ada blender yang bisa ngalusin bahan makanan yang kering. Aq belum coba juga, sih buat beras ketan hitam. Aq cuma pernah coba blender kacang waktu bikin sambal kacang buat somay, tapi gak halus banget, sih. Tar deh aku coba dulu. Tar aq kabari lagi.Makasih.

  64. halo mbak, kalo hasil blender masih agak kasar di ayak aja mbak. selamat mencoba ya. salam

  65. halo mbak,salam kenal ya…
    oya,kmrn aq coba bikin cake ketan hitam pke hiasan cream d atas nya.tp setelah d makan koq lengket di lidah y mbak…

  66. eh lupa makasi bgt y mbak…

  67. halo mbak mia, maaf ya baru balas, mbak butter cream ada macam-macam bahan dasarnya, umumnya kalo kita pakai mentega putih lokal memang suka lengket dilidah, aku biasanya pakai yg australia . Tapi pakai yg lokal bisa dikombinasi dengan bahan lain supaya tdk terlalu terasa dilidah ya? campur mentega putih dgn mentega ato margarine, beri air gula, dan susu kental manis, aduk rata, beri dark coklat yg dilelehkan untuk warna coklat dan white coklat leleh untuk warna putih. salam

  68. ok mbak makasih saran nya…ntar aku coba lagi….makasih juga resep nya ya mbak…warga dirumah aku pada suka…ueeenak…….

  69. mbak desi,saya agak familiar dengan resep bolkusnya nih.. mirip dengan yang beredar di ncc ya (bolkus si hitam).. tapi beda juga ah, karena ada beberapa bahan yang diganti. selamat yaaa karena sudah masuk good morning trans tv.

  70. mba,,
    aku contek resep cake ketan hitamnya boleh ga?
    makasih sebelum dan sesudahnya yaa,,,

  71. halo mbak indah, makasih sudah mampir, slahkan mbak. salam kembali

  72. Mbak salam kenal ya…

    Mau nanya juga nih, sebelumnya adonan telur nya dikocok pake mixer ya?? huhuhu…soalnya saya belum punya mixer :(

    Trus tadi liat di supermarket, ada tepung instan buat cake ketan hitam, di petunjuknya suruh nyampur dgn santan. Apa bisa kalo diganti dgn susu, spt di resep mbak desi??

    Thx

  73. salam kenal kembali bundawannabe, benar bunda adonan telur dikocok pakai mixer.
    Kalo resep saya memang memakai susu karena memakai santan sedikit lebih repot terkadang kita tdk sesuai takaran santan yg sebaiknya untuk adonan itu, misal 1 kelapa dijadikan berapa cc santan. Kalo mau memakai santan yg cukup praktis bisa pakai yg kemasan saja bunda. terima kasih dan salam

  74. Baiklah mbak desi… Weekend besok saya coba bikin cake ketan hitam nya, pssstt….ini project kue pertama saya lho hehehe.. Doakan saya :)

  75. halo ayk, selamat mencoba semoga sesuai harapan. salam kuliner

  76. Assalamu’alaikum ww
    Salam kenal tuk mb’defi. Makasih ya mbak dah b’bagi ilmu via blok ini. Aq dah lama pengen nyobain buat cake ketan hitam, eh… Alhmd ketemu mbak defi. begitu dapat resepnya, aq langsung cari tepung ketan hitam ke pasar n Alhmd ketemu. Walhasil……….. uenaaak tenan.
    Oh iya, mb’defi tmnku mo bkn acara pengajian dlm rangka p’nkhan adiknya, nah dia rencananya mo ngasih besek ke ibu2 yang isinya kue. Boleh pesan gak ke mb’defi, kbtulan hari minggu pagi aq n tmnku ada acara di Bogor, kalo bisa kuenya diambil siang (acaranya minggu mlm). Tks.

  77. ass, salam kenal dan senang sekali mendengar cerita mbak tatie.
    Mbak, kue untuk besek, berapa banyak dan kue apa yg dipesan?
    mohon balas ke email aku aja ya mbak,
    defidi@gmail.com
    aku tunggu ya, supaya bisa belanja bahan2nya. salam dan sekali lagi terima kasih.
    wass.

  78. ass, salam kenal mbak defi. saya yessy dari palembang. saya senang dapat resep cake ketan hitamnya mbak, saya mau coba buat anak kembar saya Rayhan dan Raysad tapi ada beberapa bahan yang nggak boleh dikonsumsi oleh mereka karena mereka terkena gejala autis. seperti terigu diganti tepung ketan hitam , susu sapi diganti susu kedelai dan sp harus saya ganti dg apa karena mereka tidak boleh makan bahan pengembang kue seperti itu.atau bagaimana kalo sp saya hilangkan dari resep. wass.

  79. Lagi gooling nyari cake ketan hitam, e…… malah tergampar di sini. Mau langsung aku praktekin lho, di rumah lagi banyak tp ketan item nganggur.

    Salam kenal

  80. halo mbak yessy, salam kenal dan terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.
    Iya mbak, kalo memang SP tdk diperbolehkan untuk si kembar, tidak perlu dipakai, pada dasarnya hasil jadi cake ini agak sedikit padat dan kasar dibandingkan terigu, jadi pakai atau tidak SP beda sedikit saja koq, SP diperlukan supaya adonan telur cepat mengembang, tekstur lebih halus.
    salam untuk kembar ya.

  81. Hai, lapor lagi nih, cake nya uda dipraktekin. Hasilnya bagus. maksih. cuman karena mungkin terbuat dari beras ketan, pas ditelannya susah turun (lambat) mesti didorong pake air

  82. halo mbak little, mungkin itu yg membedakan memakai SP ya? kalo pakai SP tektur lembut jadi nggak mesti didorong pake air heheheh, tapi nggak apa2 kan jadi irit maem kuenya kalo 1:1 dgn air.

  83. Tolong dong kirimin kue ketan hitam yang dipanggang / bake . soalnya saya gak punya kukusan nya hikihikhihkhihk

  84. mbak…des..mohon ijin, ada yang pesan cake ketan item resepmu ini mbak…boleh ya aku komersilin cakenya…

  85. halo bunda nisa, mau titip ke aku kukusannya? aku biasa pakai kukusan yg tutupnya kerucut jadi nggak perlu dialas serbert atau kain waktu mengukus.
    kalo mau aku kirimkan, untuk yg ukuran sedang +/- harganya 75 ribu deh, tapi ongkos kirim bunda nisa ya? salam

  86. halo mbak mia, silahkan mbak, dengan senang hati. Niat yang baik semoga membawa kebaikan. salam

  87. mbak…des beneran harganya cuma 75 ribu ?disini sampai 300ribuan mbak….mahal banget kalo gitu yah….aku mau dunk titip ke mbak

  88. hallo mbak resep cake ketan hitam yang di oven punya ga’ mbak tolong dong.

    • halo mas hery, cake ketan hitam yg dipanggang, bisa resep itu tapi minyak ganti margarine leleh ya, hasil agak kering . salam

  89. Assalamu’alaikum mba’
    saya lagi belajar bikin cake ketan, nemu resepnya mba’ ini. Tapi kalo pengen ganti dengan ketan putih gimana mba’. Saya pernah baca katanya resep ketan hitam bisa diaplikasikan ke ketan putih. Saya coba, hasilnya kurang memuaskan, terlalu padat… ,pernah coba resep lain juga nggak sukses, ada tips dan saran nggak mba’? makasih ya…

    • mbak wita, sepertinya berat jenis beda makanya hasilnya agak beda, coba mbak campur sedikit dengan terigu, aku pernah coba tapi tidak ketan putih semua, jadi aku selang seling pada saat mengukus, jadi seperti lapis ketan gitu, hasil lumayan koq, memang tektur akan lebih padat dibandingkan tepung terigu. selamat mencoba.

  90. makasih jawabannya mba’. Tapi maaf masih sedikit bingung nih.. , kalo tepung ketan campur terigu, berapa perbandingannya, kalo selang seling apa artinya adonan untuk terigu dibikin terpisah? Saya pernah coba campur denngan terigu 50 gr saja, tapi hasilnya padat sekali, permukaan kuenya bergelombang :-)
    trus kalo pake margarin leleh untuk kue yang dikukus, hasilnya gimana?
    maaf nih banyak nanya…

    • tepung ketan dicampur terigu supaya mengurangi neratnya ketan, coba dengan perbandingan, kalo di resep tepung ketan 200 gram ( 150 t ketan dan 50 gr terigu), buatknya pake sp kan?
      Pada cara pengadukan mbak, setelah telur mengembang dan mengental, masukkan adonan tepung ( campur tepung ketan, terigu ) secara bertahap dgn pengadukan dariatas ke bawah, dan jangan terlalu lama mengaduk, setelah itu baru masukkan minyak.

      Buat 2 tahap mengukus, 1/2 bagian kukus dulu sampai bagian atas cukup keras, masukkan lagi sisa adonan, jaga jangan sampai air menetes dan jarak antara adonan dan tutup kukusan cukup jauh. Lebih baik jika memakain kukusan dgn tutup bentuk kerucut.

      Sebaiknya untuk yg serba kukus memakai minyak sayur, pada saat dingin minyak sayur tidak sepadat margarine.

      Oh mbak, maksud aku, aku pernah buat cake ketan kukus kombinasi antara ketan putih dan ketan hitam, jadi masukkan adonan ketan hitam 100 ml, kukus sebentar, masukkan adonan ketan putih, sampai bahan habis. Jadi seperti lapis ketan.

  91. makasih banyak atas jawabannya mbak, sukses selalu ya…

  92. mba, mo tny
    dulu aku dah pernah cb giling ketan hitam di pasar, smp rumah dijemur trus diayak.aku cb bikin cake alhmd berhasil dan aku puas.
    sisa tepung aku simpen berharap bs buat kapan2.
    tapi waktu aku mo buat lagi ternyata tepung ketan itemnya dah bulukan (berjamur), mungkin jemurnya belum kering betul, kecewa deh.
    aku tinggal di makassar, kira2 punya referensi dimana aku bisa beli,gak?kyknya disini agak susah deh.
    ato kalo aku minta kirimin bs gak,ya?
    masih penasaran nih.
    pernah aku dikirimin cake ketan hitam dari tetangga, ternyata dia buat dari pondan instan.
    aku pengen bikin yang fresh.maaf,kepanjangan.thx,ya…

  93. Ass, mbak Desy apa kabarnya? Des 2008 saya coba-coba kirim email, taunya mbak desy balas, ma kasih ya! Saya Yessy dr Plg yg punya anak kembar Rayhan & Rayshad yg terkena gejala autis. Alhamdulillah ananda sudah mulai bisa komunikasi dua arah walaupun masih suka membeo, resep cake ketan hitam mbak sangat disukai ananda. Teman2 ibunda dari anak2 di tempat terapi ananda pada suka dan saya bagi resepnya. Mbak desy, saya jadi ingin usaha kue seperti mbak, saya ingin memulainya lebaran th ini. Awalnya kue kering dan kue lapis legit dulu. Saya juga ingin menjual kue kering & lapis legit untuk anak2 special need, tolong dong mbak kalau mbak punya resepnya buat memperbanyak macam kue kering buat anak special. Oh..ya.. tgl 3 – 8 Agustus saya ikut kursus macam2 roti dari Yongki Gunawan diPlg, doain ya mbak semoga ini awal dari keberhasilan saya.

    • halo mbak yessy, senang sekali mendengar ceritanya, salam untuk rayhan dan rayshad ya.
      Smangat mbak, aku doakan cita2 mbak segera terwujud. Untuk kueker anak2 autis mungkin mbak yang lebih tau bahan apa yg bisa dan tidak bisa untuk mereka ya? ada yg bilang anak2 autis tdk boleh minum susu produk sapi, tapi kedelai bisa, ternyata ada yg kedelaipun tidak cocok. kalo mereka bisa minum susu kedelai, resep aku yg ada susu bubuk full cream bisa diganti susu bubuk kedelai atau susu kacang ijo.

      salam

  94. Halo mbak dessy, ganggu lagi nih. Jangan bosen ya ngejawabnya! di Bogor harga tempat kueker muatan 1/2 kg berapa ya mbak? di plg harganya Rp.70.000,- per lusin, memang plastiknya tebal tidak mudah pecah. Tapi saya jadi nggak percaya dg harga di plg karena mendengar cerita mbak harga kukusan dg tutup kerucut di bogor hanya 75.000 rb sedangkan di plg saya beli 4 bulan yg lalu dg ukuran 35X35 Rp. 375.000,- kan jauh banget perbedaan harganya? satu lagi mbak, bisa nggak mentega pd kueker diganti dg minyak sayur (Barco/canola) dan tekstur kuekernya keras apa nggak ya? sebab kandungan dlm margarin ada yg tidak aman dikonsumsi u/ anak autis. Rencana saya, saya mau masukan 50% margarin & 50% minyak sayur gimana ya pendapat mbak? mohon dibales ya mbak, trim’s.

  95. Bu Desi, mohon izin copy resepnya yaa…kebetulan lagi browsing nyari resep cake ketan hitam, pas ketemu di blog ini. Pengen langsung nyoba nih…

    Mudah2an bisa dapat tepung beras ketan hitam…

    Salam hangat dari Jayapura – Papua

    • salam kenal mbak popyy, makasih ya udha berkenan mampir di blog aku, silahkan mbak semoga sesuai harapan, wah seneng banget kali ini dapet temen dari papua. salam

  96. mba Desy, salam kenal, saya senang banget baca blog mba, padahal baru liat.
    mau nanya nih mba, kalo pengembang nya pake TBM boleh ? lalu tepung terigu nya pake yg Cakra Kembar bisa ?
    makasih y mba
    saya ingin bisa pinter bikin kue, seperti mba Desi :)

    • salam kenal kembali mbak dina, terima kasih sudah berkenan mampir ke blog aku, pengembang boleh pake TBM biasanya masing2 tukang kue punya kebiasaan masing2, kalo aku sukanya pake SP, kalo tepung terigu sebaiknya segitiga biru atau kunci biru , kalo cakra umumnya untuk roti atau mie karena kadar proteinnya tinggi..

  97. Halo mbak desi, kalo ketan hitamnya langsung di blender dan kemudian di ayak, lalu hasilnya langsung di pakai ( tanpa proses penjemuran ) kira kira bisa ga ya? foto cake nya bikin ngiler nihh…tapi lom pernah ngeliat tepung ketan hitam yg udah jadi sih. Di hypermart kira kira ada ga ya? makasi lo mbak….

    • salam kenal mbak lisya, maaf aku belum pernah coba seperti yg mbak maksud, aku biasanya beli tepung ketan hitam di toko bahan kue, di hypermat biasanya ada, tapi harganya cukup tinggi dibandingkan di toko bahan kue, kalo untuk cemilan saja sich nggak apa2, kalo untuk jualan ya agak kerasa heheheheh…salam

  98. salam kenal mba… aku contek resepnya ya… mw nyoba bikin… tgl 1 ntr aku ulang taun,,, aku pengen nyoba bikin kue ketan item soalny aku suka banget… tapi baru kali ini aku nyoba bikin sendiri… bikin kue sendiri buat ulang taun sendiri… hehehe doakan aku y mba… biar ak bisa bagi2 k temen2 ama pamer k pacar ^_^ ntr aku kbr2in lagi y mba hasilnya…
    makasih sebelumnya…

  99. o iya mba lupa… hasilnya beda ga klo putih telurnya dikocok terpisah dari adonan lain trus di campur terakhir???? soalnya kau klo bikin cake biasa suka kaya gitu… thanks ya mba…

  100. yah harganya 10.000 yah nnti aku bl yahc, dan dimana tokonya yah mau tau nih?
    bisa cari menu lain?gak? aku jd lpr deh!

  101. hari sejuk yah ntk mrh mimpi ndh deh ! makan kue ketan enak pake selai enak smbl mimpi! tank ya buat keluarga ku suka deh! tank

  102. ass mbak..

    Salam kenal ya mbak..
    contek resepnya ya..
    mau coba buat.. kalo bisa sih buat dibisnisin juga..hehe
    kenapa ya mbak aku kalau buat cake gak pernah ngembang. Jadi bantet aja kayak brownies gitu..
    ada triknya gak biar cakenya ngembang??
    padahal aku mahasiswi tataboga mbak tapi gak bisa bikin cake lho mbak..

    • salam kenal kembali dan makasih sdh berkenan mampir ke blog aku…

      ada banyak faktor cake tidak mengembang, coba mbak verina buat salah satu cake yg ada di blog aku, semoga tidak bantat lagi ya..salam boga Desi Hartanto defidi.web.id – defidi.wordpress.com FB: tinyurl.com/defidi

  103. susah gak mbak buat kue itu kadang bahan yang kita cari kadang juga susah mbak padahal ingin sekali buat kue yang kita pilih kadang juga gagal sayang bgt kalau gagal ……. frustasi trauma kadang mbak

    • halo mbak dhean, makasih sdh mampir ke blog aku ya.
      pada intinya cake itu bahan dasar sama semua, gula telur, terigu dan mentega/margarine, yg lain itu penambahnya saja seperti vanili, susu, beberapa bahan kimia, pewarna dll.
      Nah semakin lama semakin terus berkembang, yg biasa biasa tadi sdh banyak yg buat, makanya cari yg luar biasa supaya dapat bersaing dan medapatkan pembeli yg lebih banyak, juga bahan bahan untuk tepung tidak hanya terigu tapi bisa sagu, tepung ketan, tepung ber,tepung ubi, tepung kentang dll.

      ketersediaan bahan tergantung daerahnya masing masing mbak, kalo di kota besar relatif lebih banyak dan mudah didapatkan. saran aku u pemula pakai saja bahan instan dulu, seperti keluaran pondan, haan, dll jadi kemungkinan gagal kecil karena mereka selain takaran memang sdh dibuat sesuai kebutuhan jadi lebih praktis.

      benar adanya u pemula, gagal atau bantat mmebuat trauma, padahal kalo sdh sedikit mahir kelak, kue gagal atau bantat bisa di modifikasi menjadi bentuk lain. bukan kan brownies yg sekarang tren itu adalah karena kegagalan cake juga?

      ayo mbak, coba ya dan jangan khawatir gagal..aku saja masih sering gagal koq.

  104. Mba saya ika dari denpasar,saya sudah sering membuat bolu ketan tapi tepung ketan putih..setiap kali saya membuat pasti gagal terus mba..gak kenyal seperti yg temen saya buat.Tp saya panggang gak di kukus…klo temen saya bwt katanya di kasih santan sedikit…jd lebih gurih.Gmn caranya membuat kue bolu ketan yg di panggang ya mba?????

    • mbak ika makasih sdh berkenan mmapir ke sini:
      tepung ketan mempunyai tektur yg berbeda dengan tepung terigu, selain beda tektur juga beda berat jenis dan kandungan di dalamnya jadi perlu sedikit perlakuan khusus untuk dibuat cake.
      Umumnya cake ketan hitam dikukus, memakai minyak atau santan, bisa saja di panggang tapi hasil akhir beda, yg dikukus memang terasa seperti pulen, sedikit kenyal sementara yg dipanggang jadi terasa kering, agak gres-gres dan seperti tdk menyatu padat.

      salam

  105. Halo mbak…
    Aku pengen nyobain resep cake ketan hitam ini tapi belum punya loyang ukuran 18 dan kukusan. Kalau kukusan yang tutupnya kerucut di Bogor belinya dimana Mbak, di Jaya Makmur ada ga ya,kalau ke Pasar Anyar aku kejauhan. kira-kira sekarang harganya berapaan yang 35 x 35?
    Nuhun

  106. assalamualikum mb…saya eva, mau belajar juga nieh buat kue, soalnya kemarin sempet beli kue ketan hitam dan rasanya enak banget, jadi penasaran deh pengen buat sendiri…terus pas nyari2 resep ketemu sama blog mb…oia jadi cerita, aq mau tanya mb, aq kan ga punya kukusan nieh (maklum anak kosan, jadi peralatan terbatas), kl misal di oven bisa ga mb?? kebetulan aq baru pinjem oven dari temen, mumpung blm dibalikin pengen coba praktek dulu euy…

  107. ass. mbak Desi, dah lama sebenernya nemu resep dari mbak Desi, tapi baru sempet bikin hari ini. dan berhasil……..(hore…..hore…hore….) soalnya ini kue pertama bikinanku yg berhasil, hehehehe…..
    makasih ya mbak resepnya….enaaaaaakkkk….

  108. mba mau nanya jika lagi mendadak kita mau bikin ternyata persediaan tepung ketan item kita ga ada,bisa tidak di ganti dengan tepung ketan putih biasa.makasih

    • kalo tepung ketan putih semua aku belum pernah coba mbak, tapi kalo diselang seling, sudah pernah dan tetep enak.

      Desi Hartanto defidi.web.id – defidi.wordpress.com FB: tinyurl.com/defidi

  109. Asslm mba Desi,lg sibuk ga nih…
    mau tanya kalau bolu ketan itemnya ga dikukus,bisa ga ya?aku adanya oven nh,ga punya yg buat ngukus.makasih bnyk ya mba…

    • halo mbak evi, tq dah buka blog aku. di panggang bisa mbak, minyak di halo mbak indah, makasih sdh mampir ke blog aku ya, bisa saja di panggang sebaiknya ganti dengan mentega atau margarine yang dicairkan, cairkan dulu baru di masukkan di gelas ya supaya mudah ukur takarannnya,
      tapi menurut aku lebih enak di kukus karena tekstur ketan beda dengan tepung terigu ya.
      Di modifikasi juga boleh, setelah di keluarkan dari kukusan, dinginkan kemudian oleskan selai blue berry/strawberry dan parutan keju diatasnya jadi tambah oke loh rasanya, manisnya cake ketan hitam,di padu gurihnya keju, enakkkkkkkkkkkkk loh.

  110. halo mbak evi, tq dah buka blog aku. di panggang bisa mbak, minyak di halo mbak indah, makasih sdh mampir ke blog aku ya, bisa saja di panggang sebaiknya ganti dengan mentega atau margarine yang dicairkan, cairkan dulu baru di masukkan di gelas ya supaya mudah ukur takarannnya,
    tapi menurut aku lebih enak di kukus karena tekstur ketan beda dengan tepung terigu ya.
    selamat mencoba

  111. thank’s ya atas resep cake ketan hitam’y,,,kue ini kskaan suami aku loooh,,pasti akan aku coba resep yg ini,,biasa’y aku bkn cake ketan hitam tpi suka melepuh low udah matang….

  112. ass. salam kenal mbak defidi, mbak baik banget dech…. mau jawabin smua pertanyaan dg sejelas-jelasnya, saya lagi seneng2nya pratekin bikin kue cake resepnya saya browsing di google n saya cari yg mudah2 aja maklum pemula n kebetulan saya lagi cari resep cake dari ketan hitam n saya masuk ke blog nya mbak defi disitu banyak saya dpt tambahan ilmu yg bisa saya praktekan selain mendapat resep cake ketan hitam yg kelihatannya lezaaat…. makasih yaa… mbak smoga makin sukses usahanya…….

    • salam kenal mbaks elly, terima kasih sdh berkunjung ke blog aku, semangat ya mbak, buat kue bermain dengan hati, mestid engans enang hati, kalo kita ngambek kuenya ikut ngambek..qeqeqeqe

  113. mbak SP tuh apa???? :)

    • mbak, SP itu salah satu emulsifier pengembang dan pelembut kue, untuk merk sekarang banyak sekali, ada sponge 88, ada starkit dan beberapa merk lainnya.

  114. aslm, mba defi mau tanya aq kalo bikin bolu suka bantat knpa ya padahal sudah sesuai resep ky yang dibuat kakakq tp gagal trus sdah 3 kali bikin, aq pgn cba bkin cake ketan hitam jadi takut gagal lagi, oh ya mb def SP itu sm g dengan ovalet, soalnya kl aq bli taunya ovalet,

    • terima kasih sdh berkenan mampir, mohon maaf, pertanyaan yg sama telah ditanyakan oleh teman yg lain dan sudah aku jawab dengan cukup rinci, bisa dibaca dari atas ya, makasih loh

  115. aslmlkm mb def gmn kbarnya,?….maaf nie ganggu aq mw tanya kl misalnya ngukus cakenya itu pake magicom bs g ya mb? soalnya aq pgn coba bikin bsok tp g ad yg buat ngkus hehe…… maklum ank kos, soale ud g sbar jg pgn nyobain, mksih %).

  116. D: makasih ya resepnya…aq udah coba bikin hasilnya bagus ….tp aq coba lagi dgn cara di oven…hasilnya kurang bagus. Mula” ngembang eh lama” kempes lagi deh…jd apanya yg salah ya???

  117. maaf mba ada yg lupa…klo resep chiffon cake…bisa ga loyangnya di oles margarine…soalnya aq pernah bikin ..eh ternyata cake nya susah lepas alias nempel di loyang….pdhl caranya udah sesuai aturan. (makasih sarannya)

  118. pake susu nya itu susu bubuk atau susu kental manis yah? Makasih

  119. Mba aq dh coba buat loh, dan hasilnya memuaskan. Jdi sering buat deh. Trus aq krim2 jga k mertua. Kalo resep yg ini tu kan pakai tepung nya skitar 1/4.kalau aq mw buat agak banyakan skitar 1/2 kg telurnya brapa perbandingannya.mkasih

  120. mbak sedikit masukan ya.. saya juga suka buat cake ketan hitam, yang suka saya buat itu sama bahannya dan takarannya seperti yang mbak sajikan di atas, cuma…ada cumanya nih sedikit kalau yang saya buat, tepung terigu 1 gelas belimbing diganti oleh kelapa parut 1 gelas belimbing tapi nggak pake susu coz pake parutan kelapa juga dah lezat. Silahkankan dicoba dan saya juga mau nyoba resep dari mbak

  121. oh iya mbak sedikit ketinggalan nih… yang suka ku buat itu dioven nggak dikukus

  122. sumpah mati jadi penasaran sama ini resep< entar minggu mau dicoba, mbak klu mau beli mikser yang besar dimana ya n kisaran harganya, saya sangat membutuhkannya karena saya sering membuat kue tat khas bengkulu yang menggunakan santan dan terigu dan gula dalam ukuran sedang antara 7 kg santan kental 7kg gula n 10 kg terigu sekali adon, tolong ya mbak karena saya berdomisili di curup bengkulu yang jauh dari kiota, makasih mbak saya tunggu jawabanya

  123. haduhhh kok jadi sprul

  124. itu pertanyaan saya mbak tentang mixser tolong ya mbak saya tunggu jawabannya karena saya nggak kuat lagi ngaduknya pk tangan karena py bayi 7 bulan, plase

    • mbak erika, banyak type dan banyak merk…ada yang modern dan ada yang masih gaya manual..bisa search saja di google , kalo yang bagus ada merk bosch, ada kingf, dan beberapa merk lain…salam

    • maaf mbak, sepertinya sudah saya jawab ya, u mixer dengan kapasitas sebesar itu coba search di google saja cari saja dengan kategori mixer, saya sendiri hanya memakai mixer dengan kapasitas 15 telur dan u roti 1 kg.

      salam Desi Hartanto defidi.web.id – defidi.wordpress.com FB: tinyurl.com/defidi

  125. salam kenal mbak desi…. mbak aku sudah coba resepnya dan sukses sesuai harapan, malah temen-temen banyak yang pesen (cari peraktisnya mereka :) )… makasih banyak ya mbak

  126. CV.BIMOPUTRO.melayani permintaan beras ketan hitam asal jawa timur dalam jumlah besar, min.permintaan 6ton.dengan pembayaran tunai setelah bongkar.untuk daerah jakarta,bekasi depok dan tangerang harga rata2 IDR10.500/kg.hubungi 081317815197(mustakimkhalel)

  127. CV.BIMOPUTRO.melayani permintaan beras ketan hitam asal jawa timur dalam jumlah besar, min.permintaan 6ton.dengan pembayaran tunai setelah bongkar.untuk daerah jakarta,bekasi depok dan tangerang harga rata2 IDR10.500/kg.hubungi : 087859700341 atau 081317851597(mustakimkhalel) email : gulanisam78@yahoo.com

  128. kapan pesanya ketan hitam kesaya ya,… buruan,..keburu habisss..kk…kk

  129. hallo mba salam kenal, resep ok bngt,trus bwt yg di bakar kira2 proses dn takeran resepnya sama ga?
    mohon jawabanya…..thanx

    • salam kenal kembali, terima kasih sdh mampi ke blog aku, untuk yg dibakar takaran sama, tapi minyak sayur aku ganti margarine, tapi hasil akhir tidak sama ya, kalo di kukus basah dan pulen, kalo dibakar seperti renyah begitu, tdk padat.

      Desi Hartanto defidi.web.id – defidi.wordpress.com FB: tinyurl.com/defidi

  1. Ping-balik: Satu jam di Kotak Ajaib « Sajian Defidi

  2. Ping-balik: Kue Ketan Hitam Manis « Farah's Weblog

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 385 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: