Brownies Kukus Putih Telur

Brownies Kukus Putih Telur

Bahan yang dipergunakan

  • Putih Telur : 5 butir
  • Mentega Putih/margarine : 100 gr
  • Pink cooking chocolate : 50 gr
  • Gula pasir : 100 gr
  • Cream of tartar : ½ sdt
  • Terigu protein sedang : 125 gr
  • Pengembang kue : ½ sdt
  • Garam : ½ sdt
  • Susu bubuk : 30 gr
  • Pasta cocopandan : 1 sdm

Hiasan

  • Manik-manik warna merah dari tepung gula : 50 buah
  • Bunga-bunga kecil dari marzipan : 20 buah
  • Pink cooking chocolate : 100 gr
  • Selai strawberry : 50 gr
  • Mentega putih : 25 gr

Cara membuat

  1. Panaskan kukusan
  2. Panaskan mentega putih setelah agak mencair masukkan pink cooking chocolate yang telah dipotong kecil-kecil, aduk hingga rata. Sisihkan.
  3. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang, masukkan cream of tar-tar dan gula pasir sedikit demi sedikit, kocok hingga kaku.
  4. Campur tepung terigu, pengembang kue dan susu bubuk. Masukkan campuran tepung yang telah diayak kedalam putih telur, aduk rata.
  5. Masukkan campuran mentega putih. Aduk rata.
  6. Tuang ke loyang bentuk hati ukuran 20 cm.
  7. Sebaiknya loyang diolesi minyak dan dialas dengan plastik atau kertas roti supaya tidak lengket pada saat dikeluarkan.
  8. Kukus 20 menit dengan api sedang sampai matang.

Penyelesaian

  1. Pastikan brownies dalam keadaan dingin sebelum dihias.
  2. Oles permukaan brownies dengan selai strawberry, tipis saja.
  3. Tim pink cooking chocolate hingga cair, tambahkan mentega putih dan selai strawberry. Aduk rata
  4. Tuang diatas brownies, ratakan.
  5. Dalam keadaan setengah mengeras, hias dengan manik-manik dan bunga-bunga kecil.
  6. Dinginkan dan siap diberikan kepada orang terkasih.

Tips

  • Apabila tidak mempunyai loyang bentuk hati, dapat dipakai loyang bentuk bulat dan dibentuk hati.
  • Tim pink cooking chocolate di dalam wadah kecil yang ditaruh dalam panci berisi air, masak dgn api kecil dan jaga jangan sampai air mendidih karena hasil tim akan menggumpal dan tidak bagus, sebaiknya pink cooking chocolate dipotong kecil-kecil sebelum ditim supaya cepat cair.
Posted on 17 Maret 2006, in Cake. Bookmark the permalink. 63 Komentar.

  1. wah sepertinya enak jadi pengen coba nich…..

    makasih ye……

  2. resep itu bermula dari putih telur yang tidak terpakai karena untuk pembuatan kue kering hanya kuning telur yg dipergunakan, oh ya sudah jadi coba kuenya? bagaimana, rasanya segar ya, selai strawberry bisa diganti selai lain lho, bisa blue berry, bisa nanas atau selai orange juga enak dan untuk dekorasi bisa disesuaikan dengan rasanya. kemarin saya coba blue berry dan dekorasi coklat warna ungu di padu dengan white coklat, kuenya jadi spesial sekali untuk hantaran lebaran atau ulang tahun.

  3. mmmmmmmmmmmmm yummmmmmy kayaknya……….
    jadi tertarik belajar buat kue deh………

  4. nyam…..nyam…..nyam………..
    pink…pink…
    makasih yang ngasih resep
    jd pengen nyobain

  5. aloo, dah jadi belommmm ? kirim kabar kalo dah jadi ya en gimana suka ga dengan rasanya? aku tunggu kabarnya ya?

  6. ay-ay.. baru tau ada bronies pinki.. canteq bgt! mau jajal bikin, mmm.. tapi kayaknya susah ya? kelas tinggi… jadi minder neeh…

  7. hallo ade, makasih ya dah buka web aq, duh bener deh buatnya ga susah, ikuti aja resep mdah2an hasilnya oke. di coba dulu nanti kalo ada kesulitan tanya aq lagi, mdah2an aq bisa bantu sampe bisa ya?

  8. setelah dicoba enak juga rasanya…………….

  9. hallo n, wah senang deh dengar km dah cobain resep aku, coba yang roll cake deh, itu resep andalan lho. moga2 berhasil juga seperti brownies putih telur ya. salam

  10. mbak kl buat muslim, krim of tartar kan gak boleh tuh (gak halal) bisa diganti dengan bahan lain gak? trus gantinya pake apa ya..?

  11. alo mbak, makasih atas infonya. Iya aku juga baru tahu beberapa waktu yang lalu. emang mesti sering sharing ya supaya kita jadi tau kalo ada hal2 yang tidak diperbolehkan,sampai saat ini aku belum tau apakah ada pengganti cream of tar2 yang diperbolehkan untuk kita.Info yang juga aku terima tentang rum, rasanya kurang oceh kalo buat black forest tanpa rum padahal katanya kt juga ga boleh pake rum karena mengandung alkohol, ternyata sekarang ada rum yang 0% alkoholnya, hampir semua penjual bahan kue sekarang menyediakan rum yang 0% alkoholnya.

    Pada dasarnya pengocokan putih telur tetap bisa kaku seperti pakai cream of tar2, jika pada saat pengocokan alat2 yang dipakai benar2 kering dan tidak tercampur kuning telur walaupun sedikit.Aku juga sekarang mempergunakan cara tempo doloe kok tanpa cream of tar2 . kirim2 berita ya kalo dah coba buat browniesnya. salam

  12. mbak disini gak ada pink cooking chocolate, kalo black cooking coklat bisa gak siy? atau kalo diganti dengan coklat bubuk aja bisa?
    trims.

  13. wuii..hh pinky, jd pgn nyoba nih…

  14. aduh
    cakep banget kue nyaa

  15. halo mbak olivia, tq ya dah sempatkan waktu buka blog aku.
    ayo mbak di coba, mudah2 an sesuai harapan ya. salam

  16. halo mbak olivia, tq ya dah sempatkan waktu buka blog aku.
    ayo mbak di coba, mudah2 an sesuai harapan ya. salam

  17. wah thanks dikasih resep gratis. soalnya bingung putih telur sering dibuang ya. salam

  18. haloo mbak Evie, salam kenal dan tQ dah sempatkan waktu buka blok aq. Selamat mencoba. salam

  19. aduuuhh, ngliat gambarnya aja ampe ngiler, apalagi kalo udah ada di depan mata kalee yaa….

  20. mbak khafega/dewi, tq dah sempatkan waktu buka bloq aq, silahkan dicoba mbak, halo halo aq hasilnya ya. salam

  21. Lam kenal mbak, aku baru buka blog mba. Waduhh lutuna ni tue…..boleh aku coba resepnya? trus aku punya simpenan putih telur tapi lupa ada brp telur, kalo 5 tlr dlm gram brp sih mba? thx b 4.

  22. halo mbak farah, lam kenal juga, tq banget mampir ke blog aq. Silahkan dicoba resepnya, untuk putih telur tergantung besar kecilnya telur mbak, kalo yg 1 kg 14 telur biasanya satu telur beratnya sekitar 50 gr ( 30 gr putih dan 20 gr kuning), coba saja jangan khawatir gagal, kalo gagal beneran tetep enak malah jadi brownies klasik yg super bantat ituloh. salam hangat

  23. aww…
    pa kabar mbak?
    sehat2 aja kan?
    oya mau tanya nih..
    td aku bikin browkus tp ko permukaannya bergelombang ya mbak?
    kenapa ya?
    apa karena apinya kegedean?
    ato ngaduknya yang kurang rata?
    trus dalamnya pada bolong2 lagi…
    thanks ya mbak…

  24. aww. kabar baik mbak.
    Coba cara seperti ini ya mbak:
    Kukusan di panaskan terlebih dahulu, boleh cetakan di masukkan ke kukusan.
    Setelah uap air cukup banyak, masukkan setengah bagian adonan , kukus sebentar (5 menit), masukkan bagian yang lain, kukus hingga matang.
    Alasi tutup kukusan dengan serbet/kain supaya tetesan air tidak jatuh ke adonan.
    selamat mencoba kembali. salm

  25. http://www...
    td dah aku coba lg mbak.
    aku ngukusnya juga selapis-lapis kok mbak.
    kukusan juga dah kupanaskan lama.
    tutupnya juga udah dialasin kain.
    apinya juga sedang. dah ga bergelombang sih..
    tapi…
    kok dalemnya masih aja bolong2 ya mbak?
    mana dapet pesenan 6 lagi..
    ga mungkin kan bolong2 dijual?
    pusing….

  26. Ass,mbak Desi.Gimana kabarnya,dah lama ga ke blok mbak.kemari aku lihat mbak jawabpertanyaanku ya.Trimakasih.Mbak aku mau kasih resep Ma’mul:
    1 kg tepung terigu,200 gr butter,2 sdm ghee,1/2 cup minyak sayur,6 sdm susu bubuk,2 sdm gula halus,1/2 sdt garam,1 sdt baking powder,1 sdth ragi instan,1 kg kurma(di giling halus untuk isinya)bentuk bulatan2 kecil.
    Cara: -lelehkan batter dan ghee dengan minyak setengah panas -tuang campuran minyak ke tepung terigu dan masukkan sisa bahan semua aduk sampai rata -Tambahkan air 1/2 cup kedalam adonan sambil diaduk sampai bisa dibentuk -Bentuk seperti bola,pipihkan dan isi bulatan kurma,tutup kembali.Oven sampai kering.Rasanya renyah.
    Jika ada cetakannya hasilnya bermotif/mbak bentuk sendiri.
    Kadang orang Arab sini suka aroma kapulaga,cengkeh,kayu manis.Kalau mbak suka tambahkan bubuk kapulaga sedikit.

    Mbak,aku ada resep Ma’mul dari temanku lebih mudah dan aku sudah mencobanya.Ini:
    3 gelas tepung,1sdm tepung maizena,1 sdt baking powder,1 sdt ragi instan,sedikit garam(kira2 1/4 sdt),1 gelas minyak sayur,3/4 susu cair(kalaw kemarin aku tambah cream sedikit,hasilnya terlalu renyah sampai ga bisa digigit,harus masuk semua).Ha…ha…
    Cara:
    -campur tepung terigu,tepung maizena,b.powder,ragi,garam -tuang minyak kedalam tepung tadi aduk sampai rata -masukkan susu sedikit-sedikit sampai bisa dibentuk,seandainya sudah dapat dibentuk susunya jangan diteruskan.Bentuk dan isikan kurmanya.
    Semoga mbak suka,selamat mencoba.
    Salam

  27. assalamualaikum wr.wb, apa kabar? semoga sehat selalu ya? terima kasih untuk resepnya. aku segera coba ya, sepertinya semua bahan ada di indo, kecuali ghee itu apa ya mbak? salam

  28. halo mbak ira, duh aku jadi ikut bingung juga ya? kenapa ya? memang tidak halus sekali hasilnya tapi juga nggak bolong2 ya mestinya.

    mbak cream of tar-tar tdk digunakan ya, ada beberapa pendapat bahwa cream of tar-tar tidak halal, daripada ragu2 lebih baik jangan digunakan .

  29. aww…
    mbak, aku juga bingung.
    oya yang ku bikin brownies kukus, resep ny liem.
    oya mbak, oven mbak desi merk apa? beli di mana?
    bagus nggak?
    aku pengen beli oven yang gede..tapi bingung beli di mana..
    trus pngen beli kukusan yang kotak. mending beli yang uk 35 ato 45 ya mbak?
    thnks…

  30. Mbak desi,ini artinya dan yang bawah penggantinya jika mbak ga punya/mungkin mbak tidak suka,bisa diganti.Disini aja aku ga pakai karna takut lemaknya banyak,disini makananya manis2 semua.
    Ghee:
    Bentuknya mirip roomboter tetapi aromanya lebih tajam. Meskipun banyak dipakai di dapur India, ghee juga bisa untuk mengolah makanan kita. Untuk nasi goreng, gulai atau membuat roti. Rasanya gurih, aromanya sungguh harum!

    Ghee memang identik dengan masakan India. Bentuknya lembek, warnanya agak kekuningan dan creamy. Biasanya dikemas dalam kaleng. Ghee mengandung lemak susu dalam kadar tinggi karena terbuat dari mentega yang dijernihkan. Saat dipanaskan mentega akan mencair, terbentuk endapan berwarna putih dan lapisan bening. Endapan yang putih inilah merupakan lemak susu dan dikenal dengan nama ghee. Karena aromanya yang khas, ghee sangat cocok untuk menumis bumbu. Dijual dalam kemasan kaleng.

    Nama Bahan: Ghee
    Keterangan: Mentega yang terbuat dari susu sapi atau kerbau. Biasa dipakai masakan India.
    Bahan Pengganti: 1 sdm ghee = 2 sdm mentega tawar

    Ada yang bilang seperti ini:ghee oil, hasil proses dari butter yg dijernihkan/dipisahkan dari partikel2 susunya. kalo gak ada ghee, cairin ajah butter sampe bener2 cair dan bening. ambil beningnya aja.

    Kalau dari teble pengganti katanya:1 sdm ghee=1 sdm minyak sayur.
    ini aku ambil dari internet.

  31. Mbak Desi aku pengen coba resep mbak diatas nih,tapi ga punya kukusan.Kalau di oven gimana,bisa ga ya?Oh ya,pengembang kuenya pake apa mbak?Mbak,aku mau tanya,caranya buat permen coklat agar hasilnya banyak apa saja campurannya/takarannya?Aku punya resepnya,tapi pakai dark coklat semua.Trimakasih sebelumnya……

  32. halo mbak ira, oven aku ada 2 jenis, yg satu pakai listrik ukurannya kecil merknya lupa mbak, udah ilang tulisannya soalnya dah lama banget.
    Yang satunya lagi open gas, ukuran besar muat loyang uk 60 x 90, kalo lagi dapat pesanan banyak aku pakai oven gas yg besar, kalo pesanan sedikit baru pakai yg listrik, kalo sdh ada modal besar pinginnya sich open listrik yang besar, kalo open gas hidupkannya masih manual kadang2 suka kaget waktu apinya keluar he he he

    Aku beli open gasnya di yoek , untuk kukusan di yoek juga ada dan ukurannya beragam, untuk ukuran sebaiknya yg agak besar mbak supaya uap airnya maksimal kalo kita buat bolkus ukuran besar, tips yg pernah aku baca sebaiknya antara pinggiran kukusan dan loyang sebaiknya berjarak paling sedikit 2 cm.

  33. Mbak,ko ga dijawab pertanyaanku.Cara membuat coklat.Terimakasih

  34. thanks ya mbak jawabannya..
    aku juga pengen beli di yoek..
    mbak desi beli oven berapa?merknya apa?
    dah berapa lama makenya?
    bagus ga mbak?
    thanks lagi…

  35. halo mbak ira, kemarin aku tandingan bulu tangkis di sport club-nya rumah mbak? dengan ibu2 dari komplek mbak, wah ibu2nya nyenengin pada suka becanda. sementara menang club aku, rencananya malah pingin latihan bareng, ikutan yok.

    Sekalian aku mampir ke rumah mbak deh, kita cobain buat kue bareng yok.

    Oh ya aku juga ikutan club-nya NCC bogor, tgl 24 besok kita ada latihan bareng , gurunya teu Uceu dari Bandung, buat cake untuk hantaran ada beberapa macam cake, biayanya Rp.150.000,- per orang, sudah termasuk makan siang. Kalo berminat aku daftarin segera soalnya yg antri mau ikut banyak he he he, aku masih punya satu tempat.

    open aku yg gas merknya Bimas jaya, harganya 2 jutaan, sudah 1 tahun-an , semnetara ini belum ada keluhan, panas apinya merata, dan cepat, jadi kalo buat kue kering, sebaiknya ada yg cetak, ada yg panggang dan ada yg finishing, nggak ke uber. atau buat dulu semua kue, baru oven belakangan.

    Untuk cake juga bisa masuk langsung 4 loyang, loyang 30×30, tapi biasanya aku 2 loyang dulu, setelah tinggal matengen yg bagian atas baru 2 loyang lagi menyusul. Untuk pesanan banyak nyaman mbak, kalo pake oven listrik, pesanan banyak, sakit punggung he he he

    salam

  36. halo mbak fitri, maaf ya lupa jawab yg buat coklat ya? maksudnya coklat yg dilelehkan kemudian dicetak, atau yg bagaimana ya?

    lebaran lalu aku buat kurma coklat, simple banget sich. Aku beli coklat merek collata atau tulip yang milk, kemudian aku cairkan, kurma aku buang bijinya kemudian bagian bijinya masukkan kue kering ( buat saja seperti kastengel tapi rasanya agak tawar ya, karena coklat dan kurmanya kan dah manis banget tuh), udah gitu kurmanya di celupkan ke coklat leleh sampai semua kurma tertutup, letakkan di atas nampan yg sdh dialasi plastik, diamkan saja sampai coklat mengeras, jangan dimasukkan kulkas ya nanti hasilnya seperti berkeringat.

    Cara melelehkan coklat :

    300 gr milk coklat cooking
    potong kecil-kecil masukkan ke panci kecil.

    Masak air di panci yg lebih besar hingga mendidih, matikan apinya, panci yg berisi coklat tadi taruh di atas air panas tadi, aduk-aduk hingga coklat meleleh rata.

    Usahakan jangan ada air yg masuk di panci tempat coklat ya mbak nanti coklatnya menggumpal.

    kalo mbak mau melelhkan coklat yg warna putih, suhu nya mesti di bawah waktu melelhkan milk coklat, karena sifat coklat putih agak beda ama yg milk atau dark cooking coklat.

    supaya lebih manis, beri hiasan coklat putih diatas coklat kurma tadi, buat saja garis zig-zag, cantik deh hasilnya.

    atau bisa buat crispy coklat.
    mbak beli corn flakes terus diremas-remas sampai agak hancur, masukkan corn flakes tadi ke coklat leleh, aduk rata terus cetak dengan 2 sendok kecil membentuk bulatan atau langsung ditaruh di mangkuk2 kertas kecil juga bisa.

    atau kalo disana ada biskuit mari, juga boleh dicelupkan ke coklat leleh terus atasnya di taburi wijen, enak loh untuk cemilan.

    selamat mencoba ya mbak, salam

  37. Terimakasih mbak.Wah,enak kayaknya,kapan2 aku akan coba deh.Trimakasih juga untuk sarannya,sangat bermanfaat.Mbak,aku pengennya coklat yang dicetak/dibuat lolipop.Bagaimana agar hasilnya banyak dan enak.Soalnya,aku pengen nanti di Indo mau buka usaha kecil2an(di rumahan) membuat permen coklat.Mbak lebih lancar mana kue kering atau permen coklat ya?Aku juga pengen coba2 dulu,sekarang masih belajar.hi…hi…Trimakasih

  38. aww mbak…
    yaa… telat deh bacanya.
    kamis jum’aat kemaren banyak pesenan mbak…
    jd ga sempet ngenet.
    td gmn ceritanya? seru gak? bikin apa aja mbak?
    tulis di blog dong mbak biar kita2 juga ikutan pinter…
    wah sebenernya pengen banget ikutan…
    teh uceu yang TCCC itu kan mbak?
    aku juga beberapa kali liat blognya.
    oya mbak, gimana sih caranya ikutan ncc bogor?
    ada berapa membernya?
    aku dah beli oven gas.
    belinya di aneka loyang. merknya bima jaya.
    dah ku bandingin di yoeks, lebih murah di sana.
    tapi belum dicoba mbak.. habis susah cari gasnya.
    di sekitar sini pada gak jual tabungnya.
    tadi dah dicoba, pinjem gas kompor.
    tapi kok yang api atas ga bisa nyala ya mbak?
    apa karena gasnya dah hampir habis?
    dah dicoba berulangkali ga bisa juga.
    emang kalo buat oven gas, gasnya mesti masih banyak ya mbak?
    btw, mbak desi hobi maen bulu tangkis ya?
    selamat ya menang..
    mbak desi mau maen ke rumah?
    wah… seneng banget..
    tapi aku malu mbak, rumahnya kecil…he3x..
    berantakan lagi..maklumlah ga punya asisten. palagi kalo habis dapet pesenan…
    wuih…kayak kapal pecah…
    thanks ya mbak atas jawaban2nya..
    ditunggu lho postingannya…
    thanks…

  39. halo mbak ira, wah seneng denger lagi banyak order, semoga semakin banyak ordernya ya? aku juga alhamdulillah bulan ini ada beberapa order, ada paket wedding ( sekarang aku sdh jadi EO loh) awalnya coba yg kecil dulu sekarang sdh ada permintaan beberapa gedung untuk jadi rekanan,

    sayang sekali latihan bareng teh uceu kemarin aku nggak bisa ikut ada acra di sekolah qila sementara suami sedang ke luar kota. untuk jadi member NCC masuk ke web mereka terus daftar aja mbak, kita bisa langsung jadi member.

    mengenai open, aku pakai gas kompor biasa, untuk api atas bagian yg seperti untuk membuka kran itu juga mesti di buka kemudian hidupkan seperti menghidupkan api bawah.

    untuk gas memang agak boros kalo memanggang kue sedikit tapi kalo sekaligus beberapa loyang jatuhnya lebih irit dan cepat dibandingkan dengan listrik.

    selamat berkarya. salam

  40. Ass.mbak Desi,aku mautanya.cara membuat brownies panggang yang benar gimana ya?Aku baru buat nih,hasilnya seperti karamel lengket.Aku belum faham dengan resep yang aku baca.Katanya lelehkan mentega masukkan colat dan gula aduk hingga larut.Angkat.Yang dimaksud hingga larut,apa mbak?Aku buatnya:lelehkan mentega,masukkan dark coklat,dan gula semua itu aku aduk diatas api kecil.Eeeehh,ternyata hampir menggumpal.Aku beri tepung dan kocokan telur tetap melar seperti karamel.Oh ya,pertanyaanku yang lalu belum dibaca ya.Trimakasih sebelumya.

  41. aww.
    halo mbak fitri pa kabar, moga baik dan sehat aja ya. aku coba jawab satu-satu ya

    untuk buat coklat lolipop, coklat dilelehkan seperti biasa baru dimasukkan ke cetakan dan tangkai lolipop di taruh di cetakan.

    untuk hasil yang murah dan banyak tergantung mutu coklatnya mbak, sekarang tersedia aneka warna dan merk coklat, untuk merk tertentu ada harga coklat yg murah sehingga hasil jadi bisa kita jual dengan murah juga.

    untuk brownies panggang
    ada beberapa cara pembuatannya, ada yg melelehkan coklat bersama mentega/margarine sekaligus, ada juga secara terpisah.

    biasanya untuk brownies aku pakai metode yg pertama, melelehkan coklat bersama mentega atau margarine.

    salam

  42. Trima kasih mbak Desi,entar aku coba lagi deh.InsyaAllah berhasil.

  43. nahh tante desi! kenalin ya aku sefya, aku baru merintis bisnis bikin permen coklat, n sekarng lagi cari inovasi baru, corn flakesnya mahal ga ya? kira2 ada yang dijual kiloan ga te? hehhe maklum , aku belom pernah pake flakes untuk coklatku ini, makasih ya

  44. Halloooo sefya, namanya cantik dan unik. apa kabar, dan salam kenal. Makacih ya sdh berkenan buka blog aq. wah asik dong udah ada bisnis, permen coklat lagi peminatnya banyak loh, dah mulai jualan belum, kalo belum ayo segera jualan jangan malu-malu, ayo buat blog dong biar semua bisa liat kreasi sefya dan bisnisnya bisa berkembang lebih luas lagi.
    Untuk corn flakes ada yang kiloan, kalo mau beli yg kiloan bilang sama abang penjualnya minta corn flakes yg malaysia punya ya? tapi kalo ragu sebaiknya beli yg kemasan kotak harganya nggak terlalu jauh dengan yg kiloan, beli yg kecil aja dulu untuk buat sample, setelah ada pesanan baru beli yang besar.
    kalo ada yg pingin pesan juga tapi merasa harganya terlalu mahal bisa dimodifikasi, pake corn flakes yg kiloan terus pake dark cooking coklat yg kwalitas biasa aja, sekarang dah banyak koq yg kwalitas biasa harga murah tapi rasa tetap oke, dan nggak mesti warna coklat, warna lain juga bisa koq, kan jadi tambah cantik kalo warna warni.
    Oh ya satu lagi, selain corn flakes kan sekarang banyak model ya, salah satunya yg rice atau ada yg bentuk bintang atau bentuk buah2an juga bisa loh jadi nggak berpatokan pada corn flakes aja.
    selamat berkreasi ya, aq tunggu blognya, atau sefya bisa masukkan ke zona iklan jadi temen2 yg lain bisa lihat hasil karya sefya. sukses ya, salam

  45. Pink cooking chocolate kalau di ganti dengan yang lain gimana mbak?sperti chocolate putih atau yang lain?…
    trus kalau loyangnya bagusan mana mbak kalau di oles pake minyak dan di alas palstik atau kertas roti sama loyang di oles mentega dan di kasih tepung..
    saya pernah coba yang pake loyang yang di oles mentega dan di kasih tepung..tapi ada lengket dikit mbak kuenya ke loyang..jadi bagusnya yang mana mbak??terima kasih sebelumnya..

  46. halo ade, aku coba jawab pertanyaannya ya
    kalo untuk cake yg serba kukus sebaiknya loyang dioles minyak dan dibagian bawah pakai plasyik yg tahan panas karena akan ,udah untuk melepas plastik dari cake kukus dibandingkan pakai kertas roti dan hasilnyapin lebih rata/licin.

    untuk cake panggang sebaiknya pakai kertas roti, dioles mentega dan teping terigu masih ada kemungkinan lengket. Bagian tepi loyang boleh dioles mentega dan terigu, tipis saja tapi bagian bawah pakai kertas roti.

    semoga info ini bermanfaat ya. salam

  47. waah kuenya enaaaks bangeeets,mo nanya nih knp sih cream of tar2 kok di larang? padahal aq slalu pake baru tau kalo ternyata di larang.

  48. Lam kenal ya mbak Desi..
    boleh coba resepnya yaa…?

  49. halo deacooking, silahkan, semoga sesuai harapan.

  50. lam kenal mbak desi knp ya cream of tar tar kok dilarang ya mbak mohon penjelasannya thaks berat.

  51. salam kenal kembali mas Musa. Agak bingung saja juga mas. Info dari teman2 sesama kuliner bahwa cream of tar-tar tidak halal untuk muslim, namun saya sendiri belum /tidak menemukan kepastian akan ketidak halalan itu. Ditoko bahan kue bahkan di swalayan2 masih tetap dijual berarti masih banyak yg menggunakannya kan?

    Namun sesuatu yg meragukan kan sebaiknya tidak digunakan. maaf ya mas, saya hanya punya jawaban seperti ini. salam

  52. makasih banget !! kemarin waktu bikin kue kering banyak putih telur yang ga ke pake, eh ada juga ya brownies dr putih telur, kayaknya yummy banget.. coba ah!

  53. ada yang jual putih telor ga???

  54. ada yang jual putih telor ga letak di bogor???? contak YM idham.aziz@yahoo.com FB idham.aziz@yahoo.com…. thank

  55. Asswrwb…kl brownies kukus cm pake putih telur teksturnya gmn mbak? padet apa lbh kayak sponge? maaf msh belajar nih…thanks ats jawabannya..

    • waalaikum salam,
      tekstur akhir agak padat mbak, seperti bolu kukus tapi agak berpori, untuk menghilangkan rasa amisnya bisa diberi perasan jeruk nipis atau sekarang ada spontan cake softener, selain membuat tektur kue lembut juga menghilangkan amis telur…

  56. Asswrwb…nanya lg mbak…(ma’af.. lg rajin bljr bikin kue kukus, pengennya sh bs u dijual ntar..). Cream of tar- tar itu apa ya mbk? apa ada bahan penggantinya?Trima kasih…

  57. asw. mbak tiwi , cream tar-tar bahan kimia yang fungsinya untuk mempercepat kakunya putih telur saat di kocok dan menahan putih telur supaya tidka cepat turun.

    Tapi tanpa cream of tar-tar juga nggak masalah koq mbak, asal tempat untuk mengocok dalam keadaan bersih dan kering hasil kocokan putih telur akan mengembang bagus. salam

  58. Assalamu ‘alaikum Wr.Wb. Mbak…. saya msh amatiran bikin roti… tp semangat banget untuk bikin roti sendiri …. suka bingung gunanya sp, baking powder, soda. apa tidak ada pengganti bahan-bahan tersebut yang lbh alami gitu … ato misalnya diganti dengan …. kalo kepingin tekstur roti halus, kuning telur ditambah putih telur dikurangi. sebisa mungkin kalo bikin roti saya menghindari bahan-bahan itu.krn anak-anak saya masih balita semua.

  59. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Mbak…. saya msh amatiran bikin roti, tp semangat banget untuk bikin roti sendiri. masih suka bingung beda sp, baking powder n soda. apa ada pengganti bahan2 tsb, yg lbh alami gitu…. ato cr lain sbg gantinya misalnya pingin tekstur roti halus, kuning telur ditambah, pth tlr dikurangi….. sebisa mgkn saya menghindari bahan-bahan di atas. karena anak-anak saya msh balita semua.

    • waalaikumsalam, terima kasih sdh mampir ke blog aku ya.
      aku coba jawab ya mbak : SP adalah salah satu jenis emulsifier yang sifatnya untuk membantu mempercepat mengembangkan adonan juga melembutkan hasil cake, biasanya digunakan untuk pembuatan aneka cake. baking powder adalah bubuk untuk membantu mengembangkan kue juga, karena bentuknya bubuk umumnya penggunakan dicampur dengan tepung terigu, lalu diayak baru digunakan untuk campuran aneka kue.
      kalo soda untuk membantu mengembangnya juga adonan, juga memebuat renyah untuk gorengan.

      untuk tekstur roti halus memang ada bahannya biasanya menggunakan soft bread, untuk roti umumnya penggunaaan telur tidak banyak mbak, penggunaan soft bread sesuai takaran saja, untuk hasil roti empuk penggunaan air coba diganti susu saja, setelah roti matang segera oleh dengan mentega bagian atasnya, dinginkan hingga cukup hangat, taruh dalam tempat bertutup atau plastik, ini akan menjaga tektur roti tetap empuk. juga memanggang roti sebaiknya panaskan open dengan suhu +/- 200 , panggang roti hingga cukup matang tidak perlu sampai coklat sekali, ini juga untuk menghindari roti menjadi keras. salam

  60. salam kenal mbk… mo tny oven gas nih, mbk kan pake bima jaya, klo ma bima master bedanya apa yach? trus klo mo bli bima jaya di mn? pny cpny ga? thanx

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 387 pengikut lainnya.

